Yuk, Lakukan 7 Gerakan agar Cepat Kontraksi!

Gerakan agar cepat kontraksi perlu diketahui oleh ibu hamil supaya bisa membantu melancarkan proses persalinan. Gerakan-gerakan ini bisa Bunda lakukan sendiri di rumah, lho. 

Salah satu tanda melahirkan yang paling sering dirasakan adalah kontraksi. Namun, sayangnya, sebagian ibu hamil ada yang tidak merasakan kontraksi saat mendekati hari perkiraan lahir (HPL), lho. Nah, hal ini tentu membuat ibu hamil merasa khawatir dan cemas. Padahal, ada lho gerakan sederhana yang bisa dilakukan untuk mempercepat kontraksi.

Berbagai Gerakan agar Cepat Kontraksi yang Bisa Ibu Hamil Lakukan 

Berikut ini adalah beberapa gerakan agar cepat kontraksi: 

1. Senam Kegel

Senam Kegel bisa membantu agar cepat kontraksi lho, Bun. Soalnya, gerakan dalam senam ini bisa mengencangkan otot-otot di sekitar vagina dan panggul yang berperan dalam menopang rahim serta kandung kemih. Nah, hal ini tentu memudahkan ibu hamil untuk mengendalikan otot-otot tubuh saat persalinan. 

Cara sederhana yang dapat Bunda lakukan untuk menemukan otot-otot tersebut adalah dengan menghentikan keluarnya urine saat buang air kecil. Nah, otot-otot yang berkontraksi saat Bunda menahan kencing itulah yang merupakan otot-otot dasar panggul. Setelah mengetahui otot panggul, kencangkan otot tersebut dan tahan selama 5 detik, kemudian lemaskan kembali. 

Senam Kegel bisa dilakukan di mana saja dan dapat dilakukan dalam posisi duduk atau berdiri. Agar persalinan lancar, Senam Kegel bisa mulai dilakukan sejak trimester pertama sebanyak 3 kali sehari. Tingkatkan frekuensi latihan begitu mendekati HPL agar kontraksi cepat datang, 

2. Berjalan kaki

Jalan kaki merupakan salah satu gerakan agar cepat kontraksi, Bun. Posisi tubuh Bunda yang tegak saat berjalan kaki dapat membantu meningkatkan tekanan pada leher rahim (serviks) dan membantu mendorong janin ke jalan lahir. 

Nah, saat kepala janin menekan serviks, tubuh dapat memproduksi oksitosin, yaitu hormon yang mampu memicu kontraksi. Dengan berjalan kaki, proses melahirkan juga bisa lebih singkat dan lebih sedikit merasakan rasa sakit lho, Bun. Bunda bisa coba luangkan waktu untuk berjalan kaki setidaknya 15 menit setiap hari, ya.

3. Butterfly pose

Salah satu gerakan agar cepat kontraksi adalah gerakan butterfly pose atau pose kupu-kupu. Gerakan tersebut diyakini dapat membantu Bunda lebih kuat saat mengejan

Selain itu, butterfly pose juga membuat persendian di area panggul dapat meregang dan tekanan dalam perut meningkat. Posisi ini membuat janin dapat lebih mudah terdorong ke bawah lho, Bun. 

Gerakan butterfly pose dapat dilakukan dengan mudah, yaitu dengan duduk bersila dan arahkan tumit ke paha bagian dalam sehingga telapak kaki saling bertemu. Selanjutnya, pegang telapak kaki dengan kedua tangan, lalu condongkan tubuh Bunda ke depan, jaga punggung tetap lurus ya dan tahan beberapa detik. Bunda bisa mengulangi gerakan ini sebanyak 5–10 kali. 

4. Senam dengan birthing ball

Latihan dengan birthing ball atau gym ball juga menjadi salah satu cara agar cepat kontraksi, lho. Cara menggunakan benda ini cukup mudah, Bun, yaitu dengan duduk di atas birthing ball, lalu gerakkan panggul ke kanan dan kiri. Nah, gerakan ini berguna untuk merangsang pembukaan serviks, sehingga kepala janin akan lebih mudah turun ke jalan lahir.

Selain itu, penggunaan birthing ball juga bisa membantu memperbaiki posisi bayi sungsang, menguatkan otot perut dan punggung, menurunkan nyeri akibat kontraksi dan melahirkan, serta mengurangi rasa cemas saat menunggu persalinan. 

5. Squat

HPL sudah dekat, tapi kok belum kontraksi ya? Tenang, Bun! Coba lakukan squat, deh! Selain mudah dilakukan, squat bisa membantu Bunda agar cepat kontraksi dan mempermudah proses persalinan, terutama saat mengejan.

Gerakan dalam olahraga ini dapat membantu meregangkan panggul sehingga memudahkan janin untuk turun ke jalan lahir, Bun. Tidak hanya itu, squat juga bisa menguatkan paha dan otot-otot yang diperlukan saat melahirkan, mengurangi risiko terjadinya luka robekan perineum, serta menurunkan persalinan dengan bantuan forcep. 

Untuk melakukan olahraga ini, Bunda perlu berdiri membelakangi tembok dan beri jarak sekitar 15 cm dari tembok. Selanjutnya, bukalah kedua kaki selebar bahu dan turunkan tubuh secara perlahan hingga berada pada posisi jongkok. 

Nah, saat menurunkan tubuh, pastikan punggung tetap lurus ya, Bun. Tahan posisi ini selama 5–10 detik, lalu berdiri perlahan. Bumil bisa mengulang gerakan ini 5–10 kali.

6. Slow dance

Menari bersama pasangan bisa membantu mempercepat kontraksi lho, Bun. Salah satu tarian yang bisa dilakukan adalah slow dance. Gerakan sederhana dalam slow dance dapat membantu merangsang kontraksi dan memudahkan Si Kecil untuk turun ke jalan lahir, Bun. 

Di samping itu, menari bersama pasangan juga bisa melepaskan hormon oksitosin, sehingga membantu Bunda tetap tenang dan mengurangi rasa sakit saat melahirkan. Nah, untuk melakukannya, letakkan tangan Bunga di leher Ayah, lalu goyangkan pinggul ke kanan dan kiri mengikuti alunan lagu ya, Bun. 

7. Cat-Cow

Gerakan agar cepat kontraksi selanjutnya adalah cat-cow pose. Gerakan yang mirip kucing sedang marah ini bisa mengencangkan otot-otot perut dan mengurangi rasa sakit pada punggung selama persalinan. 

Untuk melakukannya, Bunda dapat posisikan tubuh seperti sedang merangkak. Buka lengan selebar bahu dan jaga agar posisinya tetap lurus. Buka lutut selebar pinggul dan posisikan kepala sejajar dengan punggung.

Tarik napas dalam-dalam sambil mengencangkan otot perut, lalu tarik perut dan lengkungkan punggung ke atas. Tahan posisi ini selama beberapa detik ya, Bun. Kemudian, kendurkan keduanya dan jaga agar punggung tetap rata dan perut dalam kondisi kencang. Bunda dapat mengulanginya sebanyak 3–5 kali, Bun.

Itulah beberapa gerakan agar cepat kontraksi yang bisa Bunda lakukan di rumah. Namun, ingat ya, sebelum melakukannya, Bunda disarankan untuk berkonsultasi ke dokter melalui chat online terlebih dahulu. Hal ini demi keamanan Bunda dan janin karena kondisi setiap kehamilan berbeda.

Sumber: 

Mayo Clinic (2022). Healthy Lifestyle. Kegel Exercises: A How–to Guide for Women. 

Baby Center (2024). Exercises and Stretches to Help with Labor. 

Parents (2024). How to Make Labor Go Faster.

Parents (2023). Should You Give Birth While Squatting?

Parents (2024). The Best Exercises to Induce Labor Naturally.

The Bump (2024). Exercises to Help Induce Labor.

Verywell Fit (2024). How to Do Cat Cow Stretch in Yoga.

What to Expect (2021). How to Do Squats During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *