Janin 12 Minggu, Begini Perkembangannya

janin 12 minggu, diary bunda

Ada berbagai perkembangan pada janin 12 minggu yang patut Bunda ketahui, lho. Pada minggu ini, ukuran tubuh Si Kecil mulai membesar. Selain itu, organ-organ tubuhnya pun sudah mulai terbentuk dengan sempurna. Banyak sekali kan perkembangannya? Yuk, simak artikel ini untuk tahu perkembangan lainnya.

Usia janin 12 minggu sama dengan akhir trimester pertama, Bun. Selain perkembangan Si Kecil yang makin pesat pada masa ini, Bunda juga sudah melewati masa-masa rentan mengalami keguguran. Jadi, selamat ya, Bunda! Sekarang, saatnya Bunda fokus untuk mengoptimalkan tumbuh kembang Si Kecil.

Berbagai Perkembangan Janin 12 Minggu

Saat mencapai usia kandungan 12 minggu, berat badan janin Si Kecil sudah mencapai kurang lebih 60 gram, lho, Bun. Sementara itu, panjang janin sudah bertambah sampai sekitar 5,5–6 cm. Pada masa ini, tubuh janin sudah terlihat seperti buah jeruk nipis berukuran besar.

Selain berat dan panjangnya yang selalu bertambah, Si Kecil juga mengalami perkembangan lainnya, Bun. Ini berbagai perkembangannya:

1. Lekukan wajah sudah terlihat

Pada minggu-minggu sebelumnya, bentuk wajah Si Kecil memang sudah mulai terbentuk, Bun. Namun, lekukannya belum terbentuk sempurna. 

Nah, pada minggu ini, lekukan pada wajah Si Kecil, seperti lekukan di hidung dan dagunya, sudah terbentuk dan terlihat. Dengan begitu, Bunda bisa melihat dan membedakan setiap bagian wajah Si Kecil melalui USG.

2. Kuku kaki dan tangan telah tumbuh

Selain lekukan wajahnya yang sudah terlihat, kuku kaki dan tangan Si Kecil juga telah tumbuh di masing-masing jarinya lho, Bun. Meski begitu, kuku yang tumbuh ini ukurannya masih sangat kecil, Bun. Kuku Si Kecil akan tumbuh secara bertahap sampai bentuknya sempurna.

3. Organ dalam tubuh sudah terbentuk

Pada minggu ini, organ dalam tubuh, seperti usus, hati, ginjal, sudah terbentuk sempurna, Bun. Organ-organ dalam ini akan berkembang dan mulai berfungsi sebagaimana mestinya seiring bertambahnya usia kandungan.

4. Sistem reproduksi telah terbentuk

Pada minggu-minggu sebelumnya, organ reproduksi luar, yaitu vagina dan penis, sudah mulai terbentuk. Nah, pada minggu ini, organ tersebut sudah makin berkembang dan terbentuk dengan lebih baik.

Meski begitu, jenis kelamin Si Kecil masih belum bisa terlihat melalui USG ya, Bun. Jadi, Bunda harus sabar menunggu sampai masa itu tiba. Biasanya, Bunda bisa mengetahui jenis kelamin Si Kecil saat usia kehamilan telah mencapai 18–22 minggu.

Tips Menjaga Kesehatan Janin 12 Minggu

Sekarang sudah tahu kan, Bun, bagaimana perkembangan janin 12 minggu? Nah, agar perkembangan Si Kecil selalu optimal setiap minggunya, Bunda perlu melakukan beberapa tips ini:

  • Perbanyak minum air putih, minimal 8 gelas atau setara 1,5 liter per hari, agar tidak dehidrasi.
  • Konsumsi makanan sehat yang bergizi lengkap, seperti telur, ikan, daging, kacang-kacangan, sayuran, dan buah-buahan.
  • Tidur yang cukup, setidaknya 7–9 jam setiap malam.
  • Lakukan olahraga ringan, misalnya berjalan santai, secara rutin.
  • Konsumsi suplemen kehamilan, terutama yang mengandung zat besi dan asam folat.
  • Hindari merokok atau minum alkohol selama hamil.
  • Batasi konsumsi kafein maksimal 200 mg atau setara 2 cangkir kopi hitam.

Selain melakukan beberapa tips di atas, Bunda juga perlu melakukan kontrol rutin selama mengandung, ya. Umumnya, kontrol rutin akan dilakukan setiap 1 bulan sekali di trimester pertama. Dengan melakukan kontrol rutin, gangguan pada kehamilan bisa terdeteksi lebih awal, Bun. Jadi, dokter juga bisa segera menanganinya.

Meski pada usia kehamilan 12 minggu risiko keguguran sudah menurun, Bunda tetap perlu mewaspadai setiap tanda keguguran yang bisa saja terjadi, ya. Jadi, apabila Bunda mengalami perdarahan pada vagina, kram perut yang parah, badan lemas, serta keluarnya gumpalan darah atau jaringan dari vagina, segera periksa ke dokter.

Sumber:

National Health Services UK (2021). Pregnancy. You and Your Baby at 12 Weeks Pregnant.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Pregnancy at Week 12.

Cleveland Clinic (2024). Health Library. Fetal Development.

Cleveland Clinic (2022). Health Library. First Trimester.

Gates, M. Baby Center (2022). 12 Weeks Pregnant.

Marcin, A. Healthline (2020). How Soon Can You Find Out the Sex of Your Baby?

Raising Children Network Australia (2023). 12 Weeks Pregnant.

The Bump (2024). Pregnancy Week by Week.

Johnson, T. WebMD (2022). Your Pregnancy Week by Week: Weeks 9-12.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *