Lindungi Sejak Dini, Begini Cara Merawat Kulit Bayi Bunda

Pasti banyak sekali pertanyaan ketika Bunda baru saja kedatangan si Kecil di dunia. Hal itu lumrah saja Bunda, apalagi mengenai perawatan bayi, Bunda pasti ingin berikan yang terbaik untuk si Kecil.

Salah satu bagian yang penting untuk Bunda tau adalah perawatan kulit bayi. Penting bagi Bunda untuk melindungi kulit si Kecil sejak dini. Lalu, bagaimana ya cara merawat kulit bayi agar tetap sehat? Cari tau di sini yuk, Bunda!

Fakta tentang Kulit Bayi

Di balik keindahan kulit bayi yang tampak halus dan sempurna, kulit bayi itu masih sangat sensitif. Faktanya, lapisan perlindungan kulit bayi 30% lebih tipis dari kulit orang dewasa. Kulit bayi sangat halus dan perlindungannya belum matang. Karena itu kulit bayi sangat rentan kepada perubahan suhu yang bisa menyebabkan iritasi dan kekeringan.  

Sejak lahir, kulit beberapa bayi mungkin bisa lebih sensitif daripada yang lain. Umumnya bisa terlihat dari reaksi berlebih terhadap faktor lingkungan seperti perubahan suhu, keringat, angin, juga zat kimia (sabun, detergen) atau bahkan dari popok dan bahan pakaian si Kecil, lho.

Kulit Bayi Sangat Sensitif, Apa yang Harus Dilakukan? 

Penting untuk Bunda untuk mengetahui zat apa yang sangat sensitif bagi si Kecil. Memang ini sulit untuk Bunda lakukan, namun berikut beberapa langkah yang mungkin bisa membantu Bunda mengidentifikasi zat tersebut:

  • Hindari menggunakan detergen dengan pewangi saat mencuci baju bayi
  • Gunakan sabun lembut dengan pH rendah saat mandi dan saat membersihkan bayi
  • Jaga area popok bersih dan tetap kering
  • Hindari pemakaian minyak telon dan bedak tabur.
  • Hindari paparan sinar Matahari berbahaya dan memakai sunscreen ketika di luar ruangan.

Jika beberapa hal tersebut sudah dilakukan dan Bunda masih belum tahu apa penyebabnya, Bunda jangan ragu untuk mengonsultasikan kepada dokter yang bersangkutan, ya.

Cara Merawat Kulit Bayi Agar Tetap Sehat 

Memang mengidentifikasi apa yang sensitif pada kulit bayi itu sulit Bunda. Namun sesungguhnya Bunda bisa mencegah berbagai macam keluhan-keluhan kulit dengan beberapa cara yang simpel. Berikut beberapa cara merawat kulit bayi Bunda agar tetap sehat:

  • Rutin mengganti popok.

Apakah Bunda tipe orang yang hanya mengganti popok ketika si Kecil rewel? Sebaiknya Bunda mengubah kebiasaan tersebut, ya. Rutin mengganti popok bayi dan pastikan area yang tersentuh popok tetap kering dan tidak lembap untuk mencegah si Kecil dari ruam popok.

  • Jaga kebersihan di rumah.

Walaupun Bunda memiliki kesibukan sehari-harinya, Bunda harus tetap menjaga kebersihan di rumah. Seperti rutin mengganti sprei, handuk, dan juga membersihkan mainan si Kecil. Jangan ragu untuk meminta bantuan orang di rumah untuk membuat rutinitas ini, ya.

  • Suhu air yang tepat saat mandi.

Tidak panas juga tidak terlalu dingin, cara merawat kulit bayi lainnya adalah memperhatikan suhu air mandi yang tepat untuk si Kecil. Kulit bayi juga sensitif terhadap suhu yang terlalu panas. Sekitar 37-38 derajat Celcius adalah suhu yang tepat untuk bayi mandi. Jika Bunda memiliki pengukur suhu air, bisa digunakan terlebih dahulu sebelum si Kecil mandi.

  • Perhatikan area lipatan tubuh bayi.

Beberapa keluhan umum bayi adalah area lipatan yang timbul iritasi. Apalagi di cuaca yang tidak menentu, memakaikan lotion di area lipatan tubuh bayi bisa mencegah si Kecil terkena iritasi. Perhatikan area lipatan tubuh tangan, kaki, juga leher si Kecil ya, Bunda.

  • Berjemur di pagi hari.

Dari sejak pertama lahir hingga dewasa, sinar Matahari pagi ternyata punya banyak manfaat untuk si Kecil, lho. Seperti mendapat Vitamin D, mencegah kuning bayi, juga mengatur produksi melatonin yang bisa memengaruhi pola tidurnya.

  • Memakai sunscreen ketika beraktivitas di luar.

Walau sinar Matahari pagi punya peranan penting, perlu Bunda ketahui bahwa ada waktu di mana sinar ultraviolet (UV) berbahaya bagi kulit bayi. Memakai sunscreen untuk bayi 6 bulan ke atas jadi hal wajib dilakukan ketika si Kecil sedang beraktivitas di luar.

Pilih sunscreen yang aman untuk kulit sensitif bayi dan anak seperti Sunplay Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion! Tipe physical sunscreen ini sudah dilengkapi SPF 39 & PA++ dan mengandung Jojoba & Hydrolyzed royal jelly yang lembut juga Vitamin C dan E sehingga selain melindungi kulit dari paparan buruk sinar matahari sekaligus menutrisi kulit si Kecil juga!

Sunplay Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion sangat cocok untuk anak dan bayi usia 6 bulan ke atas apalagi ketika beraktivitas di luar, Bunda! Karena sunscreen ini tahan air, keringat, plus, tidak lengket. Yang paling penting, Sunplay Baby Mild Gentle Protection Sunscreen Lotion juga sudah teruji klinis ahli kulit dan relatif tidak menimbulkan reaksi alergi. 

Sumber:

Every Mum. 2017. Why is Baby Skin More Sensitive Than Adults

Firstcry Parenting. 2019. 5 Amazing Benefits of Sunlight for Newborn Babies

Mustela. What is the very sensitive baby skin?

Healthline. How to Know If Your Baby Has Sensitive Skin

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *