Bayi BAB Sedikit-Sedikit Tapi Sering, Normalkah?

BAB (Buang Air Besar) dan feses bayi merupakan sesuatu yang harus Bunda perhatikan karena dapat memberi petunjuk tentang kondisi bayi. Saat bayi BAB sedikit-sedikit tapi sering, maka Bunda harus perhatikan kondisi fesesnya, karena bisa jadi bayi menderita diare.

BAB dan Feses Bayi dari Baru Lahir sampai 12 Bulan

bayi bab sering tapi sedikit-sedikit

Untuk mengetahui apakah frekuensi BAB bayi dan kondisi fesesnya normal atau tidak, Bunda tentu harus lebih dahulu memahami normalnya seperti apa. Berikut ciri BAB dan feses bayi yang normal dari saat bayi baru lahir sampai saat usianya bertambah.

Saat bayi baru lahir sampai berusia 24 jam, ia akan mengeluarkan mekonium paling tidak satu kali.

Mekonium adalah hasil buangan dari semua yang dicerna janin selama di dalam kandungan, memiliki warna gelap serta tekstur yang kental dan lengket. Bayi akan mengeluarkan mekonium sampai beberapa hari setelah lahir.

Setelah fase mengeluarkan mekonium selesai, maka feses bayi ASI akan berubah menjadi lebih lembut dan cair, seperti ada biji-bijian berwarna putih, dan kadang keluar sedikit lendir.

Warnanya berubah menjadi lebih terang, dimulai dari kecokelatan, kehijauan, lalu menjadi kekuningan. Frekuensinya pun meningkat menjadi 3-5 kali sehari.

Warna dan tekstur feses bayi tidak akan berubah banyak sampai nantinya ia mulai mengonsumsi MPASI. Jika ada perubahan, maka yang berubah adalah frekuensinya yang berkurang setelah usia bayi mencapai enam minggu. 

Kebanyakan bayi ASI akan BAB sebanyak satu kali sehari, bahkan ada yang sampai beberapa hari sekali.

Bayi yang diberi susu formula akan BAB lebih jarang dibanding bayi ASI. Jika sudah beberapa hari bayi baru BAB, maka feses bayi biasanya padat dan berukuran besar.

Saat bayi sudah diberi MPASI, maka feses bayi akan berubah warna mengikuti warna makanan yang ia konsumsi, atau yang paling umum adalah warna kecokelatan.

Selain itu, teksturnya juga menjadi lebih padat dan aromanya lebih menyengat. Sedangkan frekuensi BAB-nya cenderung tidak berubah.

Penyebab Bayi BAB Sedikit-Sedikit Tapi Sering

bayi bab sering tapi sedikit-sedikit

Sebenarnya tak ada aturan baku tentang BAB dan feses bayi, terutama setelah bayi melewati fase bayi baru lahir.

Bayi bisa BAB setiap ia selesai menyusu atau bisa juga baru BAB beberapa hari kemudian. Kedua kondisi ini bisa tergolong normal saat bayi telah melewati usia enam minggu.

Saat bayi BAB sedikit-sedikit tapi sering, maka ada beberapa kondisi yang dapat menjadi penyebabnya, yaitu:

  • Kapasitas lambungnya masih kecil, sehingga ia harus mengeluarkan dulu isi lambungnya setiap selesai menyusu. Karena itulah, ia bisa BAB beberapa kali sehari tapi hanya sedikit yang keluar. Kondisi ini tergolong normal.
  • Bayi BAB sedikit-sedikit tapi sering bisa juga disebabkan oleh refleks gastrokoliknya yang masih belum matang. Refleks gastrokolik adalah refleks alami tubuh untuk BAB saat lambung diisi. Pada bayi, refleks ini intensitasnya cenderung tinggi sehingga ia bisa langsung cepirit atau BAB sedikit pada saat sedang menyusu.
  • Bayi mengalami diare. Kondisi ini dapat terjadi saat bayi BAB sampai lebih dari lima kali sehari dengan tekstur feses lebih cair dan berwarna hijau. Jika diare disertai dengan muntah, maka bisa jadi ada infeksi di pencernaannya. Bunda sebaiknya segera memeriksakan bayi ke dokter anak jika ini terjadi karena bayi berpotensi dehidrasi.

Karena BAB dan feses bayi dapat dengan mudah berubah setiap saat, maka sebenarnya Bunda tak perlu panik jika ada ada perubahan. Selama bayi terlihat baik-baik saja, tetap ceria, dan berlaku seperti biasa, maka tidak ada yang perlu dikhawatirkan.

Namun Bunda sebaiknya segera memeriksakan bayi ke dokter anak jika ia terlihat tidak nyaman, menjadi rewel, kesakitan, menangis saat BAB, atau di fesesnya ada darah. Karena bisa jadi, ada masalah di sistem pencernaannya.

Sumber artikel:

La Leche League International. 2018. Baby’s Poop.

Medical News Today. 2020. How Often Should a Newborn Poop?

Raising Children. 2020. Poos and Wees.

By dr. Fatimah Hidayati, Sp.A

Dokter Spesialis Anak

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *