7 Tanda Berakhirnya Masa Nifas

tanda berakhirnya masa nifas, diary bunda

Ada berbagai tanda berakhirnya masa nifas yang patut Bunda ketahui, nih. Soalnya, berakhirnya masa nifas menandakan bahwa tubuh Bunda sudah kembali seperti sebelum hamil sehingga Bunda mulai bisa beraktivitas secara normal.

Masa nifas merupakan periode pemulihan setelah melahirkan, baik itu melahirkan secara normal maupun caesar. Masa ini dimulai saat ari-ari sudah keluar dari rahim dan berakhir beberapa minggu setelahnya. Pada kebanyakan ibu, masa nifas berlangsung selama 6 minggu. Namun, ada juga yang lebih lama atau malah lebih cepat.

Selama 6 minggu tersebut, tubuh ibu yang baru melahirkan akan mengalami berbagai perubahan. Perubahan ini terjadi karena tubuh ibu sedang beradaptasi, dari masa kehamilan, melahirkan, lalu kembali ke kondisi tubuh seperti semula. Nah, tanda berakhirnya masa nifas bisa diketahui dari berkurang perdarahan dan kondisi tubuh yang makin fit.

Berbagai Tanda Berakhirnya Masa Nifas

Untuk mengetahui apakah masa nifas bisa sudah berakhir dengan normal, Bunda perlu memperhatikan tanda-tandanya sebagai berikut:

1. Perdarahan sudah berhenti 

Saat masa nifas, Bunda akan mengalami perdarahan. Perdarahan ini disebabkan oleh luka di rahim setelah plasenta lepas dari dinding rahim saat melahirkan. Pada 3–4 hari pertama setelah melahirkan, perdarahan ini akan keluar cukup deras, Bun. Namun, lama-kelamaan, darah yang keluar hanya berupa flek, karena perdarahan di rahim sudah mereda.

Nah, apabila perdarahan sudah benar-benar berhenti, inilah salah satu tanda berakhirnya masa nifas. Soalnya, perdarahan yang sudah berhenti menandakan bahwa kondisi rahim sudah kembali seperti semula, yaitu sudah tidak ada luka yang menyebabkan keluarnya darah.

2. Keluar lendir keputihan atau bening

Selain perdarahan yang sudah berhenti, lendir berwarna bening juga bisa menjadi tanda berakhirnya masa nifas, Bun. Soalnya, selama masa nifas, lendir vagina bisa saja keluar bersamaan dengan perdarahan. 

Awalnya, lendir ini akan bercampur dengan darah. Namun, seiring dengan pemulihan rahim, lendir ini akan berubah menjadi kekuningan hingga berwarna normal, yaitu bening. Selain karena pemulihan rahim, lendir yang berwarna bening juga menandakan bahwa tidak ada infeksi pada rahim atau vagina.

3. Nyeri berkurang

Setelah melahirkan, Bunda bisa merasakan nyeri pada vagina dan perut. Nyeri pada perut muncul karena rahim mengalami kontraksi agar perdarahan berhenti. Sementara itu, nyeri pada vagina bisa muncul karena melebarnya vagina saat melahirkan normal serta karena episiotomi.  

Nyeri pada vagina maupun perut biasanya akan berkurang setelah beberapa hari pascapersalinan, lalu menghilang sepenuhnya setelah 6 minggu, Bun. Nah, apabila nyerinya berkurang atau bahkan benar-benar hilang, hal ini bisa menjadi tanda berakhirnya masa nifas. 

Meski demikian, pada ibu yang melahirkan melalui operasi caesar, nyeri pada perut bisa hilang lebih lama, ya.

4. Energi sudah pulih

Perlu diketahui, setelah melahirkan, energi Bunda tidak langsung pulih, lho. Umumnya, Bunda butuh waktu selama 6 minggu sampai energi kembali seperti semula. Nah, apabila energi sudah pulih, berarti masa nifas pun sudah berakhir, Bun.

Ketika energi telah kembali, Bunda sudah bisa berolahraga meski hanya boleh yang ringan, seperti berjalan santai. Bunda juga boleh melakukan olahraga untuk meregangkan area perut agar sakit pinggang yang sering kali muncul selama hamil bisa mereda.

5. Ukuran rahim kembali normal

Selama masa kehamilan, rahim Bunda bisa membesar seiring dengan pertumbuhan Si Kecil, Bun. Setelah melahirkan, ukuran rahim ini tidak langsung kembali seperti saat sebelum hamil, tetapi secara bertahap, Bun. 

Selama 7 hari pertama masa nifas, berat rahim akan berkurang hingga 500 gram, dari yang sebelumnya bisa mencapai sekitar 1 kg saat hamil. Setelah 6 minggu, berat rahim umumnya sudah berkurang menjadi 50–100 gram, yakni ke ukuran semula seperti sebelum hamil.

Nah, kembalinya ukuran rahim seperti sebelum mengandung merupakan tanda berakhirnya masa nifas. Untuk mengetahui apakah ukuran rahim sudah mengecil atau belum, Bunda harus memastikannya ketika kontrol ke dokter, tepatnya 6 minggu setelah melahirkan.

6. Kembali mengalami menstruasi

Selama masa kehamilan, menstruasi akan berhenti karena sel telur berhasil dibuahi oleh sperma. Nah, setelah melahirkan, menstruasi ini akan kembali terjadi sebagai tanda berakhirnya masa nifas, Bun 

Namun, pada ibu yang memberikan ASI eksklusif, menstruasi bisa saja baru terjadi setelah bayi berhenti menyusu atau bila pemberian ASI dibarengi dengan susu formula.

7. Berhubungan intim sudah boleh dilakukan

Apabila Bunda sudah kontrol ke dokter dan diperbolehkan untuk berhubungan intim, berarti masa nifas sudah berakhir, Bun. Ini karena berhubungan intim hanya boleh dilakukan bila tubuh Bunda sudah kembali seperti semula, mulai dari perdarahan yang sudah berhenti, nyeri vagina sudah berkurang, hingga energi yang berangsur pulih.

Nah, itulah berbagai tanda berakhirnya masa nifas ya, Bun. Perlu diingat, tanda di atas bisa muncul berbeda-beda pada setiap wanita. Jadi, apabila ada ibu lainnya yang mengalami tanda-tanda berakhirnya masa nifas lebih cepat, Bunda jangan dulu panik, ya.

Yang penting, maksimalkan masa nifas ini untuk memulihkan kondisi Bunda agar selalu sehat, baik secara fisik maupun mental. Ketika sudah waktunya untuk kontrol ke dokter, konsultasikan setiap perubahan yang terjadi pada tubuh Bunda, termasuk tanda berakhirnya masa nifas. 

Bunda juga bisa konsultasi lewat chat karena lebih praktis dan cepat. Dokter akan memberi tahu Bunda apabila rahim bersih atau masa nifas memang sudah berakhir.

Sumber

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (2022). Seksualitas Dan Masa Nifas.

Cleveland Clinic (2024). Articles. Postpartum.

Cleveland Clinic (2022). Symptoms. Lochia.

Cleveland Clinic (2024). Diseases & Conditions. Uterus Involution.

Mayo Clinic (2023). Labor and Delivery, Postpartum Care. Postpartum Care: What to Expect After a Vaginal Birth.

American Pregnancy Association. Postpartum Recovery.

Family Doctor (2024). Recovering from Delivery (Postpartum Recovery).

Holland, K. Healthline. What to Expect from Sex After Giving Birth.

Moldenhauer, J.S. MSD Manual Consumer Version (2024). Overview of Postpartum Care.

Levine, H. WebMD (2024). Vaginal Delivery Recovery.

Fowler, P. WebMD (2023). Vaginal Bleeding After Birth: When to Call a Doctor.

Johnson, T. WebMD (2023). First Period After Pregnancy: What to Expect.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *