Catat, Inilah Jenis Ikan yang Tidak Boleh untuk MPASI

Ikan yang tidak boleh untuk MPASI biasanya mengandung merkuri dalam kadar tinggi. Pasalnya, zat tersebut bisa berisiko mengganggu kesehatan bayi, termasuk mengganggu fungsi dan perkembangan otak. Hal ini bisa menurunkan kemampuan Si Kecil dalam belajar dan berpikir, lho. Jadi, Bunda perlu lebih selektif dalam memilih makanan untuk MPASI, termasuk ikan, ya.

Ikan merupakan mengandung berbagai nutrisi penting untuk bayi, antara lain omega-3, protein, vitamin, zat besi, dan mineral. Kandungan nutrisi tersebut bermanfaat untuk perkembang otak, sistem saraf, jantung, dan penglihatan bayi. Selain itu, memberikan ikan sebagai MPASI juga bisa membantu menambah berat badan dan meningkatkan daya tahan tubuh anak agar tidak mudah sakit. 

Meskipun ikan memiliki banyak nutrisi, ada beberapa jenis ikan yang tidak boleh untuk MPASI lho, Bun. Soalnya, ikan-ikan ini mengandung kadar merkuri yang tinggi sehingga berpotensi membahayakan kesehatan bayi. Nah, kira-kira, ikan apa saja yang tidak boleh dikonsumsi? 

Berbagai Jenis Ikan yang Tidak Boleh untuk MPASI

Nah, di bawah ini adalah beberapa jenis ikan yang tidak boleh untuk MPASI Si Kecil:

1. Ikan mentah

Salah satu ikan yang tidak boleh untuk MPASI adalah ikan mentah, Bun. Pasalnya, ikan mentah bisa mengandung kuman dan parasit berbahaya yang bisa menyebabkan infeksi dan keracunan, Bun. Ini bisa berisiko terjadi pada Si Kecil, mengingat daya tahan tubuhnya masih lemah.

Jadi, sebisa mungkin berikan Si Kecil MPASI dari ikan maupun makanan lain yang sudah matang, ya. Meski demikian, Bunda masih boleh memberikan buah atau sayuran segar, asalkan sudah dicuci dengan baik dan bersih sepenuhnya, ya. 

2. Ikan asin

Bun, makanan yang diasinkan, seperti ikan asin atau ebi, juga tidak boleh untuk MPASI, lho. Soalnya, jenis ikan ini mengandung kadar natrium atau garam yang tinggi. 

Bayi yang baru diberikan MPASI tidak perlu diberikan banyak garam, Bun. Jika diberikan kebanyakan garam atau natrium, hal ini bisa berisiko menimbulkan masalah ginjal. Jadi, Bunda sebaiknya tidak memberikan ikan asin sebagai tambahan MPASI bagi Si Kecil, ya. 

3. Ikan king mackerel 

Meskipun memiliki daging yang lezat, ikan king mackerel ternyata masuk ke dalam jenis ikan yang tidak boleh untuk MPASI, lho. Soalnya, ikan ini memiliki kandungan merkuri yang tinggi, yaitu sekitar 0,8 ppm. Nah, apabila dikonsumsi, ikan ini dapat membahayakan perkembangan otak dan saraf Si Kecil, Bun. 

4. Ikan tuna 

Meski kaya akan protein dan baik untuk kesehatan, ikan tuna memiliki kadar merkuri yang relatif tinggi lho jika dibandingkan dengan jenis ikan lainnya. Makanya, ikan ini tidak boleh diberikan sebagai MPASI, khususnya bagi bayi yang baru diberikan memulai makan makanan padat,  Bun. 

Pasalnya, tingginya kadar merkuri dalam ikan tuna bisa berisiko mengganggu tumbuh kembang bayi, seperti gangguan fungsi kognitif dan gangguan kemampuan bahasa, Bun. Merkuri juga berbahaya karena beracun dan bisa merusak saraf dan berbagai organ tubuh.

Namun, bukan berarti ikan tuna perlu dihindari sepenuhnya, ya. Ini karena ikan tuna kaya akan protein dan omega-3 yang juga penting untuk tumbuh kembang bayi dan menambah berat badannya.

Agar lebih aman, Bunda bisa memilih jenis ikan tuna yang mengandung kadar merkuri lebih rendah, yaitu ikan cakalang. Pemberian ikan ini untuk MPASI ini batasi sebanyak 2–3 porsi saja dalam seminggu, ya. 

5. Ikan tenggiri

Ikan tenggiri merupakan jenis ikan yang mudah ditemukan, murah, dan memiliki beragam nutrisi penting di dalamnya. Meski begitu, ikan ini juga memiliki kandungan merkuri meski dalam jumlah yang tidak terlalu tinggi. 

Sebenarnya, ikan tenggiri masih bisa dikonsumsi dan dijadikan MPASI kok, Bun. Ini karena ikan tenggiri mengandung omega-3 yang baik untuk kesehatan jantung dan perkembangan otak Si Kecil. 

Namun, ikan tenggiri hanya boleh dikonsumsi sebanyak 1–2 kali per minggu saja dan jangan berlebihan ya, Bun. Penting untuk diingat juga, Bunda harus memasak ikan ini hingga matang sebelum diberikan sebagai MPASI.

6. Ikan marlin

Pernah dengar ikan marlin nggak, Bun? Ikan ini mungkin jarang terdengar, ya. Nah, untuk Bunda ketahui, ikan marlin merupakan salah satu jenis ikan yang tidak boleh untuk MPASI. Alasannya, ikan ini memiliki kandungan merkuri yang tinggi dan mencapai 0,5 ppm, lho. 

Jika dikonsumsi, merkuri dari ikan ini bisa masuk ke dalam tubuh Si Kecil, sehingga dapat berisiko mengganggu kesehatan dan tumbuh kembangnya.

7. Ikan todak 

Seperti marlin, ikan todak juga jarang diketahui oleh masyarakat. Padahal, ikan ini kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk kesehatan tubuh, lho. Meski begitu, ikan todak ternyata mengandung kadar merkuri yang tinggi sehingga tidak boleh dijadikan MPASI. 

Itulah berbagai jenis ikan yang tidak boleh untuk MPASI Si Kecil, Bun. Sebagai gantinya, pilihlah ikan yang tergolong aman, lezat, bergizi, dan rendah merkuri sebagai menu MPASI, seperti:

  • Ikan nila
  • Ikan lele
  • Ikan sarden
  • Ikan salmon
  • Ikan kembung
  • Ikan bandeng
  • Ikan tongkol
  • Ikan teri 

Selain itu, ikan juga bisa saja tidak cocok diberikan sebagai MPASi apabila bayi memiliki alergi terhadap makanan tersebut. Sebagai gantinya, Bunda bisa memberikan, daging, telur, atau tahu dan tempe sebagai sumber nutrisi alternatif.

Perlu diingat ya, sebelum memasaknya, pastikan Bunda sudah mencuci bersih ikan dan membuang durinya agar Si Kecil tidak tersedak saat memakannya. Selain itu, lengkapi juga menu MPASI-nya dengan sayur-sayuran dan buah-buahan ya, Bun. 

Nah, apabila Bunda masih punya pertanyaan seputar menu MPASI yang sehat untuk Si Kecil, yuk, tanyakan pada dokter melalui chat online!

Sumber: 

Malinowski, C. (2019). High Mercury Concentrations in Atlantic Goliath Grouper: Spatial Analysis of a Vulnerable Species. Marine Pollution Bulletin, DOI: 10.1016/j.marpolbul.2019.04.006. 

National Health Service UK (2022). Weaning and Feeding. Food to Avoid Giving Babies and Young Children. 

Cleveland Clinic (2023). Nutrition. How To Pick Fish High in Omega-3 and Low in Mercury.

Cleveland Clinic (2023). Nutrition. Is Raw Fish Safe? What To Know Before You Eat.

American Pregnancy Association (2024). Mercury Levels in Fish.

Baby Center UK (2024). Five Best Foods for Babies.

Victoria State Government Australia (2024). Better Health Channel. Mercury in Fish. 

Firstcry Parenting (2024). Fish for Babies – When to Introduce, Benefits and Recipes.

Health (2024). Health Benefits of Mackerel Fish.

Health (2023). Is Raw Fish Good for You?

Health Children (2021). Healthy Fish Choices for Kids.

Healthline (2021). Everything You Need to Know About Introducing Your Baby to Fish.

Healthline (2019). 11 Evidence-Based Health Benefits of Eating Fish.

Healthline (2018). Mercury in Tuna: Is This Fish Safe to Eat?

Healthline (2018). Should You Avoid Fish Because of Mercury?

Medicine Net (2023). Which Fish Have the Highest and Lowest Mercury Levels?

Verywell Fit (2024). Concerned About Mercury? Avoid These Fish.

WebMD (2024). What Are the Health Benefits of Swordfish?

WebMD (2023). What You Need to Know About Mercury in Fish and Shellfish.

WebMD (2022). Health Benefits of Fish.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *