6 Obat Mual Ibu Hamil yang Aman untuk Janin

obat mual ibu hamil, diary bunda

Obat mual untuk ibu hamil bisa menjadi solusi ampuh untuk meredakan mual muntah yang sering menjadi keluhan selama mengandung. Namun, hati-hati memilihnya ya, Bun. Tidak semua obat yang bermanfaat mengatasi mual bisa digunakan sebagai obat mual untuk ibu hamil, karena kandungannya belum tentu aman untuk janin.

Selama kehamilan, Bunda dapat mengalami berbagai keluhan, tergantung usia kehamilan. Salah satu keluhan yang paling umum, khususnya di awal kehamilan, adalah mual. Meski ini gejala kehamilan yang wajar bila tidak disertai muntah yang berlebihan, mual bisa membuat Bunda jadi tidak nafsu makan.

Apabila Bunda sampai sulit makan karena mual, Si Kecil di dalam kandungan Bunda bisa kekurangan nutrisi, dan ini akan mengganggu kesehatan dan tumbuh kembangnya lho, Bun. Nah, untuk mengatasi mual, Bunda bisa menggunakan obat mual untuk ibu hamil yang kandungannya aman bagi janin maupun kandungan.

Obat Mual untuk Ibu Hamil yang Aman

Mual umumnya terjadi selama 3 bulan pertama kehamilan, tetapi bisa juga berlangsung sampai usia kehamilan yang lebih besar.

Apabila mual tidak disertai muntah atau disertai muntah tetapi hanya ringan, Bunda bisa meredakannya dengan obat mual untuk ibu hamil. Namun, sewaktu Bunda memilih obat mual, perhatikan kandungan di dalam produknya. Pilih produk yang kandungannya memang aman dan efektif sebagai obat mual untuk ibu hamil.

Berikut ini adalah beberapa obat mual yang kandungannya aman untuk janin beserta cara kerjanya:

1. Pyridoxine (Vitamin B6)

Vitamin B6 atau pyridoxine mampu mengurangi mual yang Bunda rasakan dengan aman. Vitamin ini mampu mencerna protein dalam tubuh dengan lebih baik.

Nah, cara kerjanya vitamin B6 sebagai obat mual untuk ibu hamil adalah dengan memperlancar proses pencernaan di lambung, sehingga rasa mual yang umumnya berasal dari lambung pun akan berkurang.

2. Thiamin (Vitamin B1)

Kekurangan vitamin B1 sering menimbulkan gejala berupa mual atau memperparah mual yang memang sudah dialami ibu hamil. Vitamin ini bertugas mengubah nutrisi dari makanan menjadi energi di dalam tubuh. Dengan mengonsumsinya sebagai obat mual untuk ibu hamil, pencernaan Bunda bisa lebih lancar, sehingga rasa mual juga berkurang.

3. Dimenhydrinate

Dimenhydrinate sebenarnya adalah obat antialergi atau antihistamin, yakni obat untuk mengatasi reaksi alergi. Namun, obat ini juga bisa digunakan sebagai obat mual untuk ibu hamil lho, karena dimenhydrinate dapat membuat tubuh Bunda tidak terlalu sensitif terhadap pemicu mual.

4. Metoclopramide

Metoclopramide adalah salah satu obat yang aman untuk mengatasi masalah pencernaan, termasuk mual dan muntah saat hamil. Sebagai obat mual untuk ibu hamil, obat ini akan meningkatkan gerakan otot lambung dan usus, sehingga pencernaan Bunda jadi lebih lancar dan mual pun berkurang.

5. Ondansetron

Ondansetron juga bisa digunakan sebagai obat mual untuk ibu hamil. Selain meredakan mual, obat ini bisa mencegah muntah, sehingga Bunda tidak mengalami dehidrasi, kekurangan nutrisi, dan penurunan berat badan karena muntah-muntah.

Cara kerja obat ini adalah menghambat kerja serotonin, yakni hormon yang merangsang gerakan usus dan lambung. Dengan begitu, rasa mual yang muncul karena gerakan saluran cerna yang aktif bisa berkurang.

Meski aman digunakan sebagai obat mual untuk ibu hamil, kandungan obat-obatan di atas efektif untuk meredakan mual. Namun, tetap jangan mengonsumsinya berlebihan ya, Bunda. Konsumsilah sesuai dosis yang dianjurkan oleh masing-masing produk. Jadi, perhatikan keterangan dosis dan aturan pakai yang ada pada kemasan produk.

Bila mual masih juga terus berlanjut, apalagi sampai membuat Bunda tidak bisa makan, muntah-muntah, atau lemas, sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dan aman. Ingat, jangan sembarang mengonsumsi obat ya, Bun, termasuk obat herbal maupun jamu-jamuan.

Sumber:

National Health Service Inform. (2023). Ready Steady Baby. Taking Drugs in Pregnancy.

National Library of Medicine. Medline Plus (2022). Drugs, Herbs and Supplements. Ondansetron.

National Health Service. (2021). Medicines A to Z. Promethazine (Phenergan)

Mayo Clinic. (2023). Drugs and Supplements. Metoclopramide (Oral Route).

Mayo Clinic. (2022). Diseases & Conditions. Morning Sickness.

Cleveland Clinic. Drugs, Devices & Supplements. Promethazine Tablets.

Mandl, E. Healthline (2023). Nutrition. The 14 Best Foods to Eat When You’re Nauseous.

Panoff, L. Healthline (2023). Nutrition. What Is Thiamine Deficiency? All You Need to Know.

Desmond, T. M. Parents (2023). Pregnancy. Suffering From Morning Sickness? These 15 Foods Can Fight Nausea During Pregnancy.

WebMD. (2023). Pregnancy. What to Know About Taking Zofran for Morning Sickness.

WebMD. Vitamins & Supplements. Pyrodoxine (Vitamin B6).

Mother to Baby. (2021). Metoclopramide.

By dr. Marianti

Head of Medical Content Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *