10 Pekerjaan Sampingan Ibu Rumah Tangga

Apakah Bunda sering merasa butuh pekerjaan sampingan? Selain untuk mendapatkan uang, memiliki pekerjaan dapat membuat seorang wanita merasa lebih percaya diri dan independen. Beberapa wanita juga menyatakan hidupnya terasa lebih berguna dan bahagia bila memiliki pekerjaan di samping sebagai ibu rumah tangga.

Ada banyak sekali pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Ada pekerjaan yang memang membutuhkan modal, ada juga yang tidak. Namun, apapun pekerjaannya Bunda bisa melakukannya dari rumah dan sambil menjaga anak-anak. Apa saja pekerjaan itu? Simak baik-baik di bawah ini.

  1. Reseller & dropship

Reseller adalah sistem pembelian produk dari produsen atau supplier, lalu dijual kembali. Di sisi lain, dropship hampir sama dengan reseller, bedanya dropship tidak  perlu menyetok barang, bahkan tak perlu mengeluarkan modal. 

  1. Bisnis online

Saat ini bisnis online memang merajalela. Perkembangan teknologi membuat bisnis ini cukup menanjak dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Ada banyak bisnis online yang bisa Bunda lakukan untuk menghasilkan uang. 

Bunda bisa berjualan baju, kosmetik, camilan, frozen food, bahkan makanan siap santap. Bisnis online kini dapat dijadikan sampingan karena Bunda bisa mengerjakannya di rumah saja, sambil mengurus anak. 

  1. Freelancer 

Ada beberapa pekerjaan freelancer yang bisa Bunda lakukan dari rumah. Beberapa di antaranya adalah freelancer writer atau desain. Selain itu, saat ini juga ada telemarketing, social media management, bahkan guru yang dipekerjakan secara freelance

  1. MLM (Multi Level Marketing)

MLM dapat dijadikan kerja sampingan ibu rumah tangga tanpa modal. Meski tak semua MLM dapat dilakukan tanpa modal, sebagian besar begitu. Bunda cukup menawarkan produk atau jasa dengan modal social media, relasi, dan kepercayaan diri. Selain itu, usaha dan rasa pantang menyerah adalah satu-satunya modal yang perlu dimiliki jika ingin menjalani bisnis ini. 

  1. Content creator

Saat ini pekerjaan yang bisa dilakukan dari rumah salah satunya adalah content creator. Content creator adalah pembuat konten di media apapun terutama media digital untuk kebutuhan marketing, publikasi, distribusi, atau sekadar memberi informasi.

  1. Katering rumahan

Apakah masakan Bunda sering dipuji enak, bukan hanya oleh pasangan, tetapi juga oleh tetangga dan orang-orang lain? Kalau begitu, coba saja untuk membuat katering rumahan. Bunda bisa memakai cara pre-order atau pemesanan sebelum dimasak untuk meminimalkan kerugian dan mubazir makanan.

  1. Make up 

Jika Bunda punya hobi atau skill dalam hal make up, menjadi make up artist dapat dijadikan pilihan sebagai pekerjaan sampingan. Saat ini make up tak hanya dibutuhkan untuk tampil di acara pernikahan saja, tetapi untuk sehari-hari atau acara penting lainnya pun mungkin. 

  1. Jasa laundry

Jasa laundry juga bisa dijadikan usaha sampingan ibu rumah tangga. Bunda cukup mengeluarkan modal untuk membeli mesin cuci sekaligus mesin pengering. Untuk menggosok, Bunda bisa meng-hire asisten untuk membantu menggosok pakaian. 

  1. Event organizer

Banyak orang yang membutuhkan jasa event organizer (EO) untuk menyusun acara, mulai dari acara pernikahan, ulang tahun, atau meeting dan acara kantoran lainnya. Menjadi EO bisa menjadi pekerjaan sampingan ibu rumah tangga. Namun, Bunda tetap harus mendiskusikan dengan suami untuk pembagian waktu menjaga anak-anak. 

  1. Trading

Terakhir, trading pada instrumen investasi seperti saham atau forex dapat menjadi pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang. Untuk belajar trading, Bunda bisa ikut kelas atau seminar agar memahami cara trading yang benar dan memahami resiko yang ada.

Sebenarnya masih ada banyak sekali pekerjaan sampingan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga. Bunda tinggal menyesuaikannya dengan kemampuan, skill, atau bahkan hobi Bunda. 

Bunda juga bisa memperluas relasi atau link dengan ikut komunitas, grup, atau kegiatan untuk mendapatkan informasi pekerjaan sampingan.

in partnership with Money Duck Indonesia

Artikel ini telah ditinjau oleh Alexander F. Junior, Registered Financial Planner. Jika Bunda ingin mendapatkan informasi lebih lanjut mengenai finansial dan perencanaan keuangan yang tepat, silakan ajukan konsultasi gratis langsung dengan Alexander [di sini]

Sumber

Evergreen Dimes. 2022. 23 High-Paying Jobs for Housewives Sitting at Home

By Alexander F. Junior, RFP

Registered Financial Planner

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *