Hasil USG 6 Minggu Janin Belum Terlihat, Ini Alasannya

Hasil USG 6 minggu janin belum terlihat? Nggak perlu sedih dan khawatir dulu ya, Bun. Bukan berarti janin yang tidak terlihat di USG selalu menandakan ada masalah pada kehamilan. Supaya Bunda tidak bingung, yuk simak apa yang menyebabkan janin belum terlihat saat pemeriksaan USG.

Setelah mengetahui adanya kehamilan melalui hasil test pack yang positif, Bunda bisa memeriksakan kehamilan ke dokter dan untuk memastikan kehamilan. Biasanya, dokter akan melakukan USG untuk memastikan keberadaan janin.

Namun, saat pemeriksaan berlangsung, kenapa tidak terlihat adanya janin di dalam rahim Bunda ya? Padahal, usia kehamilan juga sudah memasuki minggu ke-6. Lantas, apa yang menyebabkan hasil USG 6 minggu janin belum terlihat?

Penyebab Hasil USG 6 Minggu Janin Belum Terlihat

Menjalani pemeriksaan USG di minggu ke-6 mungkin bikin perasaan Bunda campur aduk, ya. Bunda bisa saja senang tapi juga sedikit gugup, apalagi karena ini adalah momen pertama kalinya bisa melihat Si Kecil di dalam rahim. 

Dengan USG, dokter bisa memeriksa perkembangan jantung janin, menghitung usia kandungan dan HPL, melihat letak janin, ukuran janin, kantung kuning telur dan plasenta, hingga mengetahui apakah ada tanda-tanda kelainan pada janin. Namun, bagaimana kalau hasil USG 6 minggu janin belum terlihat ya? Nah, tidak perlu berkecil hati dulu, Bun. 

Perlu Bunda ketahui bahwa terkadang USG memang belum bisa mendeteksi janin di usia 6 minggu karena beberapa alasan berikut ini:

1. Usia janin masih terlalu dini

Hasil USG 6 minggu janin belum terlihat bukan berarti kehamilan Bunda bermasalah, ya. Faktanya, USG yang dilakukan melalui perut memang masih sulit mendeteksi detak jantung janin sebelum usia kandungan mencapai minggu ke-7.

Ini karena janin yang berusia 6 minggu masih sangat muda dan kecil, bahkan panjang tubuhnya hanya sekitar 6 mm atau sebesar kacang polong. Biasanya, dokter akan menjadwalkan pemeriksaan USG ulang 1–2 minggu kemudian. 

Namun, jika kini Bunda sangat ingin mengetahui kondisi janin di usia 6 minggu, dokter bisa melakukan pemeriksaan USG transvaginal atau USG melalui vagina guna mendeteksi detak jantung janin dan memastikan kehamilan.

2. Janin gagal berkembang

Selain karena ukuran janin yang masih kecil dan usianya terlalu dini, mungkin saja ada kondisi lain yang menyebabkan hasil USG 6 minggu janin belum terlihat, seperti kehamilan ektopik atau keguguran. Kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya gangguan selama proses pembuahan sehingga janin tidak bisa terbentuk.

Fakta Tentang Janin 6 Minggu

Secara umum, di kehamilan 6 minggu ini sangat wajar ya jika Bunda hanya melihat kantung kehamilan yang berbentuk lingkaran lonjong berwarna hitam selama pemeriksaan USG. 

Meski demikian, sebetulnya janin di usia 6 minggu mulai berkembang cukup pesat lho, Bun. Walau belum terbentuk dan berfungsi sepenuhnya, jantung janin di usia kandungan ini sudah bisa dideteksi melalui USG transvaginal.

Selain jantung, beberapa organ dan anggota tubuh lainnya, seperti hati, otak, tulang belakang, telinga, lengan serta kaki janin 6 minggu juga mulai berkembang, Bun. Hanya saja, ukurannya masih sangat kecil seperti tunas dan janin terlihat mirip kecebong. 

Nantinya, ia akan terus bertumbuh hingga USG bisa mendeteksi bentuknya di minggu ke-11. Nah, pada usia inilah Bunda dan Ayah bisa melihat gambaran Si Kecil dengan lebih jelas.

Nah, itu dia penjelasan mengapa hasil USG 6 minggu janin belum terlihat. Memang, menunggu hingga tes lanjutan bisa saja membuat Bunda cemas. Namun, cobalah untuk tetap semangat dan berpikir positif ya, Bun. Bisa saja, ada kabar baik yang menanti Bunda di pemeriksaan berikutnya.

Sembari menunggu, Bunda bisa mulai mengonsumsi vitamin prenatal, makan makanan bernutrisi, dan menerapkan gaya hidup sehat ya. Apabila Bunda masih memiliki pertanyaan seputar USG dan perkembangan janin di kehamilan 6 minggu, jangan ragu untuk tanyakan ke dokter.

Sumber:

HSE Ireland (2024). If Your Pregnancy Doesn’t Show on An Ultrasound Scan.

National Health Service UK. Week 6.

National Health Service UK (2021). You and Your Baby at 6 Weeks Pregnant.

Cleveland Clinic (2022). Ultrasound in Pregnancy.

Gates, M. Baby Center (2022). 6 Weeks Pregnant.

Baby Center. When The Ultrasound Shows No Baby.

Frothingham, S. Healthline (2022). Your 6-Week Ultrasound: What to Expect.

O’Brien, T. Parents (2024). Why Pregnancy Ultrasounds Are Done, Week by Week.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *