Jenis Pisang yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil, Catat Ya Bun!

Jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil harus diperhatikan ya supaya tidak berdampak pada kesehatan Bunda dan kandungan. Ini karena ada jenis pisang yang bisa saja menyebabkan ibu hamil jadi sembelit. Lantas, jenis pisang seperti apa ya yang baiknya Bunda hindari selama kehamilan?

Pisang banyak disukai ibu hamil karena rasanya yang manis dan aromanya yang menggugah selera. Selain itu, pisang juga mengandung tinggi kalium, vitamin B6, hingga vitamin C, yang baik untuk mendukung kesehatan tubuh ibu hamil dan janinnya selama masa kehamilan. 

Meski demikian, Bunda perlu perhatikan beberapa hal dulu dan jangan sampai salah pilih jenis pisang, ya. Soalnya, ada jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil.

Jenis Pisang yang Tidak Boleh Dimakan Ibu Hamil

Pisang mengandung kalium, vitamin B6, vitamin C, serat, karbohidrat, dan antioksidan. Tak heran jika pisang sangat bermanfaat bagi ibu hamil dan janin. Namun, sebelum mengonsumsinya, Bunda tetap harus memilih jenis pisang yang tepat, ya. 

Lantas, jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil seperti apa, ya? Berikut jawaban dan penjelasannya:

1. Pisang hijau

Bunda mungkin sering menjumpai pisang berwarna hijau di pasar. Nah, pisang hijau ini biasanya dipanen sebelum matang di pohonnya. Hal ini memang sudah umum dilakukan agar kondisi pisang tidak terlalu matang dan lembek saat dijual di pasaran. 

Boleh saja kok Bunda membeli pisang yang masih hijau, tetapi sebaiknya jangan langsung dikonsumsi, ya. Soalnya, pisang yang masih mentah ini mengandung karbohidrat yang sulit dicerna usus, serta tinggi kandungan lateks yang bisa memicu alergi. 

Kedua kandungan di pisang mentah tersebut mungkin saja menyebabkan ibu hamil kembung dan berisiko memperparah mual muntah (morning sickness). Belum lagi, pisang mentah biasanya memiliki rasa yang tidak enak atau sepat di lidah dan teksturnya masih keras, sehingga kurang nikmat dimakan. 

2. Pisang yang dikarbit

Tahukah Bunda, pisang mentah yang sudah dipanen terkadang ada yang diolah lagi dengan cara dikarbit. Metode ini umumnya menggunakan zat kimia atau gas etilen supaya buah jadi lebih cepat matang. 

Nah, pisang yang matang melalui proses karbit ini merupakan jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil, ya. Ini karena buah dan makanan apa pun yang sudah terkontaminasi bahan kimia memang tidak baik buat ibu hamil.

Ciri-ciri pisang karbit sendiri bisa dilihat dari warna kulitnya yang tidak rata dan seragam, terdapat bercak kuning atau hijau, tekstur buahnya yang masih keras, dan rasanya kurang manis.

Sementara itu, pisang yang matang alami biasanya mudah dikupas, berwarna kuning dan terdapat beberapa bintik cokelat, serta tekstur buahnya terasa lembut dan lunak. Apabila Bunda ingin membeli pisang di pasar atau toko buah, sebaiknya pilihlah pisang organik atau yang matang alami. 

Tips Aman Makan Pisang Saat Hamil

Cara paling aman mengonsumsi pisang saat hamil ialah dengan membeli pisang setengah matang, kemudian simpan dan diamkan di suhu ruang selama beberapa hari. Jika sudah tidak ingin dimakan, Bunda bisa menutup pisang dengan tudung saji atau menaruhnya di kulkas supaya pisang tidak dihinggapi lalat buah.

Jika pisang sudah kematangan atau mulai rusak, yang ditandai dengan warna kulit dan daging buah yang menghitam, berbau tak sedap, dan berlendir, sebaiknya jangan dikonsumsi, ya.

Nah, agar manfaat pisang diperoleh dengan maksimal, Bunda cukup makan 2–3 buah per porsi dan sebanyak 3 porsi setiap minggunya. Terlalu banyak makan pisang bisa saja meningkatkan kadar gula darah di dalam tubuh karena pisang yang matang mengandung gula alami dan karbohidrat yang cukup tinggi. 

Oleh karena itu, konsumsi pisang juga perlu dibatasi dan sewajarnya saja ya, Bun, terutama jika menderita diabetes gestasional. Selain itu, jangan lupa untuk mengimbangi konsumsi pisang dengan makanan bernutrisi lainnya.

Itulah penjelasan tentang jenis pisang yang tidak boleh dimakan ibu hamil. Secara umum, Bunda masih boleh kok makan pisang jenis apa pun, asalkan memang sudah matang secara alami dan bersih.

Sumber:

Victoria State Government Australia (2022). Better Health Channel Australia. Latex Allergy. 

Dasher, E. Baby Center. Potassium During Pregnancy.

Burdeos, J. Health (2024). Health Benefits of Bananas.

McDermott, A. Healthline (2023). 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.

Palsdottir, H. Healthline (2023). Green Bananas Can Offer Health Benefits.

Danahy, A. Healthline (2019). 14 Unique Types of Bananas.

Rahdhakrishnan, R. Medicine Net (202). Are Bananas Bad for Kidneys?

Raymond, J. & Seed, S. WebMD (2023). The Health Benefits of Bananas.

WebMD (2022). What to Know About Resistant Starches.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *