Cara Aman Mengatasi Asam Lambung Saat Hamil

Ibu hamil sering mengeluhkan naiknya asam lambung. Mengapa bisa terjadi asam lambung naik saat hamil, dan bagaimana mengatasinya? 

Apa itu Asam Lambung?

Asam lambung adalah cairan bening cenderung sedikit kekuningan, bertekstur cair dan bersifat asam. Cairan ini berada di lambung untuk membantu pencernaan dan untuk mencegah infeksi dan keracunan. 

Namun, kadang produksi asam lambung bisa berlebihan. Pada ibu hamil, kondisi ini kerap terjadi terutama pada trimester pertama. 

Berdasarkan penelitian diketahui ada beberapa penyebab asam lambung naik saat hamil, yaitu:

  • Perubahan hormon

Ini adalah penyebab utama naiknya produksi asam lambung saat hamil. Naiknya hormon dalam kehamilan menyebabkan produksi asam lambung meningkat. Hormon progesteron juga mengendurkan otot polos pada tubuh, sehingga proses pencernaan melambat. Akibatnya asam lambung lebih lambat diserap tubuh. 

  • Seringnya muntah akibat morning sickness

Pada trimester pertama kehamilan, Bunda biasanya akan sering mual dan muntah. Hal ini bisa menyebabkan naiknya produksi asam lambung.

  • Pola makan yang kurang baik

Pola makan tidak teratur bisa menyebabkan produksi asam lambung Bunda naik. Makanan yang berlemak, bercita rasa asam dan pedas juga dapat merangsang asam lambung. Akibatnya, muncul gangguan pada pencernaan. 

  • Tekanan pada organ pencernaan

Perut yang membesar saat hamil menyebabkan organ-organ tubuh mengakomodir situasi barunya. Lambung menjadi tertekan sehingga asam lambung yang ada di dalamnya naik.

  • Efek dari obat atau suplemen tertentu

Ada kalanya obat dan suplemen yang Bunda minum menyebabkan asam lambung naik. Akibatnya Bunda merasa perih, kembung, atau rasa seperti terbakar.

  • Ada riwayat maag atau GERD

Bila Bunda memiliki riwayat gangguan pencernaan, biasanya saat hamil keluhannya akan meningkat. 

Apakah Kondisi Ini Berbahaya?

Perut yang terasa tidak nyaman, perih, atau kembung tentu membuat aktivitas Bunda terganggu. Bila tidak ditangani, kondisinya bisa makin parah hingga memicu komplikasi.

Beberapa komplikasi yang timbul pada kondisi asam lambung yang parah adalah:

  • Luka pada lambung (tukak lambung)

Asam lambung yang berlebihan dapat menimbulkan peradangan pada dinding lambung. Pada kondisi ini, asam lambung merusak lapisan pelindung dinding lambung sehingga terjadi luka. 

  • Muncul ulkus esofagus

Asam lambung yang naik hingga ke kerongkongan dapat mengiritasi hingga menyebabkan luka. Pada ibu hamil, hal ini bisa mengganggu pola makan dan muncul kesulitan menelan.

  • Striktur esofagus

Bila kondisinya lebih berat dari luka, di kerongkongan bisa timbul jaringan parut. Kerongkongan menjadi menyempit sehingga Bunda makin sulit menelan makanan. Akibatnya, bisa muncul malnutrisi yang mengganggu kesehatan Bunda dan janin. 

  • Esofagus Barret

Komplikasi ini lebih berat, karena terjadi kerusakan pada sel-sel di kerongkongan. Radang berat pada bagian kerongkongan ini dalam jangka panjang bisa memicu tumbuhnya sel-sel kanker.

Cara Mengatasi Naiknya Asam Lambung

Bila produksi asam lambung Bunda naik, dokter mungkin akan meresepkan obat pereda gangguan lambung. Jangan minum obat lambung tanpa saran dokter, Bun. Beberapa jenis obat lambung dapat memengaruhi penyerapan zat besi pada usus dan juga bisa mengganggu kehamilan. 

Agar kondisi Bunda tidak makin berat, lakukan beberapa cara berikut ini sebagai pencegahan:

  • Ubahlah porsi makan Bunda menjadi sedikit-sedikit tetapi sering (small but frequent meals). Bila perlu, selalu siapkan biskuit asin renyah untuk mengganjal perut di antara waktu makan.
  • Hindari makanan-makanan yang dapat merangsang pencernaan, seperti yang terlalu asam, pedas, berminyak, maupun kaya bumbu. 
  • Kunyah makanan dengan perlahan sampai benar-benar halus sebelum ditelan, agar makanan lebih cepat dicerna oleh lambung dan dialirkan ke usus.
  • Hindari kelelahan. Banyaklah duduk dan bernapas panjang.
  • Jangan makan dalam posisi berbaring agar rahim tidak semakin menekan lambung. 
  • Jangan sampai stres. Kondisi psikologis yang tidak tenang juga dapat menaikkan asam lambung.
  • Gunakan pakaian yang longgar sehingga lebih nyaman dan tidak menekan bagian perut Bunda.
  • Hindari makan 3-4 jam sebelum tidur.

Produksi asam lambung naik saat hamil yang naik bukan masalah sepele, Bun. Segera periksa ke dokter bila keluhan makin berat agar lebih cepat ditangani sehingga tidak mengganggu kehamilan dan perkembangan janin.

Sumber:

Sehat Q. 2020. Asam Lambung Naik saat Hamil? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Halo Doc. 2020. Waspada Asam Lambung Naik saat Hamil, Ini Sebabnya

Hello Sehat. 2021. Mengatasi Gangguan Asam Lambung Saat Hamil

By dr. Fella Halimah Pratami, Sp.OG

Dokter Spesialis Obstetri dan Ginekologi

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *