Wajib Tahu, Ini Bahaya Pepaya Muda untuk Ibu Hamil

Bolehkah konsumsi pepaya muda untuk ibu hamil? Ternyata, pepaya muda sebaiknya dihindari dulu selama mengandung ya, Bun. Simak penjelasannya, di sini yuk!

Pepaya kaya akan vitamin C, vitamin A, magnesium, kalium, asam folat, dan serat. Selain itu, buah ini juga mengandung antioksidan, yaitu beta karoten dan likopen. Nah, nutrisi-nutrisi ini sangat baik dikonsumsi selama masa kehamilan, terutama bagi ibu hamil yang mengalami sembelit

Meski mengandung banyak nutrisi penting, sayangnya, pepaya muda tidak boleh dikonsumsi oleh ibu hamil. Pasalnya, buah ini dapat menimbulkan gangguan kehamilan yang berbahaya. Lho, kok bisa? Apa saja bahaya dari pepaya muda untuk ibu hamil, ya? 

Ini Bahaya Pepaya Muda untuk Ibu Hamil 

Pepaya muda memang lezat jika diolah menjadi tumisan atau sayur godog ya, Bun. Tidak hanya itu, buah bertekstur renyah ini juga sering dijadikan sebagai campuran rujak dan asinan. 

Sayangnya, ibu hamil tidak disarankan untuk mengonsumsi buah ini, baik dalam bentuk mentah maupun matang, ya. Ini karena pepaya muda memiliki kandungan getah atau lateks yang bisa memicu reaksi alergi, lho. Akibatnya, Bunda bisa merasakan gejala alergi, seperti gatal-gatal, sakit perut, dan diare

Selain itu, getah ini juga mengandung zat bernama papain. Menurut beberapa penelitian, zat papain dalam pepaya muda memiliki aktivitas yang mirip dengan hormon prostaglandin, sehingga dapat merangsang kontraksi rahim. Hal ini bisa meningkatkan risiko terjadinya keguguran atau persalinan prematur.

Nah, itulah alasan mengapa mengonsumsi pepaya muda untuk ibu hamil dilarang, Bun. Jadi, pastikan Bunda tidak memakannya selama hamil, ya. 

Namun, tidak perlu khawatir, Bunda tetap bisa makan pepaya, kok. Caranya adalah dengan memilih pepaya yang sudah benar-benar matang. Pepaya matang justru sangat bagus untuk ibu hamil dan janin, lho. 

Pilihlah pepaya yang memiliki kulit berwarna kuning keemasan dengan daging buah berwarna oranye cerah, rasa yang manis, dan bertekstur lembut saat dimakan, Bun. Selain itu, pastikan pula bahwa ibu hamil memilih pepaya yang tidak memiliki cacat dan bercak jamur pada bagian kulitnya. 

Sebelum memakannya, jangan lupa untuk mencuci buah ini terlebih dahulu ya, Bun. Makanlah pepaya secukupnya dan tidak berlebihan.

Nah, apabila Bunda masih memiliki pertanyaan seputar asupan nutrisi saat hamil atau ingin tahu lebih banyak tentang pepaya muda untuk ibu hamil, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter melalui chat online ya, Bun. 

Sumber: 

Baby Center India (2024). Is It Safe To Eat Papaya (Papita) During Pregnancy? 

Healthline (2024). Health Benefits of Papaya. 

Healthline (2024). 5 Ways to Use Papain.

Parents (2024). Can I Eat Papaya While Pregnant?

Verywell Health (2023). Fresh or Dried, 3 Papaya Benefits to Know.

WebMD (2024). Papaya – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *