8 Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Menyehatkan

manfaat bubur kacang hijau untuk ibu hamil

Manfaat bubur kacang hijau untuk ibu hamil sayang apabila dilewatkan, Bun. Soalnya, sajian dengan rasa manis dan bertekstur lembut ini mengandung beragam nutrisi yang tidak hanya bermanfaat untuk kesehatan ibu hamil, tetapi juga untuk perkembangan janin. Penasaran kan? Yuk, simak manfaat bubur kacang hijau dalam artikel ini.

Sajian yang sering disantap sebagai menu sarapan ini mengandung sumber gizi penting yang meliputi protein atau asam amino, karbohidrat, protein, serta aneka vitamin dan mineral. Inilah yang membuat kacang hijau sangat bagus untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Biasanya, sajian olahan ini dikonsumsi untuk menunda lapar karena cukup mengenyangkan. Bubur kacang hijau juga biasanya disajikan ketika masih hangat sehingga tubuh juga menjadi lebih hangat ketika memakannya.

Beragam Manfaat Bubur Kacang Hijau untuk Ibu Hamil

Dalam satu genggam kacang hijau atau setara dengan 100 gram, terdapat sekitar 106 kalori, Bun. Selain kalori, ada juga berbagai nutrisi lain yang berguna bagi kesehatan ibu hamil, misalnya protein, karbohidrat, vitamin dan mineral.

Nah, apabila kacang hijau diolah menjadi bubur, ada beberapa manfaat yang bisa Bunda dapatkan ketika mengonsumsinya. Inilah beberapa manfaatnya:

1. Menambah pasokan energi

Seperti jenis kacang-kacangan lainnya, kacang hijau juga bisa menambah pasokan energi dalam tubuh lho, Bun. Ini karena kacang hijau tinggi kalori serta mengandung karbohidrat dan protein yang tinggi. Oleh karena itu, apabila mengonsumsi bubur kacang hijau, tubuh Bunda bisa lebih berenergi dan tidak mudah lelah ketika beraktivitas.

2. Mencegah anemia

Anemia merupakan salah satu kondisi yang bisa terjadi pada ibu hamil. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil mudah lelah, lemas, dan sering sakit kepala, Bun. Umumnya, anemia pada ibu hamil terjadi karena kurangnya konsumsi makanan tinggi zat besi dan asam folat.

Jadi, untuk mencegahnya, Bunda perlu memenuhi kebutuhan zat besi dan asam folat selama hamil dengan mengonsumsi makanan bergizi, salah satunya bubur kacang hijau. Ini karena kacang hijau mengandung zat besi dan asam folat yang cukup tinggi, sehingga bisa mendukung produksi sel darah merah di tubuh dan mencegah anemia.

3. Meredakan mual dan muntah

Merasa lelah karena mual dan muntah saat hamil, Bun? Yuk, coba makan bubur kacang hijau. Bubur sehat ini mengandung karbohidrat yang tinggi serta vitamin B6 yang bisa mengurangi rasa mual dan muntah. 

Selain itu, bubur kacang hijau juga cocok dijadikan sumber protein, vitamin, dan mineral tambahan ketika tubuh sedang susah makan karena morning sickness.

4. Mengatasi sembelit

Sembelit merupakan salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Keluhan ini biasanya muncul karena kurangnya asupan serat harian dalam tubuh. Nah, apabila mengalami keluhan ini, Bunda bisa mulai untuk mengonsumsi makanan yang kandungan seratnya cukup tinggi, salah satunya bubur kacang hijau. 

Selain itu, bubur kacang hijau juga menjadi prebiotik, sehingga bisa mengoptimalkan kerja bakteri baik di usus (probiotik). Dengan begitu, pencernaan Bunda pun akan lebih lancar dan sehat serta terhindar dari sembelit, deh.

5. Menambah berat badan ibu hamil dan janin

Apabila Bunda perlu menaikkan berat badan ketika hamil, bubur kacang hijau juga bisa menjadi pilihan terbaik, lho. Soalnya, bubur kacang hijau mengandung karbohidrat serta lemak yang bisa membantu Bunda untuk menaikkan berat badan agar lebih ideal. 

Selain berat badan Bunda, berat badan janin pun bisa ikut meningkat, sehingga risiko terjadinya berat badan lahir rendah (BBLR) berkurang.

6. Menjaga kesehatan kulit

Ingin punya kulit yang mulus, cerah, dan glowing saat hamil, Bun? Coba penuhi asupan vitamin B, vitamin E, dan protein yang cukup selama hamil yuk, Bun. Ini karena ketiga nutrisi tersebut berperan penting untuk memelihara kesehatan kulit, mulai dari memperbaiki jaringan kulit yang rusak hingga memperkuat skin barrier

Nah, Bunda bisa mendapatkan asupan nutrisi tersebut dari makanan, salah satunya adalah bubur kacang hijau. Selain memang terkenal kaya akan protein, kacang hijau juga mengandung vitamin E dan vitamin B yang cukup tinggi. 

7. Mengontrol kadar gula darah

Selain bisa mencegah kerusakan sel, bubur kacang hijau juga bisa mengontrol kadar gula darah, lho. Ini karena kacang hijau mengandung karbohidrat kompleks, protein, dan serat yang bisa memperlambat pelepasan glukosa ke dalam aliran darah. Dengan begitu, kadar gula darah bisa terkontrol, serta ibu hamil pun bisa terhindar dari diabetes gestasional.

8. Menjaga tekanan darah tetap normal

Menjaga tekanan darah tetap normal sangat penting dilakukan selama hamil. Soalnya, tekanan darah yang tinggi saat hamil bisa membahayakan kesehatan ibu hamil maupun janin yang dikandungnya.

Selain membatasi asupan garam selama hamil, Bunda juga bisa mengonsumsi makanan tinggi kalium dan antioksidan untuk menjaga tekanan darah agar tetap normal. Salah satu makanan yang tinggi kalium dan antioksidan adalah bubur kacang hijau. 

Itulah berbagai manfaat bubur kacang hijau untuk ibu hamil ya, Bun. Nah, sebelum mengonsumsinya, Bunda harus pastikan bahwa bubur kacang hijau sudah matang dengan sempurna. Ini karena bakteri atau virus bisa saja masih menempel pada kacang hijau yang masih mentah.

Meski bubur kacang hijau aman untuk dikonsumsi, Bunda juga harus memperhatikan kandungan gula dalam sajian bubur kacang hijau, ya. Apabila terlalu banyak mengonsumsi gula saat hamil, Bunda bisa berisiko terkena diabetes gestasional.

Apabila Bunda memiliki pantangan makan, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter melalui chat online terlebih dahulu sebelum mengonsumsi bubur kacang hijau.

Sumber:

Hou, D., et al. (2019). Mung Bean (Vigna radiata L.): Bioactive Polyphenols, Polysaccharides, Peptides, and Health Benefits. Nutrients, 11(6), pp. 1238.

National Institutes of Health (2022). MedlinePlus. When You Need to Gain More Weight During Pregnancy.

Pregnancy, Birth & Baby Australia (2023). Constipation During Pregnancy.

Mayo Clinic (2022). Diseases & Conditions. Gestational Diabetes.

Mayo Clinic (2022). Diseases & Conditions. Morning Sickness.

Raman, R. Healthline (2023). 10 Impressive Health Benefits of Mung Beans.

Muinos, L. Verywell Fit (2024). Mung Beans: Nutrition Facts and Health Benefits.

Uscher, J. WebMD (2022). Anemia in Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *