Jangan Ditunda Bun, Ini Akibat Jika Botol Susu Bayi Tidak Langsung Dicuci

Perihal menyusui si Kecil memang bukan perkara mudah, Bunda. Apalagi menyusui bayi yang baru saja lahir (new born), intensitas menyusui yang tinggi membuat Bunda mungkin perlu mempertimbangkan ASI Perah (ASIP). Saat memberikan ASIP untuk si Kecil, tentu membuat Bunda harus memiliki botol susu.

Untuk Bunda yang baru saja memiliki bayi new born, salah satu bagian yang merepotkan mungkin Bunda harus selalu memerhatikan kebersihan botol susu bayi. Namun harus Bunda ingat, kalau Bunda tidak boleh menunda-nunda untuk mencuci botol susu bayi.

Bahayanya Jika Menunda Cuci Botol Susu Bayi

Di saat bayi baru lahir, mungkin Bunda sangat lelah untuk harus melakukan hal ini setiap hari. Tapi perlu Bunda ingat terlalu sering menunda mencuci botol susu bayi bisa berakibat bakteri menumpuk dalam botol lho, Bunda.

Bayi di bawah usia tiga bulan belum memiliki sistem kekebalan yang kuat. Jadi, membersihkan botol bayi Bunda secara teratur sangat penting pada usia ini. Apalagi, bayi selalu dihadapkan pada berbagai risiko kesehatan setiap hari sejak lahir. Beberapa risiko jika Bunda tidak segera membersihkan botol susu bayi adalah:

  • Bakteri

Botol bayi yang tidak bersih juga bisa menjadi sarang bakteri yang mengancam yang pada akhirnya akan berpindah ke mulut bayi. Bakteri ini dapat menyebabkan penyakit pada bayi baru lahir Bunda, seperti keracunan makanan, muntah, dan sebagainya.

Salah satu alasan infeksi bakteri pada botol bayi Bunda adalah sanitasi yang buruk dan kebiasaan membersihkan yang buruk. Selain itu, botol susu bayi yang mengandung ASI atau susu formula dalam waktu yang cukup lama memang akan memiliki bakteri yang berkembang biak di dalamnya. Membilasnya secara menyeluruh setelah penggunaan lain tidak akan menghilangkan bakteri sepenuhnya.

  • Kuman dan virus

Botol bayi yang tidak dibersihkan dengan benar juga akan menarik kuman yang dapat menyebabkan bayi baru lahir sakit. Seperti virus Hepatitis A dan Rotavirus, keduanya umumnya ditularkan melalui metode pembersihan yang buruk, dapat menginfeksi botol bayi yang tidak bersih tersebut. HAV dapat menginfeksi hati bayi Bunda, dan Rotavirus dapat menyebabkan dehidrasi dan diare.

Selain itu, infeksi virus ini sangat kritis dan mengancam jiwa bayi Bunda. Karena itu, Bunda harus membersihkan botol bayi dengan cermat untuk menghindari masalah seperti itu terjadi.

Tips Membersihkan Botol Susu Bayi

Sekarang, Bunda sudah mengetahui seberapa pentingnya mencuci botol susu bayi Bunda. Berikut beberapa tips mencuci botol susu bayi Bunda secara cepat dan bersih:

  1. Menggunakan microwave

Pastikan microwave Bunda bersih, isi setengah botol bayi Bunda dengan air lalu masukkan ke dalam microwave. Untuk dot, cincin, dan aksesori dalam mangkuk kaca berisi air yang cukup dalam untuk menutupinya. Biarkan botol cukup dingin sebelum mengeluarkannya dari microwave. 

  • Rebus dengan air

Tempatkan botol Bunda dalam panci besar berisi air. Lalu dorong semua botol yang mengambang di permukaan yang tidak terendam meletakkan sendok di atasnya akan berfungsi dengan baik.

Saat menggunakan metode ini,  pastikan metode air mendidih tidak akan merusak botol. Ini dapat menyebabkan botol plastik meleleh atau botol kaca pecah jika tidak diproduksi untuk menahan tingkat panas ini. Panas juga dapat menyebabkan puting dan dot lebih cepat rusak.

  • Menggunakan air dingin

Jika Bunda bepergian, pilihan yang ringan dan nyaman adalah tablet sterilisasi. Ini adalah produk yang dibuat khusus untuk botol, memungkinkan Bunda untuk mensterilkannya menggunakan air keran dingin saat microwave dan air mendidih tidak tersedia.

Isi wadah dengan air yang cukup untuk menutupi botol susu. Tambahkan tablet sterilisasi Bunda dan biarkan duduk sesuai petunjuk pabrik. Metode ini dapat dilakukan dengan menggunakan larutan sterilisasi (cair) atau tablet (padat). Jika Bunda bepergian melalui udara, pertimbangkan tablet di atas solusi karena pembatasan cairan selama perjalanan udara.

  • Gunakan bottle washer 
klik gambar

Agar lebih mudah dan praktis Bunda bisa menggunakan Little Dimple 4 in 1 Ultimate Bottle Washer yang memberikan kemudahan dalam mencuci, sterilisasi, mengeringkan, dan dapat berfungsi sebagai penyimpanan hanya dalam satu alat. Little Dimple Ultimate Bottle Washer bisa memudahkan Bunda mencuci dan sterilisasi botol susu bayi dengan singkat dan mudah.

Sumber:

Amazing Water. 2020. What Happens If You Don’t Sanitize A Baby’s Bottle

Ready Set Food. 2021. When and How To Sterilize Baby’s Bottles? Our How To Guide

Mom Loves Best. 2022. How to Sterilize Baby Bottles (7 Easy Methods)

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *