Babymoon, Inilah Manfaat dan Tips Aman untuk Melakukannya

Babymoon, Inilah Manfaat dan Tips Aman untuk Melakukannya

Babymoon mungkin masih terdengar asing bagi sebagian ibu hamil. Padahal, kegiatan ini bisa memberikan banyak manfaat selama hamil, lho. Misalnya, untuk meredakan stres atau membuat perasaan menjadi lebih bahagia. Mengasyikkan, bukan? Oleh karena itu, yuk Bunda, ketahui apa itu babymoon, manfaat, dan tips melakukannya.

Ketahui Apa Itu Babymoon

Babymoon serupa dengan honeymoon, yaitu liburan yang dilakukan untuk merayakan suatu momen spesial. Kalau honeymoon dilakukan untuk merayakan pernikahan, babymoon bisa Bunda lakukan untuk sekadar menikmati waktu bersama dengan suami sebelum Si Kecil lahir ke dunia.

Saat masa babymoon, Bunda dan suami bisa bebas memaksimalkan waktu berduaan dan melakukan aktivitas yang ingin dilakukan. Makanya, tak jarang babymoon juga disebut dengan “bulan madu kedua” karena bisa membuat Bunda dan suami terasa semakin intim.

Untuk waktunya, Bunda bisa menentukan kapan saja, bahkan pada trimester ketiga. Namun, agar lebih aman dan nyaman, Bunda bisa mencoba melakukan babymoon saat trimester kedua. Soalnya, pada trimester ini, gejala kehamilan seperti mual dan muntah biasanya sudah mereda. Selain itu, perut Bunda juga belum terlalu besar dan waktu persalinan juga belum dekat.

Selain waktu, tempat berlibur untuk babymoon juga perlu Bunda pikirkan, lho. Biasanya, Bunda akan disarankan untuk tidak bepergian jauh ke tempat yang memakan waktu lebih dari 4 jam. Soalnya, Bunda dikhawatirkan bisa merasakan nyeri, kram kaki, dan kelelahan karena perjalanan yang jauh dan lama.

Manfaat Babymoon untuk Ibu Hamil

Karena sudah tahu apa itu babymoon, Bunda juga perlu tahu apa saja manfaat yang bisa didapat apabila babymoon dilakukan. Berbagai manfaat babymoon yang perlu Bunda ketahui adalah:

1. Meredakan stres

Saat hamil, Bunda bisa saja jadi lebih rentan stres. Nah, dengan meluangkan waktu untuk berlibur bersama suami, stres bisa mereda. Soalnya, saat babymoon, Bunda akan merasa lebih rileks dalam menjalani kehamilan.

2. Memperbaiki mood

Selain stres, mood atau suasana hati juga sering kali berubah dengan cepat saat hamil. Nah, salah satu yang bisa Bunda lakukan untuk memperbaiki suasana hati adalah dengan babymoon bersama suami. Selain berlibur, Bunda juga bisa memperbaiki mood dengan melakukan hal-hal yang Bunda sukai, misalnya jalan-jalan di pantai, shopping, atau melukis.

3. Menambah keintiman dengan suami

Saat babymoon, Bunda dan suami bisa menikmati waktu berdua saja. Selama menikmati waktu berdua, Bunda bisa melakukan hal apa saja yang membuat perasaan lebih bahagia, misalnya menonton film bahkan sekadar berjalan santai di tempat rekreasi. Hal-hal itulah yang membuat Bunda dan suami menjadi lebih intim.

4. Memperkuat daya tahan tubuh

Manfaat babymoon selanjutnya adalah untuk memperkuat daya tahan tubuh. Saat hamil, daya tahan tubuh ibu hamil memang menjadi lebih lemah. Nah, efek relaksasi dan rasa bahagia karena babymoon bisa membuat daya tahan tubuh menjadi lebih kuat.

Tips Aman Babymoon pada Masa Kehamilan

Apabila kondisi kehamilan dalam keadaan sehat, babymoon memang aman dilakukan kapan saja. Meski begitu, ada beberapa tips yang perlu Bunda lakukan saat babymoon, agar kondisi kehamilan selalu sehat dan aman. Nah, inilah beberapa tipsnya, Bun:

  • Pastikan kondisi kehamilan dalam keadaan sehat dengan melakukan konsultasi ke dokter. Beri tahu dokter lokasi dan waktu babymoon.
  • Buatlah rancangan jadwal perjalanan secara detail. Hindari merancang jadwal yang terlalu padat, untuk menghindari kelelahan.
  • Hindari aktivitas terlalu berat dan bisa berbahaya bagi kehamilan, seperti berkuda, menyelam, mendaki gunung, berlari maraton, dan berselancar.
  • Selalu minum air putih yang cukup selama perjalanan, agar tubuh tetap terhidrasi. Sebaiknya, minum air mineral dalam kemasan dan menghindari air yang belum diketahui bagaimana kebersihannya.
  • Bawalah obat-obatan pribadi, termasuk suplemen kehamilan.
  • Bawa sunblock dan rutin memakainya saat berwisata.
  • Gunakan baju hamil yang nyaman, termasuk pakaian dalamnya. Pilihlah pakaian sesuai dengan cuaca tempat yang dituju.
  • Hindari memakai celana yang ketat, agar tetap nyaman selama di perjalanan.
  • Pastikan untuk tidak mengonsumsi makanan sembarangan, apalagi kalau kebersihannya tidak diketahui.

Sumber:

National Health Service U.K. (2022). Pregnancy. Travelling in Pregnancy.

American College of Obstetricians and Gynecologists (2023). FAQs. Travel During Pregnancy.

Babycenter (2023). How to Plan Your Babymoon.

Healthline (2023). Pregnancy Mood Swings: Why You’re Feeling Them and What to Do.

Healthline (2019). What Is a Babymoon and How Do You Plan One?

Verywell Family (2021). Baby Moon Vacation for Expecting Parents.

WebMD (2022). The Pre-Baby Vacation.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *