9 Jus Penurun Darah Tinggi Saat Hamil yang Mudah Dibuat di Rumah

jus penurun darah tinggi, diary bunda

Ada beragam jus penurun darah tinggi saat hamil yang bisa Bunda minum, lho. Dengan minum jus ini, Bunda bisa mengontrol tekanan darah selama hamil agar tetap normal, sekaligus menjaga kesehatan jantung. Penasaran kan apa saja jusnya?

Saat mengandung, tekanan darah tinggi (hipertensi) tak jarang dialami ibu hamil, Bun. Kondisi ini bisa saja sudah ada sebelum hamil, tetapi ibu hamil tidak menyadarinya, atau baru terjadi saat sedang hamil. Hipertensi saat hamil perlu dikontrol dengan baik sehingga kondisi berbahaya, seperti preeklampsia, bisa dicegah.

Umumnya, dokter akan memberikan obat untuk mengontrol tekanan darah. Namun, Bunda juga bisa minum berbagai macam jus untuk membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Yuk, ketahui beragam jus tersebut!

Beragam Jus Penurun Darah Tinggi Saat Hamil

Jus penurun darah tinggi saat hamil umumnya terbuat dari buah atau sayuran yang kaya nutrisi, seperti kalium, magnesium, kalsium, protein, dan serat. Hal ini karena asupan nutrisi tersebut dapat membantu menurunkan tekanan darah. 

Nah, inilah beberapa jus yang terbuat dari buah dan sayuran dengan nutrisi tersebut:

1. Jus jeruk

Meski terkadang rasanya asam, jus jeruk bisa menjadi salah satu jus penurun darah tinggi lho, Bun. Ini karena dalam satu gelas jus jeruk, terkandung berbagai macam nutrisi, seperti protein, serat, serta vitamin C. 

Kandungan nutrisi dalam jus jeruk tersebut bisa menurunkan tekanan darah dalam tubuh saat hamil. Dengan begitu, apabila Bunda mengalami hipertensi, tekanan darah bisa menurun dan hipertensi dapat terkontrol dengan baik.

2. Jus bayam

Bayam merupakan sayuran yang mengandung banyak kalium, Bun. Kalium sendiri bermanfaat untuk membuat pembuluh darah lebih lentur dan menstabilkan detak jantung sehingga bisa menurunkan tekanan darah tinggi.

Selain bisa dijadikan sebagai lauk yang sehat, bayam juga bisa diolah menjadi jus, lho. Caranya adalah dengan mengukus atau merebus daunnya terlebih dahulu, lalu diolah menjadi jus. Agar rasanya tidak hambar, Bunda bisa menambahkan yoghurt, susu, madu, atau lemon sebagai penambah rasa.

Nah, dengan mengonsumsi bayam yang diolah menjadi jus, Bunda bisa menambah asupan kalium saat hamil, sehingga tekanan darah yang tadinya tinggi bisa menurun. 

3. Jus pisang

Jus pisang juga termasuk dalam jus penurun darah tinggi saat hamil, Bun. Ini karena pisang mengandung berbagai nutrisi yang bisa menurunkan tekanan darah, seperti kalium dan magnesium.

Dengan kedua kandungannya tersebut, jus pisang tidak hanya bisa menurunkan darah tinggi, tetapi juga bisa menjaga kesehatan jantung, sehingga risiko terjadinya penyakit jantung bisa menurun. 

4. Jus kiwi

Jus ini juga termasuk salah satu jus yang sangat sehat bagi kandungan dan janin. Nah, salah satu manfaat jus kiwi adalah untuk menurunkan darah tinggi. Soalnya, dalam satu gelas jus kiwi, terdapat berbagai nutrisi, seperti kalium, magnesium, dan vitamin C, yang bisa mengontrol tekanan darah.

Selain itu, jus kiwi juga mengandung tinggi serat, Bun. Kandungan serat ini mampu menurunkan kadar kolesterol jahat yang bisa mengakibatkan pembuluh darah jantung menyempit (aterosklerosis). Dengan begitu, ibu hamil bisa terhindar dari penyakit tersebut.

5. Jus semangka

Pernah coba jus semangka gak, Bun? Jus ini memiliki warna yang menarik dan rasa yang manis. 

Di samping rasanya yang menyegarkan, jus semangka juga menyimpan banyak manfaat lho, salah satunya untuk menurunkan tekanan darah tinggi saat hamil. Ini karena jus semangka mengandung banyak antioksidan dan mineral yang bisa melancarkan aliran darah sehingga tekanan darah menurun.

Selain bisa menurunkan tekanan darah, jus semangka juga bagus untuk mencegah dan mengatasi dehidrasi saat hamil. Soalnya, buah semangka kaya akan kandungan air.

6. Jus tomat

Satu gelas jus tomat diyakini bisa memberikan banyak manfaat lho, Bun, termasuk untuk menurunkan darah tinggi saat hamil. Alasannya, dalam satu gelas tersebut, jus tomat mengandung kalium, magnesium, kalsium, dan likopen.

Dengan kandungan nutrisi tersebut, khususnya likopen, jus tomat bisa bermanfaat bagi kehamilan, terutama dalam menurunkan darah tinggi. Apabila tekanan darah terkontrol dengan baik, risiko terjadinya penyakit jantung pun bisa dihindari.

7. Jus stroberi

Meski bentuknya kecil, stroberi juga mengandung banyak nutrisi, lho, Bun. Dalam 100 gram stroberi, terdapat 153 mg kalium. Perlu diketahui, kalium sendiri bisa meredakan ketegangan pada pembuluh darah sehingga tekanan darah bisa turun.

Stroberi juga mengandung nutrisi lainnya, seperti flavonoid, yang juga bisa menurunkan darah tinggi. Bahkan, jus stroberi juga mengandung asam folat yang bisa mengoptimalkan pertumbuhan dan perkembangan janin. 

8. Jus buah bit

Bit tergolong dalam umbi-umbian, seperti singkong dan ubi. Karena warnanya merah keunguan, jangan heran kalau bit sering dianggap sebagai buah dan disajikan dalam bentuk jus.

Dalam satu gelas jus buah bit atau setara dengan 250 ml terkandung berbagai nutrisi yang baik untuk kesehatan, termasuk kalium. Inilah mengapa jus buah bit bisa dijadikan sebagai jus penurun darah tinggi saat hamil.

Selain kalium, jus buah bit juga mengandung nitrat yang dapat diubah menjadi nitrit oksida dalam tubuh. Nitrit oksida ini bisa melebarkan pembuluh darah sehingga aliran darah menjadi lebih lancar. Karena aliran darah lancar, tekanan darah pun menurun.

9. Jus brokoli

Jus brokoli memang banyak manfaatnya, Bun. Soalnya, jus ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh, salah satunya untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Nutrisi dalam jus brokoli yang bisa menurunkan tekanan darah tinggi adalah kalium dan flavonoid.

Selain kedua kandungan tersebut, jus brokoli juga mengandung nutrisi lainnya, seperti kalsium dan asam folat, yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang janin.

Berbagai jus penurun darah tinggi saat hamil bisa Bunda konsumsi selang-seling, ya, agar tidak bosan. Misalnya, hari ini Bunda minum jus jeruk, besoknya minum jus wortel. Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan buah atau sayur yang dijadikan jus sudah dicuci hingga bersih.

Meski memang bernutrisi, jus buah atau sayur sebaiknya tidak dikonsumsi terlalu banyak ya, Bun, yakni cukup 2 gelas per hari. Soalnya, terlalu banyak minum jus buah atau sayur bisa membuat Bunda mengalami perut kembung serta menjadi lebih mual. 

Selain itu, karena buah atau sayuran juga sudah mengandung gula alami, sebaiknya jus tidak perlu ditambahkan gula lagi, ya, Bun. Soalnya, jika terlalu banyak mengonsumsi gula, kadar gula darah dalam tubuh bisa meningkat.

Apabila Bunda ingin tahu rekomendasi buah lainnya yang cocok dijadikan jus penurun darah tinggi saat hamil, jangan sungkan untuk bertanya kepada dokter, ya.

Sumber:

Cleveland Clinic (2024). Can Certain Drinks Lower Your Blood Pressure?

Mayo Clinic (2022). High Blood Pressure and Pregnancy: Know the Facts.

Cunha, J.P. (2024). What Are the Top Drinks for Lowering Blood Pressure?

Bjarnadottir, A. Healthline (2024). Broccoli 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Jennings, K. Healthline (2024). The Top Health Benefits of Watermelon.

Vandergriendt, C. Healthline (2024). What Drinks Can Help Lower Blood Pressure Quickly?

Ajmera, R. Healthline (2023). The 10 Best Foods to Boost Nitric Oxide Levels.

Kubala, J. Healthline (2023). 4 Health Benefits of Kiwi.

McCulloch, M. Healthline (2023). Is Orange Juice Good or Bad for You?

Jasni, F. Health X Change Singapore. 6 Good Reasons to Eat a Banana Today.

Kumar, K. MedicineNet (2022). Is Drinking Tomato Juice Good for You?

Mutchler, C. Verywell Health (2023). Strawberries Are Incredibly Good for You: Here’s Why.

Zelman, K.M. WebMD (2023). The Truth About Beet Juice.

Booth, S. WebMD (2022). The Health Benefits of Watermelon.

Sachdev, P. WebMD (2022). Health Benefits of Kiwi.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *