6 Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil yang Aman dan Ampuh

obat batuk herbal untuk ibu hamil, diary bunda

Obat batuk herbal untuk ibu hamil mengandung bahan-bahan alami yang bisa meredakan batuk saat mengandung. Obat batuk ini sering kali menjadi pilihan karena dianggap lebih aman. Meski begitu, ibu hamil tetap harus memilih obat batuk herbal yang aman agar tidak menimbulkan berbagai efek samping, terutama pada janin dan kandungan. 

Selama mengandung, ibu hamil bisa saja batuk karena daya tahan tubuh yang menurun. Batuk saat hamil memang bisa hilang dengan sendirinya, tetapi keluhan ini sering kali membuat kurang nyaman dan bahkan mengganggu aktivitas sehari-hari. 

Nah, minum obat batuk bisa menjadi solusi awal untuk meringankannya, Bun. Namun, perlu diingat, ibu hamil tidak boleh sembarangan mengonsumsi obat. Jadi, ada baiknya Bunda mengetahui apa saja pilihan obat batuk herbal yang aman untuk ibu hamil.

Berbagai Pilihan Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil

Obat batuk herbal untuk ibu hamil biasanya mengandung berbagai bahan-bahan alami, seperti madu, jahe, dan thyme. Apabila dikonsumsi dengan dosis yang sesuai, obat batuk herbal ini bisa meringankan keluhan batuk saat hamil.

Adapun berbagai pilihan obat batuk herbal untuk ibu hamil yang bisa Bunda konsumsi adalah sebagai berikut:

1. Madu Super TJ

Madu Super TJ bisa menjadi salah satu obat batuk herbal untuk ibu hamil, lho. Ini karena Madu Super TJ mengandung royal jelly dan bee pollen yang bisa meredakan batuk dan meringankan peradangan di tenggorokan. Tidak hanya itu, kandungan tersebut juga bisa meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga ibu hamil tidak mudah sakit lagi.

Nah, untuk meredakan batuk, Madu Super TJ bisa dikonsumsi sebanyak 1–2 sendok makan, Bun. Namun, Bunda hanya bisa mengonsumsinya 3 kali sehari ya, sebab ada kandungan gula yang harus dibatasi konsumsinya. Bunda bisa mengonsumsi madu secara langsung atau dicampurkan ke dalam teh atau air hangat.

2. Herbakof Sirup

Herbakof Sirup merupakan obat batuk herbal untuk ibu hamil dalam bentuk sirup, Bun. Obat ini mengandung berbagai bahan alami, seperti jahe, daun saga, daun legundi, dan buah mahkota dewa yang bisa meredakan batuk serta melegakan pernapasan. 

Kandungan daun legundi dan jahe di dalam Herbakof Sirup mampu meredakan radang di tenggorokan yang memicu keluhan batuk. Bahan-bahan di dalam obat batuk herbal untuk ibu hamil ini juga bisa membantu menjaga daya tahan tubuh.

Untuk mendapatkan berbagai manfaat tersebut, Bunda bisa minum Herbakof Sirup sebanyak 1 sendok takar (15 ml) dalam satu kali minum, 3 kali sehari.

3. Madu Uray Honey & Ginger

Madu Uray Honey & Ginger merupakan madu murni yang dikombinasikan dengan jahe. Kombinasi bahan tersebut tidak hanya membuat rasanya lebih segar, tetapi juga bisa menjadi obat batuk herbal untuk ibu hamil. Alasannya, madu dan jahe mampu mengurangi frekuensi batuk serta membantu melegakan tenggorokan.

Madu Uray Honey & Ginger dikemas dalam bentuk stick. Jadi, obat batuk herbal untuk ibu hamil ini sangat mudah untuk dibawa kemana pun. Bunda bisa mengonsumsinya sebanyak 1–2 stick setiap harinya.

4. Silex

Apabila Bunda mengalami batuk berdahak, Silex bisa menjadi pilihan terbaik untuk meringankan keluhan tersebut. Soalnya, Silex mengandung berbagai bahan alami, seperti ekstrak thyme, ekstrak althaea, dan minyak adas manis, yang bisa mengencerkan dahak serta mengurangi rasa nyeri dan gatal pada tenggorokan.

Obat batuk herbal untuk ibu hamil ini berbentuk sirup ya, Bun. Jadi, Bunda bisa meminumnya sebanyak 1 sendok takar (15 ml) dalam sekali minum, 3–4 kali sehari. Namun, agar lebih aman, ada baiknya Bunda berkonsultasi dahulu ke dokter sebelum minum obat ini, ya.

5. OB Herbal

OB Herbal Sirup bisa dijadikan sebagai obat batuk herbal untuk ibu hamil nih, Bun. Soalnya, kandungan utama obat ini adalah jahe yang dipercaya mampu mengatasi batuk dan meredakan rasa sakit di tenggorokan. Selain itu, ekstrak jahe juga bisa meringankan peradangan, sehingga membuat batuk lebih cepat sembuh.

Untuk meredakan batuk, Bunda bisa minum OB Herbal Sirup sebanyak 1 sendok takar (15 ml) dalam sekali minum, 3 kali sehari. Meski aman-aman saja, Bunda tetap harus berkonsultasi ke dokter, ya.

6. Obat Batuk Cap Ibu dan Anak

Obat Batuk Cap Ibu dan Anak merupakan obat batuk herbal untuk ibu hamil yang tak jarang digunakan untuk meredakan batuk berdahak. Obat ini mengandung berbagai bahan alami, seperti Bulbus fritillariae cirrhosae dan Eriobotryae, yang bisa membantu meringankan batuk, meredakan radang tenggorokan, serta menjaga daya tahan tubuh.

Untuk dosisnya, Bunda bisa minum obat ini sebanyak 1 sendok takar (15 ml), 3 kali sehari. Sebelum minum obat ini, sebaiknya konsultasikan kepada dokter dulu ya, Bun, agar lebih aman.

Itulah berbagai pilihan obat batuk herbal untuk ibu hamil. Perlu diketahui, tidak semua obat herbal aman untuk dikonsumsi ibu hamil ya, Bun. Soalnya, obat herbal bisa saja masih mengandung kombinasi bahan yang membahayakan janin dan kandungan. Bunda perlu berkonsultasi dengan dokter untuk memastikan keamanan obat tersebut.

Selain dengan minum obat batuk herbal untuk ibu hamil, Bunda juga dianjurkan melakukan beberapa hal untuk mempercepat proses penyembuhan, yaitu:

  • Perbanyak minum air putih.
  • Istirahat yang cukup.
  • Konsumsi makanan sehat dan bergizi lengkap, seperti sayuran dan buah.
  • Hindari polusi udara, seperti debu, asap kendaraan, atau asap rokok. 

Apabila batuk tidak kunjung reda meski sudah minum obat herbal untuk ibu hamil, Bunda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter, ya. Dengan begitu, Bunda akan tahu penyebab batuk yang Bunda alami, serta dokter pun akan memberikan penanganan sesuai dengan kondisi Bunda.

Sumber:

Sarecka-Hujar, B., & Szulc-Musioł, B. (2022). Herbal Medicines-Are They Effective and Safe during Pregnancy? Pharmaceutics, 14(1), pp. 171.

National Health Services (2022). Pregnancy. Medicines in pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Healthy Pregnancy. Cough and Cold During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Healthy Pregnancy. Herbs and Pregnancy.

MIMS Indonesia. Silex.

Brouhard, R. Verywell Health (2023). How Honey May Help Your Cough.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *