Ciri Hamil 4 Bulan Tidak Berkembang yang Perlu Diketahui

Ciri Hamil 4 Bulan Tidak Berkembang yang Perlu Diketahui

Ciri hamil 4 bulan tidak berkembang perlu diketahui oleh ibu hamil agar penanganan dapat segera dilakukan dan tidak berdampak pada bayi setelah lahir nanti. Hanya saja, berbagai tanda ini sering kali tidak disadari ibu hamil dan baru terdeteksi melalui pemeriksaan kehamilan.

Hamil dapat dikatakan tidak berkembang saat 4 bulan bila pertumbuhan janin terhambat atau tidak sesuai dengan usia kehamilan, baik ukuran maupun berat badan janin. Kondisi ini disebut juga IUGR (intrauterine growth restriction).

Hamil 4 bulan tidak berkembang bisa disebabkan oleh masalah pada plasenta atau kehamilan kembar. Kondisi ini sebaiknya segera terdeteksi dan ditangani dokter agar tidak berdampak pada bayi setelah lahir.

Beberapa Ciri Hamil 4 Bulan Tidak Berkembang

Ada beberapa ciri hamil 4 bulan tidak berkembang yang perlu Bunda ketahui. Yuk simak ciri-cirinya berikut ini:

Ukuran janin kecil

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, salah satu ciri hamil 4 bulan tidak berkembang adalah ukuran janin yang lebih kecil dari ukuran seharusnya. Hal ini memang tidak dapat Bunda rasakan atau ketahui secara langsung.

Oleh karena itu, Bunda dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan kehamilan ke dokter agar perkembangan janin bisa terus terpantau.

Kadar hormon kehamilan menurun

Hormon hCG (human chorionic gonadotropic) adalah hormon yang diproduksi oleh sel-sel di dalam plasenta. Hormon ini bertugas untuk memelihara dan memberi nutrisi pada Si Kecil hingga lahir. Nah, menurunnya kadar hormon ini bisa menjadi tanda adanya masalah pada janin atau kandungan ibu hamil.

Namun, hal tersebut tidak bisa diketahui pasti sebelum ibu hamil melakukan pemeriksaan kandungan ke dokter. Soalnya, kadar hormon kehamilan umumnya berbeda pada setiap ibu hamil.

Perut ibu hamil terasa lebih kecil dari seharusnya

Ciri hamil 4 bulan tidak berkembang ini berkaitan dengan ukuran janin yang lebih kecil dari usia kehamilan. Pasalnya, ukuran janin memengaruhi besarnya perut ibu hamil.

Namun, perut ibu hamil 4 bulan pada dasarnya memang belum besar sehingga hal ini tidak sering disadari. Kalaupun ibu hamil merasa perutnya tidak terlihat membesar, sebaiknya periksakan diri ke dokter untuk memastikan apakah janin berkembang atau tidak.

Referensi:

National Institute of Health (2022). MedlinePlus. Intrauterine Growth Restriction.

Cleveland Clinic (2022). Human Chorionic Gonadotropin.

Cleveland Clinic (2022). Intrauterine Growth Restriction.

Cleveland Clinic (2021). Pregnancy: Second Trimester.

Bradley. S. Healthline (2020). Parenthood. What to Expect at 4 Months Pregnant.

Silverman, H. Parents (2023). Pregnancy Complications. What Dealing With Fetal Growth Restriction Was Like.

Dunkin, M.A. WebMD (2022). Health & Pregnancy Guide. Fetal Growth Restriction (FGR).

By dr. Merry Dame Cristy Pane

Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *