Bayi 10 Bulan Bisa Apa Aja Ya, Bun? Yuk, Lihat di Sini!

Bayi 10 bulan bisa apa nih, Bun? Tentunya, pada usia ini sudah banyak lho perkembangan Si Kecil yang membuatnya makin aktif. Bahkan, ia bisa meniru suara dan mulai banyak mengoceh nih. Nah, kira-kira apa lagi ya perkembangan Si Kecil di usia 10 bulan?

Pada usia 10 bulan ini, tumbung kembang Si Kecil mengalami banyak kemajuan yang bisa Bunda dan Ayah lihat jika dibandingkan dengan bulan-bulan sebelumnya. 

Selain berat badan dan tingginya yang makin bertambah, kini Si Kecil juga sudah mulai mencoba untuk mengucapkan kata pertama. Wah, makin penasaran kan bayi 10 bulan bisa apa aja?

Bayi 10 Bulan Bisa Apa Aja Ya?

Perkembangan bayi selalu mengalami peningkatan setiap bulannya. Tentunya, hal ini membuat Bunda dan Ayah menantikan apa saja yang bisa dilakukan bayi selama proses tumbuh kembangnya.

Nah, Bunda dan Ayah tidak sabar kan melihat bayi 10 bulan bisa apa aja? Berikut ini perkembangan bayi 10 bulan yang makin menggemaskan:

1. Makin cerewet

Pada usia 10 bulan, bayi akan makin aktif mengekspresikan dirinya dan lebih banyak mencoba berbicara atau berceloteh. Bahkan, Bunda dan Ayah mungkin akan dibuat terkejut nih karena Si Kecil bisa mulai mengucapkan “papa” atau “mama”. 

Bunda juga akan mendengar Si Kecil mengucapkan beberapa potong kata sederhana untuk mengekspresikan perasaannya. Jangan khawatir jika keterampilan berbahasa Si Kecil tidak sama dengan anak yang lain ya, Bun. Soalnya, proses tumbuh kembang setiap anak bisa berbeda. 

2. Memahami kata sederhana

Bayi 10 bulan perlahan mulai mengenali dan memahami beberapa kata yang sering Bunda ucap dan sebutkan, lho. Misalnya, nama benda sehari-hari, seperti “mainan” atau “boneka”. 

Selain itu, bayi juga mempelajari intonasi Bunda ketika berbicara, sehingga bisa saja ia menyadari kalau nada yang lebih ditekan atau tajam, seperti saat mengatakan “tidak!” atau “jangan!” berarti larangan.

3. Mempelajari gerakan dan tindakan orang tua

Selain nada dan intonasi bicara, Si Kecil juga akan mempelajari gerakan dan bahasa tubuh orang tua atau keluarga. Misalnya, Bunda menggelengkan kepala sembari berkata “tidak”. Hal ini akan membuat Si Kecil mempelajari dan mengerti arti gerakan menggeleng. Ia juga mungkin akan memahami arti gerakan lainnya, seperti melambaikan tangan dan menunjuk. 

Nah, karena bayi belum bisa banyak mengeluarkan kata-kata, ia akan menggunakan bahasa tubuh yang sudah ia pelajari untuk berkomunikasi dengan Bunda dan Ayah.

4. Bisa berdiri sendiri

Otot kaki Si Kecil sudah makin kuat lho, Bun. Pada usia 10 bulan ini, ia sudah bisa mengangkat tubuhnya dari posisi duduk, lalu mencoba untuk berdiri sambil berpegangan pada benda yang ada di dekatnya. 

Ketika ia sudah bisa berdiri beberapa detik, bayi biasanya akan mencoba untuk melangkah sedikit-sedikit dengan tetap berpegangan. Pada momen ini, Bunda dan Ayah harus selalu menemani dan mengawasi Si Kecil ya supaya ia tidak terjatuh atau membentur perabot, seperti meja atau kursi.

5. Belajar makan dan minum sendiri

Bayi yang berusia 10 bulan biasanya memang mulai mandiri, Bun. Dari belajar berdiri sendiri, kini ia juga mulai mencoba makan dan minum sendiri. 

Ini karena kemampuan motorik anak sudah berkembang pesat sehingga ia sudah bisa memegang sendok dan memasukkan makanan ke mulutnya sendiri meski masih berantakan.

Biarkanlah Si Kecil belajar makan dan minum sendiri supaya kemampuan motoriknya makin terlatih. Bunda bisa tetap menemani Si Kecil sembari memperkenalkan aneka jenis makanan.

6. Meraih benda-benda kecil

Anak di usia ini juga sudah pandai mengambil benda-benda kecil di dekatnya, lho. Bayi juga belajar cara menyusun benda-benda kecil dan mengurutkan sesuai ukurannya masing-masing. 

Agar kemampuannya ini makin bertambah, bayi 10 bulan dianjurkan untuk bermain permainan menumpuk gelas atau menyusun balok untuk melatih kemampuan otot dan otaknya. 

Bayi berusia 10 bulan juga dapat memegang mainan dengan satu tangan sambil menggunakan tangan lainnya untuk melakukan tugas yang berbeda. Aktif dan sibuk sekali kan bayi yang berusia 10 bulan ini?

Nah, kini pertanyaan bayi 10 bulan bisa apa sudah terjawab ya, Bun? Perkembangan bayi di usia ini memang sangat pesat sehingga ia makin pintar dan semangat mempelajari hal-hal baru.

Agar keterampilan dan kemampuan Si Kecil makin terasah, Bunda bisa mendukungnya dengan terus mendampingi dan mengajaknya bermain bersama di dalam atau di luar rumah, mengajaknya ngobrol, serta membacakan buku.

Apabila Si Kecil belum memiliki kemampuan-kemampuan yang disebutkan di atas, Bunda tidak perlu khawatir, ya. Soalnya, perkembangan setiap anak itu berbeda-beda, Bun.

Meski begitu, Bunda tetap perlu waspada ya kalau Si kecil menunjukkan tanda-tanda berikut:  

  • Tidak aktif berceloteh atau mengucapkan beberapa kata
  • Tidak merespons ketika diapanggil atau diajak berbicara
  • Tidak bisa duduk dan berdiri sendiri
  • Tidak tertarik bermain atau meraih benda-benda kecil di sekitarnya
  • Tidak menoleh ke arah suara mainan atau bunyi di sekitarnya 

Jika kemampuan Si Kecil menurun atau ia menunjukkan tanda tersebut, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter lewat chat online, ya. Dengan begitu, Bunda bisa mendapatkan solusi yang tepat terkait tumbuh kembang anak.

Sumber:

National Institute on Deafness and Other Communication Disorders (2022). Speech and Language Developmental Milestones.

Pregnancy Birth & Baby Australia (2023). Your Baby’s Growth and Development — 10 Months Old.

Brusie, C. Baby Center (2024). Your 10-month-old baby’s growth and development.

Thomas, C. Baby Centre UK (2024). Developmental Milestones: Standing.

KidsHealth, Nemours. Your Baby’s Growth: 10 Months.

Raising Children Network Australia (2024). 9-10 Months: Baby Development.

Raising Children Network Australia (2024). 10-11 Months: Baby Development.

Gordon, S. Parents (2024). Your 10-Month-Old Baby’s Development and Milestones.

Millar, H. Parents (2023). A Month-By-Month Guide to Your Baby’s First Words.

Watson, S. WebMD (2023). Baby Development: Your 10-Month-Old.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *