Ini lho Ciri Payudara Tanda Hamil

Ciri payudara tanda hamil yang paling sering dirasakan adalah munculnya rasa nyeri pada payudara. Keluhan ini umumnya mulai muncul saat kandungan berusia 4–6 minggu. Meski tidak nyaman, keluhan ini normal terjadi, kok. Nah, kira-kira apa saja ciri payudara tanda hamil, ya? 

Kehamilan dapat menyebabkan banyak perubahan pada tubuh. Salah satunya adalah perubahan pada payudara. Kondisi ini disebabkan oleh adanya peningkatan kadar hormon kehamilan, seperti estrogen, progesteron, dan prolaktin. 

Naiknya kadar hormon kehamilan ini membuat aliran darah di payudara meningkat sehingga menimbulkan perubahan pada jaringan payudara. Hal inilah yang menyebabkan ciri payudara tanda hamil muncul. 

Inilah Berbagai Ciri Payudara Tanda Hamil 

Sekilas, ciri payudara tanda hamil mirip dengan gejala menstruasi. Berikut adalah perubahan payudara yang muncul pada awal kehamilan: 

1. Payudara lebih sensitif dan nyeri

Salah satu ciri payudara tanda hamil adalah munculnya rasa nyeri atau sakit di payudara. Kondisi ini cukup umum terjadi pada trimester pertama kehamilan. Makanya, kamu tidak perlu cemas dan khawatir, ya.

Kondisi ini terjadi akibat adanya perubahan hormon yang membuat aliran darah pada payudara meningkat sehingga payudara terasa nyeri, bengkak, dan lebih sensitif ketika disentuh. Rasa nyeri pada payudara ini umumnya akan dirasakan oleh ibu hamil sejak 1–2 minggu setelah terjadinya pembuahan, lho. 

2. Ukuran payudara membesar

Tidak hanya itu, pada minggu 6–8 minggu pertama kehamilan, payudara ibu hamil juga akan terlihat membesar. Ini karena jumlah kelenjar susu bertambah dan lapisan lemak di payudara menjadi lebih tebal.

3. Perubahan pada kulit payudara

Ketika hamil, payudara yang membesar biasanya juga disertai stretch mark dan terasa gatal. Warna puting dan area di sekitar puting (areola) juga ikut berubah menjadi lebih gelap dan melebar, lho. 

Selain itu, Bunda juga akan menemukan munculnya benjolan-benjolan kecil di sekitar puting. Nah, ini merupakan kelenjar penghasil minyak yang disebut tuberkel Montgomery, Bun.

Ciri payudara tanda hamil memang sering membuat tidak nyaman, ya. Namun, tidak perlu khawatir, karena kondisi ini akan menghilang setelah trimester pertama atau saat memasuki trimester kedua. 

Nah, untuk mengatasi perubahan payudara saat hamil ini, Bunda bisa melakukan beberapa cara berikut ini: 

  • Menggunakan bra yang tepat sesuai dengan ukuran payudara Bunda, berbahan katun, serta tanpa kawat.
  • Mengoleskan losion, krim, atau petrolleum jelly untuk meredakan payudara gatal dan melembapkan kulit di sekitar payudara
  • Memakai pakaian yang longgar
  • Mengompres dingin bagian payudara yang terasa nyeri atau sakit 
  • Mandi atau berendam air hangat

Perlu diingat juga nih, setiap ibu hamil mengalami ciri payudara tanda hamil yang berbeda-beda. Bahkan, ada ibu hamil yang tidak merasakan perubahan di payudaranya, lho. Jadi, Bunda tidak perlu panik dan khawatir, karena hal ini yang normal terjadi, kok. 

Namun, apabila berbagai ciri payudara tanda hamil ini justru menimbulkan keluhan yang mengganggu, sebaiknya konsultasikan kepada dokter ya, Bun. 

Sumber: 

American Pregnancy Association (2024). Breast Changes During Pregnancy.

Baby Center (2024). Breast Changes During Pregnancy.

Baby Center (2023). Pregnancy Symptoms: 10 Early Signs of Pregnancy.

Flo Health (2023). Very Early Signs of Pregnancy: Are You Expecting a Baby?

Healthline (2023). Do Sore Boobs Mean I’m Pregnant? Plus, Why This Happens.

Parents (2024). 16 Very Early Signs of Pregnancy.

The Bump (2023). 8 Ways Breasts Change During Pregnancy.

The Bump (2023). Why You’re Experiencing Breast Tenderness in Pregnancy.

Verywell Family (2022). How Your Breasts Change During Pregnancy.

WebMD (2023). First Trimester of Pregnancy.

What To Expect (2024). Pregnancy Symptoms: 14 Early Signs of Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *