Usia Kehamilan Berapa Minggu Perut Mulai Keras?

usia kehamilan berapa minggu perut mulai keras

Usia kehamilan berapa minggu perut mulai keras sering kali menjadi pertanyaan ibu hamil, nih. Hal ini kemungkinan karena perut ibu hamil memang bisa terasa keras, apalagi jika perutnya sudah mulai mengalami pembesaran. Jadi, kapan sih sebenarnya perut ibu hamil mulai keras?

Selama mengandung, ada berbagai perubahan tubuh yang bisa terjadi pada ibu hamil, termasuk ukuran rahim dan perut yang membesar. Hal ini terkadang bisa menyebabkan perut ibu hamil terasa keras. Kondisi ini umumnya normal terjadi.

Nah, karena perut keras saat hamil biasanya terjadi karena pembesaran rahim, apakah ibu hamil akan bisa merasakannya saat perut sudah mulai terlihat besar? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, yuk simak artikel ini, Bun.

Ketahui Usia Kehamilan Berapa Minggu Perut Mulai Keras

Perut mulai keras saat hamil sebenarnya bisa muncul berbeda-beda pada setiap ibu hamil. Namun, kondisi ini paling sering terjadi ketika usia kehamilan sudah memasuki trimester 2, yaitu saat usia kehamilan mencapai sekitar 13–28 minggu.

Mengapa demikian? Ukuran rahim pada trimester 2 yang makin besar membuat rahim menekan dinding perut sehingga perut terasa mulai keras. Selain itu, otot dan ligamen yang menyangga rahim juga ikut meregang. Akibatnya, ibu hamil tidak jarang juga mengalami kram perut, sehingga perut akan terasa lebih keras.

Selain itu, ibu hamil juga biasanya akan mulai mengalami kontraksi palsu di trimester 2. Hal ini merupakan persiapan tubuh Bunda untuk menghadapi persalinan ketika sudah mencapai hari perkiraan lahir (HPL).

Meski biasanya mulai terasa saat trimester 2, perut keras saat hamil juga bisa terasa saat masih trimester 1, lho. Namun, umumnya kondisi ini bukan terjadi karena pembesaran rahim, melainkan karena perubahan hormon yang membuat kerja saluran pencernaan melambat.

Perlu diketahui juga nih, Bun, tidak semua ibu hamil mengalami pembesaran rahim atau perut yang cukup terlihat. Ada ibu hamil yang perutnya lebih cepat terlihat besar, ada juga yang lebih lambat atau bahkan tidak kelihatan seperti sedang mengandung meski sudah memasuki trimester 2.

Perbedaan ini bisa disebabkan oleh berat badan, tinggi badan, serta ukuran otot tubuh yang berbeda pada setiap ibu hamil. Jadi, Bunda jangan dulu khawatir jika perut belum juga terlihat membesar atau malah lebih besar dari ibu hamil lainnya, ya.

Tips Mengatasi Perut Keras Saat Hamil

Perut keras saat hamil umumnya memang normal terjadi, Bun. Namun, jika dibiarkan, kondisi ini bisa sampai mengganggu waktu istirahat Bunda, lho. Oleh karena itu, Bunda perlu tahu, nih, beberapa tips sederhana untuk mengatasinya. Berikut ini adalah beberapa tipsnya:

  • Ubah posisi tubuh, misalnya dari berdiri menjadi duduk atau sebaliknya, untuk membuat otot-otot tubuh lebih relaks.
  • Hindari bangun dari duduk atau berbaring terlalu cepat.
  • Minum air putih yang cukup untuk mencegah dehidrasi.
  • Lakukan aktivitas fisik yang ringan, misalnya berjalan-jalan santai atau melakukan senam hamil.
  • Mandi dengan air hangat untuk membuat otot tubuh, termasuk otot rahim, lebih relaks.
  • Konsumsi makanan yang tinggi akan serat, misalnya pisang, apel, atau jeruk, untuk melancarkan saluran pencernaan.

Meski normal terjadi, perut keras saat hamil yang terjadi terus-menerus atau makin parah tetap perlu diperhatikan ya, Bun. Soalnya, bisa jadi keluhan ini menandakan adanya gangguan pada janin atau kandungan. 

Nah, untuk memastikan apakah keluhan perut terasa keras yang dirasakan normal atau tidak, Bunda bisa berkonsultasi melalui chat online bersama dokter. Dengan begitu, dokter bisa memastikan kondisi yang Bunda alami.

Sumber:

National Institutes of Health (2022). MedlinePlus. Aches and Pains During Pregnancy.

American Pregnancy Association (2024). Health Pregnancy. Stomach Pain in Pregnancy.

American Pregnancy Association. What Are Braxton Hicks Contractions?

Miles, K. Baby Center (2024). Why Your Pregnant Belly Feels Tight and Heavy.

Bellefonds, C. Baby Center (2021). Common Pregnancy Aches and Pains.

Miles, K. Baby Center. Cramping During Pregnancy. 

Rope, K. Parents (2024). What Causes Stomach Pain During Pregnancy?

Wolfe, D. The Bump (2023). What’s the Deal With Stomach Tightening During Pregnancy?

Johnson, T. WebMD (2023). Abdominal Pain and Pregnancy: What to Know.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *