Demacolin untuk Ibu Hamil, Amankah Dikonsumsi?

Demacolin untuk ibu hamil yang flu, batuk, atau pilek, dianggap sebagai pilihan yang aman. Namun, obat ini tidak boleh digunakan sembarangan, Bun. Lantas, sebenarnya boleh nggak sih konsumsi obat ini selama hamil?

Paling kesel kalau tubuh sudah terserang flu ya, Bun? Mengalami flu saat hamil bisa membuat Bunda merasa tidak nyaman, sulit tidur, bahkan kehilangan nafsu makan. Meski sering dianggap penyakit ringan, flu saat hamil sebaiknya tidak dibiarkan ya, Bun, soalnya kesehatan janin juga bakal ikut terganggu.

Untuk meredakan keluhan flu saat hamil, Bunda bisa memilih obat flu dengan kandungan yang aman bagi ibu hamil maupun janin. Namun, ibu hamil kan harus hati-hati kalau minum obat. Nah, bagaimana dengan Demacolin untuk ibu hamil?

Kandungan Demacolin untuk Ibu Hamil 

Ingat ya, Bun, sewaktu memilih obat untuk meringankan gejala flu, Bunda memang harus memperhatikan kandungan di dalamnya. Pasalnya, ada beberapa obat flu yang bisa membahayakan janin dan kandungan lho, Bun. Makanya, Bunda harus hati-hati dalam memilih obat flu untuk ibu hamil, ya. 

Nah, salah satu obat flu yang bisa digunakan saat hamil adalah Demacolin. Soalnya, obat ini mengandung tiga bahan aktif yang mampu meredakan gejala flu yang mengganggu selama kehamilan. 

Berikut adalah kegunaan dari tiga bahan aktif yang ada dalam Demacolin: 

1. Paracetamol

Paracetamol memiliki efek antinyeri dan pereda demam. Obat ini umumnya aman dikonsumsi oleh ibu hamil di trimester berapa pun asalkan sesuai dosis dan anjuran dokter.

2. Pseudoephedrine

Pseudoephedrine dalam Demacolin untuk ibu hamil bekerja sebagai dekongestan. Nah, kandungan ini dapat mengurangi pembengkakan pembuluh darah di rongga hidung.

Dengan begitu, ibu hamil yang mengalami hidung tersumbat bisa bernapas lebih lega.  Meski begitu, kandungan obat ini umumnya tidak dianjurkan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil pada trimester pertama.

3. Chlorpheniramine

Kandungan terakhir yang ada di dalam Demacolin untuk ibu hamil adalah chlorpheniramine. Chlorpheniramine merupakan antihistamin atau antialergi yang bisa membantu meringankan gejala flu akibat alergi, seperti hidung tersumbat, pilek, bersin, batuk, dan rasa gatal di hidung, mata, atau tenggorokan.

Amankah Demacolin untuk Ibu Hamil? 

Seperti yang telah disebutkan, sebelum mengonsumsi obat-obatan saat hamil, Bunda perlu memilih obat yang bahannya aman untuk janin dan kandungan, ya. Dengan begitu, janin di dalam kandungan bisa terhindar dari risiko efek samping.

Nah, apakah Demacolin untuk ibu hamil aman untuk dikonsumsi? Jawabannya adalah obat ini masih tergolong aman digunakan kok, tetapi hanya untuk kasus tertentu ya, Bun.

Meski obat ini dianggap aman untuk dikonsumsi saat hamil, Bunda tetap perlu berkonsultasi lebih dahulu dengan dokter saat hendak mengonsumsi Demacolin, ya. Hal ini penting agar dokter bisa menentukan mengenai perlu atau tidaknya konsumsi obat ini serta dosis obat yang sesuai dengan kondisi kesehatan Bunda. 

Perlu diketahui juga nih, Bun, jika usia kandungan masih berada pada trimester pertama, dokter biasanya akan menyarankan ibu hamil untuk menghindari minum obat apa pun, termasuk yang mengandung pseudoephedrine.

Soalnya, pada kehamilan trimester ke-1, penggunaan obat-obatan bisa lebih berisiko menimbulkan efek samping terhadap kandungan dan janin. Oleh karena itu, jangan lupa untuk selalu berkonsultasi dengan dokter kandungan ya, Bun. 

Nah, sebelum memutuskan untuk mengonsumsi obat, Bunda sebenarnya bisa melakukan beberapa cara sederhana untuk meringankan keluhan flu selama hamil, antara lain: 

  • Istirahat yang cukup, yakni dengan tidur selama 7–9 jam setiap hari. 
  • Memperbanyak minum air putih agar tubuh tetap terhidrasi.
  • Mandi dengan air hangat. 
  • Jaga kebersihan udara dengan menggunakan pembersih udara (air purifier) dan jauhi asap rokok.
  • Berkumur dengan air garam hangat guna meringankan batuk dan sakit tenggorokan.
  • Rajin mencuci tangan dan hindari menyentuh mata, hidung, atau mulut saat tangan tidak bersih.
  • Konsumsi makanan hangat, seperti bubur atau sup ayam.
  • Mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C dan zinc, seperti jeruk, kiwi, nanas,  brokoli, bayam, daging merah tanpa lemak, dada ayam, dan telur.

Selain itu, untuk mencukupi asupan nutrisi selama hamil, jangan lupa juga untuk rutin minum vitamin prenatal, ya. 

Penggunaan Demacolin untuk ibu hamil dan berbagai langkah di atas bisa membantu mengatasi flu saat hamil dan mempercepat pemulihannya. Namun, jika gejala flu masih dialami terus-menerus meski telah mengonsumsi Domacolin untuk ibu hamil, sebaiknya segera periksakan diri ke dokter ya, Bun.

Sumber:

Ohashi, N. & Kohno, T. (2020). Analgesic Effect of Acetaminophen: A Review of Known and Novel Mechanisms of Action. Frontiers in Pharmacology. 11:580289.

American Pregnancy Association (2024). Flu During Pregnancy.

Cleveland Clinic (2022). Diseases & Conditions. Flu While Pregnant.

Baby Center (2022). Getting the Flu During Pregnancy.

Drugs (2023). Pseudoephedrine.

The Bump (2023). How to Handle the Flu While Pregnant.

What to Expect (2022). Flu While Pregnant: How to Stay Safe.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *