5 Susu Ibu Hamil Trimester 1 yang Baik untuk Tumbuh Kembang Janin

susu ibu hamil trimester 1, diary bunda

Susu ibu hamil trimester 1 yang berkualitas baik mampu menambah asupan nutrisi yang diperlukan untuk tumbuh kembang janin di masa awal kehamilan. Selain itu, ada juga produk susu yang bisa meningkatkan kecerdasan dan daya ingat Si Kecil lho, Bunda.

Rekomendasi Susu Ibu Hamil Trimester 1 yang Baik

Saat trimester pertama kehamilan, Bunda perlu menambah asupan nutrisi yang cukup untuk menjaga kesehatan Si Kecil di dalam kandungan. Kalau kebutuhan nutrisi Bunda terpenuhi, tubuh Bunda akan lebih sehat dan Si Kecil pun akan lebih kuat.

Dengan nutrisi yang cukup, Bunda dapat mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil dan mengurangi risiko terjadinya komplikasi dalam kehamilan.

Ada beragam merek susu ibu hamil trimester 1 yang dijual di apotek dan supermarket. Sebelum membelinya, perlu diingat bahwa susu ibu hamil trimester 1 yang berkualitas baik adalah susu yang mengandung nutrisi penting dalam jumlah yang cukup, seperti protein, asam amino, kalsium, dan vitamin D.

Keempat nutrisi tersebut berperan penting dalam memperkuat tulang dan membentuk berbagai jaringan dan organ di dalam tubuh. Berikut ini adalah beberapa rekomendasi produk susu ibu hamil trimester 1:

1. Prenagen Emesis

Prenagen Emesis mengandung banyak nutrisi penting yang dibutuhkan janin, seperti protein, vitamin B6, zat besi, dan asam folat.

Prenagen Emesis kaya akan omega-3 yang dapat mengurangi risiko alergi pada Si Kecil dan meningkatkan berat badannya saat berada di dalam kandungan. Susu ini kaya akan kalsium yang bermanfaat untuk membentuk dan memperkuat tulang dan gigi Si Kecil.

Jika Bunda memilih Prenagen Emesis sebagai susu ibu hamil trimester 1, minumlah susu ini secara rutin 2 gelas per hari pada pagi dan sore hari. Kalau Bunda mudah bosan terhadap satu varian rasa, tidak perlu khawatir. Susu ini tersedia dalam tiga varian rasa, yaitu cokelat, stroberi, dan vanilla, yang bisa Bunda minum secara bergantian atau pilih salah satunya sesuai selera.

2. Anmum Materna

Anmum Materna adalah susu ibu hamil trimester 1 yang bisa Bunda konsumsi untuk melengkapi asupan nutrisi Bunda pada 1–3 bulan kehamilan.

Anmum Materna juga mengandung docosahexaenoic acid (DHA) yang penting untuk membentuk otak janin. DHA yang cukup dapat meningkatkan kemampuan berpikir dan daya ingat otak Si Kecil. Dengan begitu, Si Kecil dapat lebih mudah untuk menyerap berbagai pelajaran ketika memasuki usia sekolah.

Anmum Materna juga kaya akan serat yang dapat mencegah timbulnya sembelit saat hamil.

Anmum Materna tersedia dalam dua varian rasa, yaitu stroberi dan vanila, yang dapat Bunda pilih sesuai selera. Dengan 2 gelas susu Anmum Materna yang diminum setiap hari, Bunda dapat memenuhi asupan nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang Si Kecil

3. Frisian Flag Primamum

Frisian Flag Primamum adalah susu ibu hamil trimester 1 yang mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan selama kehamilan, seperti asam folat, omega-3, omega-6, kalsium, dan vitamin C. Kombinasi nutrisi tersebut dapat memperkuat kesehatan tubuh Bunda dan meningkatkan perkembangan otak Si Kecil.

Frisian Flag Primamum juga kaya akan zat besi yang dapat memperbanyak produksi sel darah merah di sumsum tulang. Sel darah merah yang cukup dapat memudahkan oksigen dan nutrisi mengalir ke seluruh tubuh Bunda dan Si Kecil. Dengan minum 2 gelas susu Frisian Flag Primamum setiap hari, Bunda juga dapat mencegah risiko anemia dan mudah lelah saat hamil.

4. Lovamil

Lovamil mengandung nutrisi penting yang dibutuhkan oleh janin, seperti asam folat dan kalsium. Kedua nutrisi tersebut berguna untuk mengoptimalkan tumbuh kembang janin di dalam rahim dan meminimalkan risiko terjadinya cacat saraf tulang belakang pada janin.

Tidak hanya itu, serat yang terkandung di dalam Lovamil juga dapat mencegah timbulnya sembelit yang umum dialami oleh ibu hamil.

Bunda bisa mendapatkan manfaat Lovamil dengan rutin minum 1 gelas setiap hari. Lovamil tersedia dalam dua pilihan rasa stroberi dan coklat yang bisa Bunda pilih sesuai selera atau minum secara bergantian.

5. V-Soy Multigrain

Jika tidak suka minum susu sapi, Bunda bisa mencoba susu kedelai untuk memenuhi asupan nutrisi pada trimester pertama kehamilan. V-Soy Multigrain adalah salah satu susu ibu hamil trimester 1 dengan kandungan nutrisi penting, seperti protein, kalsium, dan asam folat.

Ketiga nutrisi tersebut bermanfaat untuk menjaga tumbuh kembang janin di dalam kandungan dan mengurangi risiko cacat saraf tulang belakang pada janin.

Kedelai yang terkandung di dalam V-Soy Multigrain mengandung isoflavon yang dapat melindungi Bunda dari gejala diabetes gestasional yang umum dirasakan pada trimester kedua atau trimester ketiga kehamilan.

Selain itu, V-Soy Multigrain dapat menutupi kekurangan protein pada ibu hamil yang memiliki riwayat gangguan intoleransi laktosa. Kandungan kedelai yang ada di dalam susu ini dapat mengurangi risiko terjadinya intoleransi laktosa pada tubuh Bunda.

Dengan begitu, Bunda dapat mencukupi asupan protein dan sumber energi yang dibutuhkan oleh Si Kecil di dalam kandungan.

V-Soy Multigrain tersedia dalam 3 varian, yaitu pack sebanyak 1 liter, botol sebanyak 300ml, dan pack sebanyak 200ml yang bisa Bunda pilih sesuai selera. Hanya dengan minum 1 gelas susu V-Soy Multigrain setiap hari, Bunda dapat mempersiapkan tumbuh kembang janin dengan optimal.

Sumber:

Wang, Y., Luo, B., & Xian, J. (2021). The association between soy intake and risk of gestational diabetes mellitus: a prospective cohort study. BMC Pregnancy Childbirth, 695 (21).

American Pregnancy Association. Omega-3 Fish Oil and Pregnancy.

BabyCenter. Lactose intolerance in pregnancy.

Wahlberg, R. BabyCenter (2021). What’s the best milk for pregnancy?

Dailey, K. WebMD (2023). Are You Getting Enough Iron?

Dasher, E. WebMD (2021). Calcium during pregnancy.

Lindberg, S. Healthline (2020). DHA and Pregnancy: What You Need to Know.

Kashtan, P. The Bump (2017). Why Fiber Is Important During Pregnancy.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *