Buah Pir untuk Ibu Hamil, Inilah 7 Manfaat yang Jarang Diketahui

Buah pir untuk ibu hamil memiliki manfaat yang masih sering diragukan karena ada anggapan bahwa buah ini tidak baik bagi perkembangan janin. Padahal, pir mengandung nutrisi penting, seperti serat dan antioksidan, yang punya banyak manfaat untuk Bunda dan Si Kecil. Nah, apa saja ya manfaatnya?

Bunda mungkin pernah dengar kalau ibu hamil tidak boleh makan buah pir karena dianggap kurang baik untuk Si Kecil di dalam perut. Katanya, buah pir bisa menghambat perkembangan otak janin. Nah, benar nggak sih?

Tentu saja tidak ya, Bun. Ibu hamil justru boleh banget makan buah pir. Apalagi, kandungan asam folat di dalam pir dapat mendukung perkembangan otak Si Kecil, selama buah ini dikonsumsi dengan cara yang tepat.

Pir juga memiliki kandungan lain yang tidak kalah penting, seperti serat, vitamin C, vitamin K, tembaga, kalium, dan antioksidan yang baik untuk Bunda serta janin.

Beragam Manfaat Buah Pir untuk Ibu Hamil

Pir merupakan buah yang rasanya manis dan menyegarkan. Teksturnya juga gurih sehingga buah ini enak dikonsumsi sebagai camilan sehat, terlebih bila Bunda sedang ngidammakanan manis.

Dengan mengonsumsi buah pir untuk ibu hamil, Bunda dan janin bisa memperoleh berbagai manfaat berikut ini:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Tahukah Bunda kalau ibu hamil rentan sakit karena sistem kekebalan tubuhnya jadi lebih lemah? Oleh karena itu, ibu hamil perlu menjaga kesehatan agar janin dapat berkembang dengan baik.

Nah, salah satu cara agar Bunda tetap sehat adalah mengonsumsi buah pir. Ini karena pir mengandung vitamin C, tembaga, dan antioksidan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh agar tubuh lebih kuat melawan virus dan bakteri penyebab penyakit.

2. Mencegah dan mengatasi sembelit

Sembelit saat hamil pasti membuat Bunda tidak nyaman, kan? Perut jadi terasa begah, kembung, dan tidak nyaman sehingga bisa mengganggu aktivitas Bunda saat hamil.

Untungnya, Bunda bisa mengatasi masalah ini dengan konsumsi makanan yang mengandung serat, contohnya buah pir. Serat bisa membuat feses menyerap lebih banyak air sehingga dapat mengatasi sembelit. Buah pir juga banyak mengandung air, sehingga tekstur tinja bisa menjadi lebih lunak dan mudah dikeluarkan.

Nah, untuk memperoleh manfaat buah pir untuk ibu hamil yang satu ini, Bunda bisa langsung konsumsi pir setelah dicuci atau dalam bentuk jus, ya.

3. Mengatasi morning sickness

Selain sembelit, ibu hamil juga sering mengeluhkan mual dan muntah di pagi hari (morning sickness). Nah, kondisi ini juga bisa diatasi dengan makanan yang mengandung serat, antioksidan, dan vitamin B6, seperti buah pir. Aneka nutrisi tersebut diketahui baik untuk mengatasi mual, sekaligus membantu mencukupi asupan nutrisi dan energi Bunda selama hamil.

4. Mencegah bayi lahir cacat

Buah pir juga penting untuk Si Kecil lho karena mengandung asam folat yang mampu mendukung pembentukan sel-sel baru, termasuk kulit, rambut, dan kuku.

Asam folat juga dapat mendukung perkembangan otak serta pertumbuhan tulang Si Kecil sehingga dapat mencegah bayi lahir cacat. Jadi, Bunda tidak perlu ragu lagi ya untuk mengonsumsi buah pir.

5. Menambah energi

Perubahan hormon sering membuat ibu hamil mudah merasa lelah sehingga menghambat aktivitas Bunda selama masa kehamilan.

Nah, Bunda bisa mengatasi masalah tersebut dengan memperbanyak istirahat serta mengimbanginya dengan konsumsi buah yang kaya akan karbohidrat dan gula, seperti buah pir.

Gula dan karbohidrat merupakan sumber energi yang penting untuk tubuh, sehingga rutin mengonsumsi buah pir dapat membantu meningkatkan energi Bunda selama hamil.

6. Mencegah dehidrasi

Ibu hamil perlu selalu terhidrasi dan mencukupi kebutuhan cairan di tubuhnya agar ia dan janin tetap sehat. Hal ini biasanya bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih. Namun, tidak hanya itu saja lho, Bun.

Bunda juga bisa mengonsumsi buah pir  karena kandungan air dalam buah ini cukup tinggi. Selain itu, pir juga mengandung elektrolit, salah satunya kalium, yang dapat menjaga kadar cairan tubuh tetap seimbang, sehingga mampu mencegah dehidrasi. Nah, untuk memperoleh manfaat ini, Bunda bisa mengonsumsi pir dalam bentuk jus segar tanpa tambahan gula atau dikonsumsi langsung ya.

7. Mengontrol tekanan darah

Kandungan kalium dalam pir juga dapat mengontrol tekanan darah lho, Bun. Ini karena tekanan darah cenderung meningkat saat hamil. Nah, supaya tekanan darah lebih stabil, maka ibu hamil memerlukan kalium yang berperan sebagai elektrolit di dalam tubuh.

Selain itu, pir juga mengandung vitamin C yang bersifat antioksidan serta kalium yang mampu melancarkan aliran darah dan membuat tekanan darah lebih terkontrol selama masa kehamilan.

Itulah berbagai manfaat buah pir untuk ibu hamil yang bisa Bunda peroleh. Untuk memperoleh manfaatnya tersebut, Bunda dianjurkan untuk mengonsumsi buah pir sebanyak 1–3 buah per hari.

Agar asupan nutrisi yang diperoleh lebih lengkap, Bunda juga perlu mengonsumsi aneka makanan bergizi lainnya, termasuk sayuran, buah-buahan lain, kacang, telur, tahu, tempe, ikan, dan daging.

Nah, apabila Bunda masih punya pertanyaan terkait cara mengonsumsi buah pir untuk ibu hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter, ya.

Sumber:

Centers for Disease Control and Prevention (2022). Folic Acid.

National Health Service UK (2021). Tiredness and Sleep Problems.

National Health Service UK (2023). Have A Healthy Diet in Pregnancy.

National Institute of Health. National Library of Medicine. Medline Plus.  Fluid and Electrolyte Balance.

Cleveland Clinic (2023). 5 Health Benefits of Pears.

Cleveland Clinic (2022). 6 Types of Foods That Lower Blood Pressure.

Mayo Clinic (2023). Folate (Folic Acid).

Mayo Clinic (2022). Dietary Fiber: Essential for A Healthy Diet.

Dasher, E. Baby Center (2021). Potassium during Pregnancy.

Johnson, M. Everyday Health (2023). 9 Foods That Help Relieve Nausea.

Miller, K. Health (2022). Are People Who Are Pregnant Immunocompromised?

Marcin, A. Healthline (2023). Which Juices Can Help Relieve Constipation?

Nall, R. Healthline (2023). How Constipation Feels.

Wartenberg, L. Healthline (2023). 9 Health and Nutrition Benefits of Pears.

Cooper, J. WebMD (2022). Pears and Diabetes: Benefits, Risks, and Nutrition.

Mehta, P. WebMD (2022). What to Know About Staying Hydrated While Pregnant and Breastfeeding.

WebMD (2022). Asian Pears: Health Benefits, Nutrition, and Uses.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *