Berapa Sih Berat Janin 7 Bulan yang Ideal?

Berat janin 7 bulan dapat menjadi tolak ukur tumbuh kembang Si Kecil normal atau tidak. Memasuki usia kehamilan 7 bulan, pertumbuhan dan perkembangan organ tubuh janin sudah bisa dikatakan sempurna lho, Bun. Nah, makanya, yuk, ketahui berapa berat janin 7 bulan yang normal tiap minggunya, Bun.

Wah, tidak terasa ya kandungan Bunda sudah memasuki usia 7 bulan. Pada bulan ini, Bunda sudah bisa berinteraksi dengan Si Kecil, lho. Pertumbuhan dan perkembangan Si Kecil juga makin terlihat, termasuk dari berat badannya.

Umumnya, berat janin 7 bulan sudah berkisar antara 1–2 kilogram dengan panjang sekitar 37–43 cm, Bun. Itu sebabnya, perut Bunda akan terlihat makin besar, yang membuat Bunda sulit bergerak secara leluasa, bahkan mengalami kurang tidur.

Inilah Berat Janin 7 Bulan yang Normal Setiap Minggunya

Dengan mengetahui berat badan janin 7 bulan yang normal, Bunda bisa ikut memantau tumbuh kembang Si Kecil dan memastikan apakah berat badannya sudah sesuai usia kandungan atau tidak. Nah, untuk mengetahui berat janin 7 bulan, Bunda bisa menjalani pemeriksaan USG di rumah sakit atau di klinik dokter kandungan, ya.

Berikut ini adalah berat janin 7 bulan yang ideal dari minggu ke minggu:

Minggu ke-28

Pada awal bulan ketujuh ini, Si Kecil sudah sebesar terong dan organ tubuhnya juga sudah mulai terbentuk sempurna lho, Bun. Nah, berat janin pada minggu ke-28 sudah sekitar 1 kilogram dengan panjang tubuh 37 cm. Berat janin 7 bulan akan terus bertambah karena makin banyak lemak yang menumpuk di bawah kulitnya.

Pada usia kehamilan 28 minggu ini, mata Si kecil sudah dapat terbuka sebagian dan bulu matanya telah tumbuh. Selain itu, sistem saraf juga mulai berfungsi dan detak jantung janin sudah dapat didengar melalui stetoskop.

Minggu ke-29

Memasuki usia kehamilan 29 minggu, berat janin 7 bulan mengalami peningkatan sebanyak 100 gram dari minggu sebelumnya, yaitu menjadi sekitar 1,1 kilogram. Panjang tubuh janin juga bertambah menjadi sekitar 39 cm.

Pada minggu ini, janin pun makin aktif bergerak di dalam kandungan, bahkan Bunda bisa merasakan tendangan yang lebih kuat. Selain itu, setiap bagian tubuh janin juga mengalami perkembangan, mulai dari tulang, otot, otak, hingga paru-paru.

Minggu ke-30

Pada usia kehamilan 30 minggu, panjang tubuh janin sudah mencapai kurang lebih 40 cm. Sementara itu, berat janin 7 bulan juga mengalami perubahan menjadi sekitar 1,3 kilogram. 

Pada minggu ini, otak janin berkembang secara pesat lho, Bun. Makin berkembang otaknya, respons janin juga akan mengalami peningkatan. Ia sudah mulai bisa merespons rangsangan, seperti suara dan sentuhan. Penglihatan janin juga sudah semakin baik, sehingga bisa membedakan terang dan gelap lho, Bun. 

Tidak hanya itu, Bunda, pertumbuhan rambut di kepala Si Kecil mulai bertambah tebal serta kulit tubuhnya juga sudah lebih halus.

Minggu ke-31

Pada minggu ke-31 kehamilan, berat janin 7 bulan sudah mencapai 1,5 kilogram dengan panjang kurang lebih 40 cm. Nah, pada minggu ini, perkembangan organ janin sudah hampir sempurna, sehingga bentuk tubuhnya pun makin terlihat seperti bayi.

Selain itu, pada minggu terakhir usia kehamilan 7 bulan ini, rambut halus di tubuh janin yang melindungi kulit bayi dari cairan ketuban (lanugo) juga mulai rontok.  

Meski terlihat sangat aktif, tetapi Si Kecil lebih banyak tidur di minggu ini, Bun. Itulah sebabnya, Bunda mulai jarang merasakan tendangan atau pukulannya. Namun, kondisi ini tidak perlu dicemaskan ya. Lucunya, Si Kecil juga sudah bisa mengisap jempolnya, lho.

Itulah berat janin 7 bulan yang perlu Bunda ketahui. Jika berat janin masih kurang atau tidak sesuai dengan usia kehamilan, dokter biasanya akan menyarankan Bunda untuk mengonsumsi makanan penambah berat badan janin dan menjalani pola hidup sehat.

Sebaliknya, jika ternyata berat janin 7 bulan berlebih, dokter akan menganjurkan Bunda untuk melakukan diet sehat yang aman untuk ibu dan janin. Oleh karena itu, pastikan untuk selalu melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter kandungan ya, Bun.

Sumber:

National Health Service UK (2024). Pregnancy Week by Week. You and Your Baby at 28 Weeks Pregnant.

Mayo Clinic (2022). Pregnancy Week by Week. Fetal Development: The 3rd Trimester.

Allo Health (2023). What Is the Average Weight of a 7-Month Foetus in Kilograms?

Blanding, T. Baby Center (2022). Pregnancy Week by Week. 30 Weeks Pregnant.

Blanding, T. Baby Center (2022). Pregnancy Week by Week. 31 Weeks Pregnant.

Miles, K. Baby Center (2022). Growth Chart: Fetal Length and Weight, Week by Week.

Pregnancy Birth Baby (2024). Pregnancy at Week 30.

The Bump (2023). Pregnancy Week by Week. 28 Weeks Pregnant.

The Bump (2023). Pregnancy Week by Week. 31 Weeks Pregnant.

Pevzner, H. Verywell Family (2023). Week 29 of Your Pregnancy.

WebMD (2020). Pregnancy Visual Timeline.

Donaldson-Evans, C. What to Expect (2023). 30 Weeks Pregnant.

Donaldson-Evans, C. What to Expect (2023). 31 Weeks Pregnant.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *