Takaran MPASI 6 Bulan yang Tepat

Berapa takaran MPASI 6 bulan kerap menjadi pertanyaan, terutama bagi orang tua yang baru dikaruniai anak pertama. Jika terlalu sedikit, khawatirnya bayi tidak memperoleh nutrisi secara optimal. Jika terlalu banyak, hal ini bisa membuat bayi menjadi kekenyangan sehingga menolak untuk makan pada jam makan berikutnya.

Yay, kini Si Kecil sudah berusia 6 bulan nih, Bun! Pada usia ini, bayi membutuhkan asupan nutrisi lebih banyak, sehingga pemberian ASI saja sudah tidak cukup. Nah, untuk mencukupi asupan gizinya ini, Si Kecil perlu mendapatkan MPASI. 

Namun, memberi MPASI juga tidak bisa sembarangan, ya. Pemberian ASI sebaiknya dilakukan bertahap dengan porsi yang sesuai. Oleh karena itu, Bunda perlu mengetahui jumlah takaran MPASI yang sesuai untuk bayi 6 bulan. Nah, supaya tidak bingung lagi, lansung saja yuk simak info lengkap bagaimana memberikan takaran MPASI 6 bulan yang benar. 

Ini Takaran MPASI 6 Bulan yang Tepat

Porsi MPASI diberikan secara bertahap. Pada awal pemberian MPASI, Bunda bisa memberikan sebanyak 1–2 sendok makan terlebih dahulu. Setelah 2 atau 3 hari, Si Kecil bisa diberikan porsi makan lebih banyak menjadi 2–3 sendok makan. Jumlah ini sekitar 125 ml atau sekitar ½ mangkuk per 1 kali makan. 

Dalam sehari, MPASI utama perlu diberikan sebanyk 2–3, sedangkan camilan atau makanan selingan diberikan sebanyak 1–2 kali sehari. 

Perlu diingat, tekstur makanan MPASI untuk bayi 6 bulan adalah bubur lumat (puree) atau bubur kental yang dihaluskan (mashed). Hal ini penting diperhatikan agar bayi tidak berisiko tersedak saat makan.

Jenis Makanan Pendamping ASI untuk Bayi 6 Bulan

Selain memperhatikan takaran MPASI 6 bulan, Bunda juga harus memperhatikan jenis makanan dan nutrisi dalam MPASI yang disajikan. Pastikan dalam mangkuk MPASI Si Kecil terkandung  karbohidrat, protein, lemak, serta vitamin dan mineral. 

Adapun bahan makanan kaya nutrisi yang bisa diolah menjadi MPAS adalah sebagai berikut:

  • Sumber karbohidrat, seperti beras, jagung, kentang, ubi, dan singkong
  • Sumber protein, seperti telur, daging ayam, daging sapi, hati ayam, hati sapi, ikan, belut, tahu, tempe, dan kacang-kacangan
  • Sumber lemak, seperti santan, mentega, minyak kelapa, minyak kelapa sawit, minyak samin, maupun minyak yang dihasilkan dari menumis kulit ayam
  • Sumber vitamin dan mineral, berupa buah-buahan dan sayuran

Bunda juga disarankan untuk tidak memberikan beberapa jenis makanan berikut pada  bayi 6 bulan:

  • Makanan dengan tambahan gula dan pemanis buatan
  • Makanan yang mengandung tinggi garam atau natrium
  • Madu
  • Jus buah, susu sapi, yoghurt, dan keju yang tidak dipasteurisasi
  • Susu sapi
  • Telur setengah matang
  • Makanan yang mungkin bisa membuat tersedak, misalnya kacang-kacangan utuh, jagung yang tidak dihaluskan, anggur yang belum dibelah, dan wortel mentah

Menyiapkan dan memberikan MPASI bukanlah hal yang mudah bagi sebagian ibu, terutama untuk orang tua baru. Namun, Bunda perlu bersabar apabila Si Kecil menolak atau memuntahkan makanannya. Ini terjadi karena ia mungkin belum terbiasa dengan tekstur dan rasa yang baru. 

Jika memang Si Kecil tidak mau makan, alangkah baiknya Bunda tidak memaksa Si Kecil untuk menghabiskan makanannya, ya. Bunda bisa mencobanya lagi pada jadwal makan selanjutnya atau hari berikutnya.

Nah, itulah informasi mengenai takaran pemberian MPASI 6 bulan serta jenis makanannya. Apabila Bunda ingin mengetahui seputar MPASl lebih lanjut, misalnya kapan harus naik tekstur atau kapan Si Kecil bisa diberikan finger food, jangan ragu untuk bertanya pada dokter melalui chat online, ya.

Sumber:

United Nations Children’s Fund. Feeding Your Baby: 6–12 Months.

Centers for Disease Control and Prevention (2023). When, What, and How to Introduce Solid Foods.

Health Service Executive Ireland (2022). Stages of Weaning.

National Institutes of Health (2023). U.S. National Library of Medicine Medline Plus. Cow’s milk – infants.

National Health Services UK. From Around 6 Months.

Kids Health, Nemours (2021). When Can My Baby Start Eating Solid Foods?
Ikatan Dokter Anak Indonesia. Pemberian Makanan Pendamping Air Susu Ibu (MPASI).

Dougherty, E. Baby Center (2022). How Much Should My Baby Eat?

Dubinsky, D. Baby Center (2022). Age-by-age Guide to Feeding Your Baby.

Health Hub Singapore (2022). Getting Ready for Solids.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *