Janin 7 Bulan, Sudah Seperti Apa Ya Perkembangannya?

Janin 7 bulan sudah mengalami banyak perkembangan yang pesat, Bun. Di usia ini, janin mulai aktif, bisa berpindah posisi, dan bahkan sudah bisa mendengar dan merespon suara Bunda dan Ayah, lho. Selain itu, apa lagi ya perkembangan janin di usia 7 bulan?

Sebentar lagi, kehamilan Bunda memasuki trimester 3, nih. Ini berarti, janin sudah banyak berkembang dan siap dilahirkan beberapa bulan lagi. Nah, di usia kehamilan yang memasuki bulan ke-7 ini, kira-kira janin sudah bisa melakukan apa ya, Bun? Lalu, bagaimana dengan perkembangannya di dalam perut Bunda?

Perkembangan Janin 7 Bulan

Sudah masuk usia 7 bulan, berat badan janin makin bertambah dan tubuhnya pun jadi lebih berisi karena ia mulai menyimpan lebih banyak jaringan lemak. Nah, penasaran kan dengan proses perkembangan lainnya saat usia Si Kecil menginjak 7 bulan? Berikut ini adalah penjelasan dari perkembangan janin 7 bulan di setiap minggunya:

Minggu ke-28

Pada awal kehamilan 7 bulan, bulu mata Si Kecil sudah mulai tumbuh lho, Bun. Janin juga sudah mulai bisa membuka dan mengedipkan kelopak matanya, sehingga di usia ini biasanya Si Kecil tidak hanya dapat merespon suara saja tapi juga cahaya. 

Selain itu, panjang janin 7 bulan di minggu ke-28 sudah sekitar 35 cm dengan berat 900–1000 gram. Jika digambarkan, Si Kecil kini sudah seukuran terong, Bun!

Minggu ke-29

Kehamilan di minggu ke-29 ini membuat Bunda makin sering merasakan tendangan yang lebih kuat dari dalam perut. Tidak hanya menendang, janin 7 bulan yang kini berusia 29 minggu juga aktif meregangkan tubuh dan aktif berpindah posisi lho, Bun.

Pada minggu ini, janin pun kian membesar hingga kini seukuran buah labu dengan panjang 38 cm dan berat sekitar 1,3 kg.

Minggu ke-30

Pada usia kehamilan 30 minggu, Bunda mungkin mulai merasa kalau tubuh makin berat dan tidur jadi tidak nyaman. Ini karena perut Bunda makin besar seiring dengan perkembangan janin 7 bulan yang saat ini seukuran sayur kol atau brokoli.

Nah, karena sekarang ukuran janin lebih besar, gerakannya di dalam rahim pun jadi terbatas dan tidak seaktif sebelumnya. Namun, Bunda masih bisa kok sesekali merasakan hentakan siku atau kakinya.

Selain itu, janin yang berusia 30 minggu juga sudah memiliki banyak rambut di kepalanya, Bun. Matanya pun sudah terbuka lebar dan ia bisa melihat apa yang ada di sekitarnya. Janin 7 bulan juga mungkin akan sering memegang kakinya sendiri atau tali pusarnya.

Minggu ke-31

Pada usia minggu ke-31, perkembangan organ vital janin, seperti otak dan sistem sarafnya, sudah makin sempurna. Lanugo atau rambut halus yang menyelimuti tubuhnya juga mulai terlihat lebih banyak. Kini, ukurannya pun lebih besar dari minggu sebelumnya, yaitu dengan panjang tubuh sekitar 40 cm dan berat 1,8 kg.

Dengan ukuran yang sudah sebesar buah kelapa ini, Bunda bisa saja merasa sesak di sekitar perut atas dan jadi cepat terengah-engah saat sedang berjalan atau menaiki tangga. Kondisi ini normal kok, Bun, dan nantinya bisa menghilang setelah kepala janin mulai mengarah ke jalur lahir di minggu ke-32.

Tips untuk Bunda di Kehamilan 7 Bulan

Bun, karena kelahiran Si Kecil tinggal menghitung beberapa minggu lagi, kini Bunda perlu banyak beristirahat dan membatasi aktivitas yang berat ya. 

Tak hanya istirahat, Bunda juga disarankan melakukan beberapa tips ini agar kondisi ibu hamil dan janin 7 bulan selalu sehat hingga hari kelahiran, yaitu:

  • Makan makanan bergizi, seperti daging, sayur, buah, dan kacang-kacangan.
  • Konsumsi vitamin atau suplemen prenatal yang mengandung aneka nutrisi, termasuk asam folat.
  • Olahraga ringan, seperti berjalan atau berenang, sebanyak 30 menit per hari.
  • Minum air putih untuk mencegah dehidrasi dan mengatasi kram kaki.
  • Hindari makanan yang pedas, asam, dan berminyak.
  • Makan dalam porsi kecil tetapi sering.
  • Gunakan pakaian yang longgar dan nyaman.
  • Tidur dengan posisi tubuh menyamping ke kiri.

Ketika usia janin 7 bulan, Bunda juga disarankan untuk menjalani USG setiap 2 minggu sekali guna memantau detak jantung janin serta mengukur tinggi dan berat badannya.

Apabila Bunda tiba-tiba mengalami pendarahan dari vagina, bengkak pada wajah dan jari, sakit kepala berat, mual dan muntah yang tak kunjung hilang, pandangan buram, tidak merasakan pergerakan janin di dalam perut selama 2 jam, atau keluhan lain yang membuat Bunda tidak nyaman, alangkah baiknya segera memeriksakan diri ke dokter, ya agar mendapatkan penanganan tepat sesuai.

Sumber:

Cleveland Clinic (2024). Fetal Development.

Mayo Clinic. Fetal Development: The 3rd Trimester.

American Pregnancy Association. Baby Development Month by Month.

Family Doctor (2022). Taking Care of You and Your Baby While You’re Pregnant.

Kids Health, Nemours (2023). Your Baby’s Growth: 7 Months.

The Bump (2023). Pregnancy Week by Week.

WebMD (2021). Your Baby’s Growth and Development In the Third Trimester of Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *