Perlu Tahu, Inilah 7 Pantangan Ibu Melahirkan sebelum 40 Hari

Pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari sebaiknya diketahui oleh para ibu yang baru melahirkan. Dengan menghindarinya, proses pemulihan pascapersalinan bisa berlangsung lebih cepat dan Bunda juga bisa merawat Si Kecil sepenuh hati. Kira-kira, apa saja pantangannya, ya? Cek di artikel ini yuk, Bun!

Akhirnya, Si Kecil lahir juga ke dunia. Selamat ya, Bun! Perasaan penuh haru, bahagia, lega, dan mungkin sedikit stres dan cemas, wajar kok Bunda alami begitu Si Kecil lahir. 

Walau Bunda sudah berhasil melahirkan, perjuangan menjadi seorang ibu tidak selesai sampai di sini saja, lho. Soalnya, ada beberapa pantangan yang tidak boleh dilakukan oleh para ibu setelah melahirkan, terutama pada 40 hari awal pascapersalinan. 

Hal ini penting dilakukan agar Bunda bisa cepat pulih setelah melahirkan dan kembali beraktivitas normal. Dengan begitu, Bunda bisa fokus dalam mengurus dan menyusui Si Kecil. Oleh karena itu, yuk, hindari beberapa pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari, Bun!

Berbagai Pantangan Ibu Melahirkan sebelum 40 Hari yang Tidak Boleh Dilakukan 

Berikut ini adalah pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari yang sebaiknya dijauhi:

1. Melakukan olahraga yang berat

Memang, olahraga setelah melahirkan merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan tubuh dan mengembalikan bentuk dan berat badan. Namun, perlu diketahui nih, menjalani olahraga berat setelah melahirkan justru termasuk pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari, lho. 

Soalnya, menjalani olahraga atau aktivitas fisik yang terlalu berat bisa berisiko menimbulkan cedera dan mengganggu proses pemulihan, Bun. Makanya, Bunda tidak boleh melakukannya terlebih dahulu, ya.

Agar tetap fit, Bunda bisa memilih olahraga yang ringan, seperti berjalan kaki di sekitar rumah, stretching, atau senam Kegel. Olahraga ini bisa membantu melancarkan aliran darah, mengurangi stres, dan membuat tidur lebih nyenyak setelah melahirkan, lho. Agar lebih aman, sebaiknya lakukan olahraga ini setelah luka jahitan pascapersalinan sudah menutup, yaitu sekitar 1–2 minggu setelah melahirkan.

2. Melakukan diet ketat 

Tidak sedikit ibu yang baru melahirkan menginginkan berat dan bentuk badannya kembali normal seperti sebelum hamil. Saking ingin kurusnya, sebagian ibu baru mungkin sampai mencoba diet ketat. Padahal, diet setelah melahirkan merupakan salah satu pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari, lho.

Ini karena diet ketat dapat membuat tubuh kekurangan nutrisi penting sehingga proses pemulihan tubuh setelah melahirkan bisa terhambat. Selain itu, diet ketat pada juga dapat memengaruhi kualitas, bahkan jumlah ASI lho, Bun. 

3. Berhubungan intim

Hal yang menjadi pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari selanjutnya adalah berhubungan intim. Bunda tidak boleh melakukan hal ini karena robekan di area vagina dan darah nifas dapat menimbulkan rasa nyeri di area vagina dan meningkatkan risiko infeksi. 

Selain itu, tidak melakukan hubungan seksual setelah melahirkan juga bisa memberi waktu bagi tubuh untuk pulih dan mencegah terjadinya komplikasi setelah melahirkan. Nah, hubungan intim bisa Bunda lakukan 2–6 minggu setelah melahirkan atau sesuai saran dokter ya, Bun. 

Meski demikian, Bunda dan Ayah masih boleh melakukan hubungan seks dengan teknik lain, seperti seks oral dan petting, kok.

4. Bepergian jauh 

Bepergian jauh setelah melahirkan, terutama yang menggunakan pesawat, juga termasuk pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari, lho. Ini karena Bunda masih dalam proses pemulihan sehingga membutuhkan waktu istirahat yang cukup.

Selain itu, duduk terlalu lama selama perjalanan juga bisa berisiko menyebabkan terjadinya pembekuan darah setelah melahirkan, apalagi jika luka pasca operasi atau luka jahitan persalinan belum menutup sempurna. Oleh karena itu, ada baiknya untuk berkonsultasi ke dokter terlebih dahulu sebelum melakukan perjalanan jauh ya, Bun.  

Bunda juga tidak dianjurkan untuk pulang dengan menyetir kendaraan sendiri, apalagi sambil membawa dan menjaga Si Kecil serta perlengkapan bayi yang banyak. Jika memang tidak ada yang bisa mengantar atau menjemput, sebaiknya gunakan taksi atau taksi online ya, Bun. Hal ini dilakukan agar Bunda dan Si Kecil tetap nyaman selama di perjalanan. 

5. Memakai menstrual cup atau tampon 

Setelah melahirkan, Bunda membutuhkan waktu selama beberapa minggu agar luka jahitan bisa sembuh dan menutup, serta darah nifas bisa keluar dengan lancar. Oleh karena itu, hindari penggunaan menstrual cup atau tampon setelah melahirkan ya, Bun. 

Soalnya, dalam waktu beberapa hari setelah melahirkan, Bunda masih mengalami luka pada area rahim, atau mungkin juga terdapat robekan di dalam atau sekitar vagina. Penggunaan tampon atau menstrual cup sebelum luka tersebut sembuh bisa meningkatkan risiko terjadinya infeksi. 

Sebagai gantinya, Bunda bisa menggunakan pembalut selama masa nifas, ya. Agar lebih bersih dan aman, pembalut perlu diganti setiap 3–4 jam supaya vagina tetap kering dan bersih. 

6. Mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok

Mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok juga tidak boleh dilakukan ya, Bun. Tidak hanya mengganggu kesehatan, dua kebiasaan tersebut bisa menghambat masa pemulihan setelah melahirkan, meningkatkan risiko terjadinya asma dan sindrom kematian mendadak pada bayi (SIDS), dan menurunkan produksi ASI.

Oleh karena itu, mengonsumsi minuman beralkohol dan merokok menjadi pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari

7. Mengonsumsi makanan laut yang tinggi merkuri  

Meskipun termasuk salah satu makanan sehat, tidak semua jenis ikan bisa dimakan lho, Bun. Soalnya, ada sebagian jenis ikan dan makanan laut yang mengandung merkuri dalam kadar tinggi, sehingga dapat menghambat pemulihan setelah melahirkan, terutama jika Bunda melakukan operasi caesar.

Selain itu, kandungan merkuri dalam ikan atau makanan laut lainnya juga dapat terserap ke dalam ASI dan berisiko mengganggu tumbuh kembang bayi, Bun. Namun, tidak perlu khawatir, Bunda tetap bisa kok makan ikan. 

Pilihlah ikan atau makanan laut lainnya dengan kandungan merkuri yang lebih rendah, seperti ikan lele, mujair, kembung, belanak, teri, kakap, atau udang ya, Bun. 

Itulah berbagai pantangan ibu melahirkan sebelum 40 hari yang tidak boleh dilakukan ya, Bun. Apabila Bunda masih memiliki pertanyaan seputar kehidupan setelah melahirkan, jaga ragu untuk berkonsultasi dengan dokter melalui chat online

Sumber: 

Baby Center (2022). How to Lose Weight After Pregnancy the Healthy Way.

Baby Center (2022). When can I travel again after giving birth?

Healthline (2021). 9 Things Not to Do After Giving Birth.

Healthline (2020).  When Can You Drive After a C-Section?

Parents (2023). 20 Things to Know About Your Postpartum Body.

The Bump (2024). Postpartum Timeline: Here’s How Soon After Birth You Can Do Things.

The Bump (2023). Are There Foods to Avoid While Breastfeeding?

The Bump. How Soon Can I Travel After Birth?

WebMD (2023). New Mom’s Guide to Nutrition After Childbirth.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *