Yuk, Kenali Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah!

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah sudah dapat terlihat sejak awal kehamilan lho, Bun. Ini karena kehamilan terkadang bisa menyebabkan beberapa perubahan pada kulit, mulai dari munculnya flek atau bintik-bintik hitam di kulit wajah, wajah lebih berminyak,  hingga wajah yang tampak lebih bercahaya (pregnancy glow)

Saat hamil, kok jadi banyak jerawat, ya? Flek hitam juga tiba-tiba muncul? Tenang, Bun! Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah memang termasuk munculnya jerawat dan flek hitam, kok. 

Pada awal kehamilan, ibu hamil akan mengalami beberapa perubahan fisik, termasuk pada kulit dan raut wajahnya. Hal ini memang normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan, ya. Perubahan pada raut wajah selama kehamilan ini bisa disebabkan oleh meningkatnya kadar hormon dan volume darah di dalam tubuh

Inilah Ciri-ciri Orang Hamil dari Raut Wajah

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah bisa berbeda pada setiap orang. Berikut ini adalah perubahan yang biasanya terjadi pada wajah orang hamil: 

1. Berjerawat

Wajah yang berjerawat merupakan salah satu ciri-ciri orang hamil dari raut wajah yang mudah dilihat. Kondisi ini disebabkan oleh produksi minyak (sebum) berlebih ditambah penumpukan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Akibatnya, kulit jadi tampak lebih berminyak, meradang, dan mudah timbul jerawat. 

Meski begitu Bunda tidak perlu panik karena hal ini tidak selalu dialami setiap ibu hamil, kok. Selain itu, jerawat yang muncul saat hamil biasanya akan membaik dan hilang pada trimester akhir atau setelah melahirkan, Bun. 

2. Muncul bercak hitam di wajah (melasma)

Selain jerawat, munculnya bercak hitam di wajah (melasma) juga bisa menjadi ciri-ciri orang hamil dari raut wajah. Perubahan ini biasanya ditandai dengan munculnya bercak-bercak berwarna kecokelatan di beberapa area wajah, seperti dahi, hidung, dagu, pipi, serta di sekitar mata dan bibir. 

Kondisi yang disebut melasma ini terjadi akibat perubahan hormon saat kehamilan yang memicu tubuh untuk memproduksi lebih banyak melanin, yakni zat pemberi warna alami kulit, mata, dan rambut. 

Nah, kadar melanin yang tinggi ini dapat membuat kulit wajah menjadi lebih gelap, Bun. Kondisi ini biasanya terjadi pada trimester kedua atau ketiga kehamilan dan akan memudar setelah melahirkan. 

3. Pregnancy glow

Bunda, tidak semua perubahan raut wajah saat hamil akan mengganggu penampilan, kok. Buktinya, beberapa ibu hamil justru memiliki kulit wajah yang tampak lebih berkilau, bercahaya, cerah, dan merah merona. Nah, kondisi ini dikenal dengan sebutan pregnancy glow.

Penyebab terjadinya pregnancy glow belum diketahui secara pasti, Bun. Namun, ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa kondisi ini disebabkan oleh peningkatan kadar hormon yang membuat kelenjar kulit memproduksi lebih banyak minyak atau sebum. Nah, hal ini menyebabkan wajah terlihat lebih mengilap dan bersinar.

Selain itu, aliran darah yang meningkat hingga 45–50% juga bisa membuat wajah ibu hamil tampak lebih cerah dan merah merona. Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah ini biasanya terjadi pada trimester kedua kehamilan. 

4. Tahi lalat bertambah banyak

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah selanjutnya adalah tahi lalat di kulit wajah bertambah banyak. Munculnya tahi lalat selama hamil disebabkan oleh peningkatan kadar hormon selama masa kehamilan yang membuat kulit lebih banyak memproduksi melanin. Akibatnya, timbul bintik kecil berwarna cokelat atau kehitaman (tahi lalat) di kulit wajah.

Selain memicu munculnya tahi lalat baru, perubahan hormon dan peregangan kulit juga dapat membuat tahi lalat yang sudah ada sebelumnya tampak lebih gelap dan lebih besar lho, Bun. 

5. Mata terlihat sembap

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah juga bisa dilihat dari bagian mata lho, Bun. Selama masa kehamilan, jumlah cairan dan darah di dalam tubuh akan meningkat dan terjadi penumpukan di jaringan ikat sekitar mata. Nah, akibatnya, mata ibu hamil akan terlihat sembap seperti habis menangis. 

6. Wajah terlihat bengkak

Tak hanya kaki, wajah juga bisa mengalami pembengkakan selama hamil lho, Bun. Ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuh yang menyebabkan volume cairan dan darah di dalam tubuh meningkat. Akibatnya, cairan ini akan berkumpul pada beberapa bagian tubuh, termasuk wajah.

Meski demikian, Bunda perlu waspada jika pembengkakan terjadi di kaki dan wajah, apalagi jika disertai gejala lain, seperti sering pusing dan sakit kepala, pandangan kabur, tekanan darah tinggi, dan buang air kecil berbusa, ya. 

Hal ini kemungkinan menandakan gejala preeklampsia. Jadi, sebaiknya periksakan diri ke dokter jika mengalaminya, ya.

7. Pembuluh darah di wajah melebar (spider vein)

Ciri-ciri orang hamil dari raut wajah lainnya adalah munculnya pembuluh darah yang melebar di area wajah atau spider vein. Kondisi ini dipicu oleh perubahan hormon dan volume darah di dalam tubuh saat hamil sehingga membuat pembuluh darah melebar. Nah, pelebaran pembuluh darah ini bisa terjadi di wajah dan pipi. 

Spider vein biasanya terlihat seperti jaring laba-laba atau garis garis kecil berwarna kemerahan di kulit. Perlu diketahui, kondisi ini tidak berbahaya dan biasanya akan menghilang sendiri setelah Bunda melahirkan. 

Berbagai ciri-ciri orang hamil dari raut wajah di atas sering kali menurunkan kepercayaan diri ya, Bun. Namun, Bunda tidak perlu khawatir karena kondisi kulit wajah biasanya akan kembali normal setelah melahirkan, kok. 

Nah, agar kulit wajah tetap sehat selama hamil, Bunda disarankan untuk menggunakan produk skincare dengan kandungan yang aman untuk ibu hamil dan berlabel noncomedogenic, memakai tabir surya atau sunscreen, serta menghindari prosedur perawatan wajah tertentu, seperti mikrodermabrasi, laser, dan chemical peeling

Untuk mengatasi jerawat saat hamil, Bunda bisa menggunakan krim oles dengan kandungan azelaic acid, glycolic acid, atau sulfur. Namun, sebelum melakukan perawatan wajah di atas, sebaiknya konsultasi dengan dokter terlebih dahulu ya, Bun.

Sumber: 

Victoria State Government Australia (2022). Better Health Channel. Australia Pregnancy – preeclampsia.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Changes to Your Skin During Pregnancy. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Skin Changes During Pregnancy – Melanocytic Naevi.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Skin Changes During Pregnancy – Melasma (Chloasma).

The Johns Hopkins Medicine (2024). Health. Pregnancy and Skin Changes. 

The American College of Obstetricians and Gynecologists (2024). For Patient. Skin Conditions During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Pregnancy Glow.

American Pregnancy Association (2024). Skin Changes During Pregnancy.

Baby Center (2024). Safe Skin Care During Pregnancy. 

MedicineNet (2024). Can You Tell If a Woman Is Pregnant by Her Eyes? 7 Changes.

Parents (2022). Swelling During Pregnancy? What’s Normal and What’s Not.

The Bump (2024). What’s the Deal With So-Called ‘Pregnancy Glow?’

Verywell Health (2023). Seeing Stars and More Ways Pregnancy Affects Your Vision.

What to Expect (2022). Dry Skin During Pregnancy.

What to Expect (2021). Pregnancy Acne. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *