5 Susu UHT untuk Anak 1 Tahun yang Bagus dan Aman

susu uht untuk anak 1 tahun, diary bunda

Pemberian susu UHT untuk anak 1 tahun sering dipertimbangkan oleh para ibu untuk melengkapi kebutuhan gizi anak. Namun, tidak semua susu UHT cocok diminum oleh anak lho, Bun. Hal ini karena beberapa susu UHT mengandung gula tinggi sehingga Bunda perlu lebih jeli memilihnya.

Susu UHT adalah susu yang diproses dengan suhu tinggi, yaitu antara 130°C–140°C. Melalui proses tersebut, kuman-kuman yang ada di dalam susu akan mati dan susu pun menjadi lebih tahan lama. Yang lebih bagusnya lagi, nutrisi dan rasa susu tidak berubah meski sudah diproses dalam suhu tinggi.

Kelebihan susu UHT tersebut bisa jadi pertimbangan Bunda untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi Si Kecil. Meski begitu, memilih susu UHT untuk anak 1 tahun tidak boleh sembarangan, Bun.

Rekomendasi Susu UHT untuk Anak 1 Tahun

Susu UHT untuk anak 1 tahun perlu mengandung berbagai nutrisi, seperti protein, kalsium, dan lemak. Ini karena nutrisi tersebut sangat diperlukan untuk tumbuh kembang anak dan mencegah stunting

Selain itu, perhatikan komposisi utama dari susu UHT, ya. Pilihlah yang komposisi utamanya adalah susu segar atau paling tidak 90% susu segar. Jadi, kalau komposisi susu segarnya hanya sedikit, apalagi jika kandungan utamanya air serta tinggi gula, Bunda sebaiknya tidak memilih susu tersebut.

Nah, berikut adalah rekomendasi susu UHT untuk anak 1 tahun sesuai kriteria di atas:

1. Ultra Mimi Full Cream

Ultra Mimi Full Cream merupakan susu UHT yang terbuat dari 90% susu sapi segar, lho. Inilah yang membuat Ultra Mimi Full Cream aman dijadikan sebagai susu UHT untuk anak 1 tahun, Bun.

Selain terbuat dari susu sapi segar, Ultra Mimi Full Cream juga mengandung berbagai nutrisi penting, seperti kalsium, protein, vitamin K, dan zat besi. Dengan berbagai nutrisi tersebut, susu ini bisa menjaga kesehatan tulang, menambah massa otot, serta meningkatkan fungsi otak. 

Ultra Mimi Full Cream tersedia dalam ukuran 125 ml. Dengan kemasannya yang mini, susu ini mudah untuk dibawa ke mana-mana. Sebelum diminum Si Kecil, Ultra Mimi Full Cream perlu dikocok terlebih dahulu, ya. Bunda juga harus memastikan susu ini langsung diminum Si Kecil setelah kemasannya dibuka agar tetap segar dan tidak basi.

2. Ultra Milk Full Cream

Ultra Milk Full Cream bisa dikonsumsi sebagai susu UHT untuk anak 1 tahun, lho, Bun. Alasannya, susu ini terbuat dari 100% susu sapi segar dan mengandung berbagai nutrisi yang bisa mengoptimalkan tumbuh kembang anak, seperti protein, karbohidrat, vitamin, dan mineral.

Ultra Milk Full Cream tersedia dalam berbagai varian ukuran nih, Bun, mulai dari 125 ml, 200 ml, 250 ml, hingga 1 liter. Karena varian ukurannya beragam, Bunda jadi bisa memilih ukuran mana pun, sesuai dengan kebutuhan Si Kecil.

3. Greenfields Full Cream UHT Milk

Greenfields merupakan salah satu susu UHT untuk 1 tahun yang bisa dikonsumsi Si Kecil juga, nih, Bun. Soalnya, selain terbuat dari 100% susu sapi segar, susu ini juga mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin, mineral, protein, dan lemak yang dapat menunjang tumbuh kembang Si Kecil.

Selain kaya akan nutrisi, Greenfields juga memiliki varian ukuran yang beragam, Bun. Ukurannya tersedia mulai dari yang kecil, yaitu 125 ml, hingga yang besar, yaitu 1 liter. Jadi, Bunda bisa memilih sesuai dengan kebutuhan Si Kecil, ya.

4. Diamond Susu UHT Full Cream

Apabila Bunda mencari susu UHT anak 1 tahun yang mengandung vitamin lengkap, seperti vitamin A, C, D, dan E, Diamond Susu UHT Full Cream bisa menjadi pilihan, nih. Selain mengandung vitamin lengkap, susu ini juga terbuat dari 99,9% susu sapi segar, sehingga aman untuk dikonsumsi Si Kecil.

Diamond Susu UHT Full Cream juga sudah dikemas dengan tetra pack sehingga tidak perlu dimasukkan ke kulkas selama kemasannya belum dibuka. Susu ini juga tersedia dalam berbagai ukuran, mulai dari 125 ml, 200 ml, hingga 1 liter.

5. Frisian Flag UHT Full Cream

Frisian Flag UHT Full Cream terbuat dari susu sapi segar dengan kualitas terbaik, lho, Bun. Susu ini mengandung nutrisi utama yang dibutuhkan anak, yakni protein, karbohidrat, dan lemak. 

Frisian Flag UHT Full Cream juga dilengkapi dengan vitamin dan mineral yang baik untuk tumbuh kembang anak, seperti vitamin A, vitamin B, vitamin D, vitamin E, kalsium, fosfor, dan yodium. Rasanya yang gurih dan lezat pasti disukai Si Kecil dan tidak membuatnya enek. 

Nah, itulah berbagai rekomendasi susu UHT untuk anak 1 tahun, Bun. Susu UHT memang sehat dan bermanfaat bagi anak 1 tahun, tapi jangan biarkan Si Kecil minum susu UHT terlalu sering atau kebanyakan, apalagi kalau sampai ia tidak mau makan. Ingat, peran susu adalah pelengkap dan bukan pengganti makanan utama ya, Bun. 

Anak umur 1 tahun bisa diberikan susu sapi atau susu UHT sebanyak sekitar 400–450 ml per harinya. Bila Bunda memberikan dalam gelas bertakaran 200 ml, Bunda bisa memberikan 1 gelas susu UHT pada pagi hari di waktu sarapan dan malam hari sebelum tidur.

Selain itu, perhatikan juga penyimpanannya. Jika belum dibuka, susu UHT tidak perlu disimpan di kulkas dan dapat dikonsumsi selama belum melewati tanggal kedaluwarsa. Namun, jika sudah dibuka dan tidak langsung dihabiskan, susu harus disimpan di kulkas ya, Bun. 

Nah, Kalau Si Kecil susah makan, atau Bunda merasa dia sudah cukup makan dan minum susu tapi berat badannya sulit naik, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya. 

Sumber:

Schwartz, C. I. U.S. National Library of Medicine MedlinePlus (2023). Cow’s milk and children.

National Health Services UK (2023). Weaning and Feeding. What to Feed Young Children.

Lake, K. Baby Center (2022). When Can Babies Drink Milk?

HealthHub Singapore (2022). Early Nutrition: How to Introduce Full Cream Milk to Your Toddler.

Newell, T. WebMD (2024). Health Benefits of Milk.

Brennan, D. WebMD (2023). What to Know About Cow’s Milk for Babies.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *