Positif Hamil tapi Tidak Ada Janin? Mungkin, Ini Penyebabnya

Positif hamil tapi tidak ada janin saat diperiksa? Hal ini memang bisa terjadi, Bun. Namun, jangan sedih dulu karena belum tentu Bunda tidak hamil. Mungkin saja, ada beberapa kondisi yang menyebabkan janin belum terlihat melalui pemeriksaan USG.

Penyebab Positif Hamil tapi Tidak Ada Janin

Kehamilan merupakan momen yang umumnya paling dinantikan oleh pasangan suami istri. Inilah mengapa saat menjalani program hamil, rasa bahagia akan muncul ketika melihat test pack menunjukkan garis dua. Bunda dan pasangan mungkin menganggap kehamilan akhirnya terwujud

Akan tetapi, saat melakukan pemeriksaan USG, janin justru tidak terlihat di dalam rahim. Kejadian ini tentu membuat Bunda dan pasangan sedih sekaligus bingung. Namun, positif hamil tapi tidak ada janin memang bisa terjadi, lho. Kondisi tersebut bisa disebabkan oleh beberapa hal, seperti:

1. Pemeriksaan terlalu dini

Hasil tes kehamilanpositif pasti membuat Bunda sangat senang hingga rasanya tidak sabar menanti kehadiran Si Kecil. Namun, saat di USG, janin malah tidak kelihatan. Nah, jangan berkecil hati dulu ya Bun, karena positif hamil tapi tidak ada janin bukan berarti kehamilan tidak terjadi.

Perlu diingat, bahwa setiap kehamilan bersifat unik dan kapan janin terlihat di USG bisa berbeda-beda pada tiap orang. Mungkin saja Bunda memang hamil. Hanya saja, janin belum terlihat karena usianya masih terlalu dini dan ukurannya masih sangat kecil.

2. Pemakaian test pack tidak tepat

Test pack cukup akurat untuk mendeteksi kehamilan bila digunakan dengan benar, sehingga Bunda perlu mengikuti petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan. Ini karena penggunaan test pack yang tidak tepat bisa memberikan hasil yang keliru.

Terlebih, ada beberapa kesalahan yang bisa menyebabkan hasil tes positif hamil tapi tidak ada janin, misalnya terlalu dini melakukan tes, tidak langsung melakukan tes setelah bangun tidur di pagi hari, atau menempatkan test pack terlalu lama di dalam urine.

Selain itu, alat tes kehamilan yang rusak atau kedaluwarsa juga bisa menjadi penyebabnya, lho.

3. Penggunaan obat-obatan tertentu

Apakah Bunda sedang menjalani program hamil dan mengonsumsi obat untuk meningkatkan kesuburan? Nah, ini juga bisa menyebabkan positif hamil tapi tidak ada janin, karena obat kesuburan dapat meningkatkan hormon hCG di tubuh. Hormon inilah yang nantinya akan terdeteksi oleh test pack.

Selain obat kesuburan, beberapa obat lainnya, seperti antidepresan, antiansietas, antihistamin, dan diuretik juga bisa menyebabkan hasil test pack positif.

4. Hamil kosong

Positif hamil tapi tidak ada janin juga bisa terjadi karena hamil kosong (blighted ovum), yaitu kondisi ketika sudah terjadi pembuahan sel telur, tetapi embrio tidak dapat berkembang sehingga janin tidak bisa bertumbuh. 

Namun, karena sudah terjadi pembuahan dan hormon hCG di dalam tubuh meningkat, wanita akan mengalami tanda-tanda kehamilan, termasuk test pack yang positif.

5. Kehamilan ektopik

Pada beberapa kasus, sel telur yang sudah dibuahi menempel di luar rahim. Kondisi ini disebut dengan kehamilan ektopik dan bisa menyebabkan positif hamil tapi tidak ada janin di dalam rahim.

Nah, kondisi ini harus segera ditangani oleh dokter ya, karena embrio tidak mampu berkembang di luar rahim. Selain itu, kehamilan ektopik juga bisa berakibat fatal bagi ibu.

Jadi, jangan tunda ke dokter jika mengalami sakit yang terasa tajam di satu sisi bagian bawah perut, nyeri hebat di bagian panggul, bahu, atau leher, perdarahan ringan hingga berat dari vagina, pusing, dan pingsan.

Perlu diingat, jika mendapati hasil tes positif, alangkah baiknya Bunda menunggu beberapa hari dan melakukan tes untuk kedua kalinya ya. Bisa saja hasil tes sebelumnya berbeda karena tes dilakukan terlalu cepat atau caranya tidak tepat.

Setelah melakukan tes, jangan tunda untuk berkonsultasi ke dokter agar dokter bisa memeriksa kondisimu dan memberikan penanganan yang tepat.

Sumber:

HSE Ireland (2021). If Your Pregnancy Doesn’t Show on An Ultrasound Scan.

Cleveland Clinic (2022). Pregnancy Tests.

Cleveland Clinic (2021). Blighted Ovum.

Whelan, C. Healthline (2023). 7 Causes for a False-Positive Pregnancy Test.

Harris, N. Parents (2023). How to Take the Most Accurate Pregnancy Test at Home.

Perry, C. The Bump (2023). What Are the Chances of a False Positive Pregnancy Test?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *