Bercak Merah di Kencing Bayi, Apa Penyebabnya?

Bercak merah di kencing bayi tentu membuat ibu hamil panik dan cemas. Padahal, kondisi ini normal dialami oleh bayi baru lahir, Bun. Selain itu, bercak merah tersebut belum tentu menunjukkan adanya darah atau masalah pada saluran kemih Si Kecil dan biasanya akan hilang dengan sendirinya.

Bercak Merah di Kencing Bayi Pertanda Apa?          

Bercak merah di kencing bayi sering disalahartikan sebagai darah atau tanda bayi mengalami infeksi saluran kemih (ISK). Padahal, kondisi ini terjadi karena adanya kristal urat atau urate crystals.

Kristal urat merupakan limbah hasil metabolisme yang terdiri dari asam urat yang kemudian dikeluarkan melalui urine. Kondisi ini biasa terjadi pada beberapa hari pertama kehidupan bayi, terutama saat bayi sedang menyusui.

Kristal urat dapat meninggalkan noda berwarna merah bata atau jingga (brick stain) yang akhirnya terlihat seperti bercak merah di kencing bayi. Munculnya bercak merah di kencing bayi ini menjadi tanda bahwa bayi mengalami dehidrasi atau kurang mendapakan ASI.

Saat bayi mengalami dehidrasi, ia tidak banyak mengeluarkan urine saat kencing sehingga membuat warna urine menjadi sangat pekat. Dari sinilah biasanya Bunda baru menyadari ada bercak kemerahan di kencing bayi.

Namun, Bunda tidak perlu khawatir ya, karena kondisi ini umumnya tidak membahayakan Si Kecil dan akan hilang dengan sendirinya setelah 1–3 hari. Tidak hanya itu saja, warna kencing Si Kecil juga akan kembali normal kok, Bun.

Jika bercak darah di kencing bayi masih terjadi lebih dari 3 hari, sebaiknya segera bawa Si Kecil ke dokter, ya. Dengan begitu, dokter dapat memberikan penanganan lebih lanjut, apalagi bila disertai keluhan lain seperti demam.

Selain itu, agar dehidrasi tidak berkepanjangan, Si Kecil juga harus mendapat asupan cairan yang mencukupi dengan memberikan ASI setiap 2–3 jam sekali. Karena makin banyak ia minum, kristal urat akan makin mudah keluar dan Si Kecil pun tidak lagi mengalami bercak merah di kecingnya.

Sumber:

Baby Center (2022). What Does it Mean If My Baby Has Urate Crystals in Their Diaper?

MSD Manual (2023). Care of the Normal Newborn.

Verywell Family (2022). Urate Crystals in a Baby’s Diaper.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *