5 Rekomendasi Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Memilih obat nyamuk yang aman untuk bayi perlu dilakukan dengan hati-hati ya, Bun. Soalnya, ada banyak merek dan jenis obat nyamuk yang dijual di toko atau apotek, tetapi tidak semua kandungannya cocok untuk kulit bayi. Nah, agar tidak bingung, Diary Bunda akan merekomendasikan beberapa pilihan obat nyamuk yang aman untuk Si Kecil, nih! 

Memberi obat nyamuk ke bayi dapat mencegah dan melindunginya dari dampak bahaya gigitan nyamuk. Namun, memilih obat nyamuk untuk bayi tidak boleh sembarangan karena kulit bayi sangat sensitif, terlebih pada bayi yang baru lahir.

Khawatirnya, kandungan tertentu yang ada di obat nyamuk tidak baik untuk kulit anak. Oleh karena itu, Bunda perlu lebih cermat dalam memilih obat nyamuk yang aman untuk bayi. 

Daftar Obat Nyamuk yang Aman untuk Bayi

Gigitan nyamuk tidak boleh disepelekan ya, Bun. Soalnya, tidak hanya menyebabkan kulit Si Kecil jadi bentol dan gatal, gigitan nyamuk juga bisa jadi sumber penyakit, seperti demam berdarah dan malaria, yang bisa membahayakan kesehatannya. 

Salah satu langkah yang bisa Bunda lakukan untuk melindungi Si Kecil dari bahaya gigitan nyamuk ialah dengan menggunakan obat nyamuk. Namun, utamakan memilih obat nyamuk dengan kandungan yang aman dan terbuat dari bahan alami, ya.

Nah, berikut ini adalah beberapa merek obat nyamuk yang direkomendasikan dan aman untuk bayi:

1. Bambi Baby Anti Mosquito Lotion

Bambi Baby Anti Mosquito Lotion merupakan obat nyamuk yang aman untuk bayi karena produk ini mengandung minyak serai atau citronella oil dan juga ekstrak bunga chamomile

Nah, citronella oil sendiri merupakan bahan alami yang sudah terbukti ampuh mengusir nyamuk dan melindungi kulit dari gigitan serangga, lho. Obat nyamuk yang mengandung citronella oil ini bisa memberi perlindungan efektif selama 6–8 jam.

Untuk memperoleh manfaat ini, cukup oleskan Bambi Baby Anti Mosquito Lotion ke bagian kulit bayi yang tidak tertutupi pakaian. 

2. Zwitsal Baby Skin Protector Lotion

Obat nyamuk yang mengandung citronella oil lainnya juga bisa Bunda dapatkan dari Zwitsal Baby Skin Protector Lotion, lho. Tidak hanya itu, losion antinyamuk ini juga kaya akan ekstrak bunga chamomile yang dapat meredakan gatal dan iritasi pada kulit akibat gigitan nyamuk.

Karena bahannya sangat alami, produk ini pun aman untuk bayi yang baru lahir dan memiliki alergi ya, Bun. Cara pakainya juga mudah karena Bunda hanya perlu menuang sedikit losion ke telapak tangan, lalu oleskan merata pada kulit Si Kecil. Untuk hasil yang maksimal, oleskan ulang pada bayi setiap 4 jam sekali.

3. BUDS – Mozzie Clear Spray

Obat nyamuk yang aman untuk bayi juga hadir dalam bentuk spray. Nah, Bunda bisa mendapatkannya dari BUDS Everyday Mozzie Clear Spray. Obat yang tinggal disemprot ini mengandung minyak citronella yang terbukti ampuh mengusir nyamuk  secara efektif.

Tak hanya itu, obat nyamuk dari BUDS Everyday Mozzie Clear Spray juga mengandung aloe vera, shea butter, jojoba, dan minyak bunga matahari yang mampu memberikan kelembapan ekstra serta menenangkan kulit bayi.

Untuk menggunakan Mozzie Clear Spray, Bunda hanya perlu menyemprotkannya ke bagian kulit Si Kecil yang tidak tertutup pakaian. Produk ini bisa digunakan sebelum anak beraktivitas dan sebelum ia tidur. 

4. BABYMIZU – Bugs Away Mosquito Repellent Spray

Bunda juga bisa mempertimbangkan Bugs Away Mosquito Repellent Spray sebagai obat nyamuk spray lainnya. Dengan kandungan 100% bahan alami, seperti citronella oil, cajeput coconut oil, dan virgin coconut oil, obat nyamuk ini pun sangat aman di kulit Si Kecil. 

Cara pakainya juga sangat mudah lho, Bun. Pertama, semprotkan obat secukupnya pada telapak tangan Bunda. Setelah itu, oleskan secara merata ke kulit Si Kecil. Bunda bisa mengulangi pemakaiannya setiap 4–8 jam ya supaya obat bisa bekerja secara maksimal untuk mengusir nyamuk.

5. Cahaya Naturals – Mozzy Spray Natural Mosquito Repellent

Nah, jika Si Kecil memiliki kulit yang sensitif, produk satu ini bisa jadi pilihan tepat, Bun. Soalnya, Mozzy Spray Natural Mosquito Repellent dari Cahaya Naturals tidak mengandung paraben, alkohol, bahan kimia, dan pewarna sintetis.

Kelebihannya, obat nyamuk ini berbahan vegan dan mengandung minyak lavender, citronella oil, minyak daun eukaliptus, dan peppermint

Jadi, tak hanya mengusir nyamuk selama 6 jam, Mozzy Spray Natural Mosquito Repellent ini juga bisa memberi efek menenangkan di kulit Si Kecil.

Nah, itulah 5 pilihan obat nyamuk yang aman untuk bayi. Meski umumnya menggunakan bahan yang alami, pemakaian obat nyamuk spray dan losion sebaiknya tidak sampai terkena mulut, mata, dan kulit Si Kecil yang terluka ya, Bun.

Pastikan Bunda tidak memilih obat nyamuk yang mengandung DEET, picaridin, atau minyak lemon eukaliptus. Ketiga kandungan tersebut tidak aman digunakan pada anak-anak yang berusia di bawah 2 bulan. Ini karena konsentrasi kimianya cukup tinggi dan khawatir dapat mengiritasi kulit bayi.

Apabila Bunda mendapati adanya reaksi alergi dan iritasi setelah kulit Si Kecil diolesi atau disemproti obat nyamuk, konsultasikan pada dokter melalui chat online, ya.

Sumber:

Balk, S. J. Healthy Children (2024). How to Choose an Insect Repellent for Your Child.

Dix, M. Healthline (2022). The 11 Best Insect Repellents for Babies and How to Choose.

Cottrell, S. Parents (2023). How to Safely Use Bug Repellent on Your Baby.

WebMD. Citronella Oil – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *