Contoh Sakit Perut Tanda Hamil, Seperti Apa Ya?

contoh sakit perut tanda hamil, diary bunda

Contoh sakit perut tanda hamil bisa bermacam-macam. Sakit perut tanda hamil juga sering kali bisa mirip dengan nyeri perut ketika menstruasi atau sakit perut biasa. Biar nggak bingung, yuk ketahui bagaimana contoh sakit perut tanda hamil dalam artikel ini.

Ada berbagai tanda-tanda kehamilan yang bisa dirasakan wanita, salah satunya adalah sakit perut. Tak jarang, sakit perut tanda hamil ini sering dianggap sebagai sakit perut tanda menstruasi, terlebih jika dirasakan saat berdekatan dengan tanggal menstruasi. Jadi, penting untuk tahu contoh sakit perut tanda hamil agar bisa membedakannya.

Contoh Sakit Perut Tanda Hamil yang Bisa Dirasakan

Seperti yang telah disebutkan, contoh sakit perut tanda hamil bisa beragam dan menimbulkan keluhan yang berbeda. Inilah beberapa contoh sakit perut tanda hamil:

1. Perut kembung

Contoh sakit perut tanda hamil yang sering kali dirasakan para ibu adalah perut kembung. Keluhan ini akan membuat perut ibu hamil terasa lebih kencang, tidak nyaman, dan lebih sering buang gas atau kentut dari biasanya.

Meski terasa tidak nyaman, perut kembung merupakan keluhan yang normal terjadi, kok. Keluhan ini terjadi karena peningkatan hormon progesteron yang membuat otot di saluran cerna menjadi lebih relaks. Akibatnya, saluran cerna akan bergerak lebih lambat dan hal ini menimbulkan penumpukan gas di dalam usus.

2. Kram perut

Kram perut merupakan salah satu contoh sakit perut tanda hamil yang cukup sering terjadi, nih. Keluhan ini bisa terjadi ketika sel telur yang telah dibuahi mulai melekat pada dinding rahim. 

Memang cukup sulit untuk membedakan kram perut tanda hamil dengan kram perut menstruasi. Namun, perbedaan antara keduanya sebenarnya bisa dirasakan. 

Kram perut tanda hamil biasanya terjadi di perut bagian bawah atau area panggul, serta terasa lebih ringan. Sementara, kram perut menstruasi biasanya terasa lebih menusuk, serta terjadi di salah satu sisi perut bagian bawah. Kram perut karena hamil biasanya juga akan diikuti dengan telat haid atau perdarahan implantasi.

3. Sembelit

Selain perut kembung, contoh sakit perut tanda hamil yang umum terjadi adalah sembelit. Keluhan ini akan membuat ibu hamil merasa tidak nyaman karena kesulitan untuk buang air besar (BAB).

Sama seperti perut kembung, sembelit juga terjadi karena kadar hormon progesteron yang meningkat. Peningkatan hormon tersebut membuat otot di saluran cerna lebih relaks dan kerjanya melambat. Akibatnya, sisa makanan di saluran cerna menumpuk dan mengeras, sehingga lebih sulit untuk dikeluarkan.

4. Heartburn

Meski lebih sering terjadi saat trimester 2, heartburn juga bisa terjadi pada awal kehamilan. Keluhan ini bisa membuat perut ibu hamil terasa penuh, serta menimbulkan rasa perih di dada. Umumnya, heartburn saat hamil terjadi karena peningkatan jumlah hormon kehamilan.

Walau normal terjadi, perubahan hormon ini bisa membuat otot kerongkongan jadi lebih lemah, sehingga makanan yang seharusnya turun ke lambung untuk dicerna jadi mudah naik kembali bersama asam lambung. Inilah yang menimbulkan rasa penuh pada perut, serta rasa panas dan penuh di dada.

Selain berbagai keluhan sakit perut di atas, kehamilan juga ditandai dengan beberapa keluhan lainnya. Berbagai keluhan yang bisa kamu rasakan sebagai tanda hamil adalah telat haid, payudara nyeri dan bengkak, morning sickness, serta sering buang air kecil.

Jadi, apabila kamu mengalami contoh sakit perut tanda hamil, terlebih disertai dengan tanda kehamilan lainnya, cobalah untuk melakukan tes kehamilan dengan testpack, ya. Kalau hasilnya negatif, kamu bisa mengulanginya setelah 1 minggu. Namun, apabila hasilnya positif, segera periksakan ke dokter untuk memastikan kehamilanmu.

Sumber:

Cleveland Clinic (2024). Diseases & Conditions. Heartburn During Pregnancy.

Cleveland Clinic (2021). Diseases & Conditions. Pregnancy Constipation

Levine, H. Baby Center (2021). Bloating and Gas During Pregnancy.

Holland, K. Healthline (2023). 15 Early Signs and Symptoms of Pregnancy.

Stoppler, M. MedicineNet (2024). PMS vs. Pregnancy: Differences and Similarities.

Mutchler, C. Verywell Health (2023). How Period vs. Early Pregnancy Cramps Feel.

Rope, K. Parents (2024). What Causes Stomach Pain During Pregnancy?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *