3 Bawaan Hamil Bayi Laki-Laki yang Menarik Diketahui

bawaan hamil bayi laki-laki, diary bunda

Bawaan hamil bayi laki-laki ada beragam tandanya, salah satunya kulit menjadi lebih cerah dan mengkilap saat hamil. Uniknya, berbagai tanda tersebut diyakini oleh ibu hamil yang menginginkan bayi laki-laki. Namun, berbagai tanda tersebut benar tidak ya, secara medis?

Bawaan Hamil Bayi Laki-Laki

Menebak jenis kelamin bayi menjadi sesuatu yang menyenangkan saat menjalani masa kehamilan. Tidak jarang, kegiatan ini dapat mengisi rasa bosan yang dirasakan kala sedang mengandung. Banyak juga ibu hamil yang menginginkan bayi laki-laki dengan memercayai berbagai kondisi yang terjadi pada tubuh saat hamil.

Nah, ada banyak perubahan tubuh yang diyakini oleh ibu hamil sebagai bawaan hamil bayi laki-laki, yaitu:

1. Bentuk perut menonjol ke bawah

Sebagian besar ibu hamil beranggapan bahwa bentuk perut yang menonjol ke bawah menandakan sedang mengandung janin laki-laki.

Faktanya, bentuk perut saat hamil ditentukan oleh beberapa faktor, di mana salah satunya adalah kehamilan pertama. Saat ibu hamil pertama kali mengandung janin dan otot perut masih kuat, dinding perut masih kencang karena belum mengalami peregangan.

Saat menjalani kehamilan pertama, dinding perut mulai meregang secara bertahap, sehingga akan mengendur. Setelah menyelesaikan kehamilan pertama dan memasuki kehamilan kedua, dinding perut yang telah mengendur akan kembali meregang. Hal inilah yang membuat bentuk perut menjadi menonjol ke bawah.

2. Kulit lebih cerah dan mengkilap

Banyak ibu hamil yang menganggap bahwa kulit yang terlihat lebih cerah dan mengkilap menandakan bahwa rahim sedang mengandung janin laki-laki.

Kondisi kulit yang mengkilap saat hamil sering dikenal dengan istilah pregnancy glow. Kondisi ini terjadi saat memasuki trimester kedua.

Pregnancy glow disebabkan oleh perubahan kadar hormon kehamilan di dalam tubuh. Meningkatnya kadar hormon kehamilan, seperti estrogen dan progesteron, merangsang kelenjar kulit untuk mengeluarkan lebih banyak minyak yang melapisi permukaan kulit. Kondisi inilah yang membuat kulit Bumil menjadi lebih cerah dan mengkilap saat hamil.

3. Kaki kedinginan

Ada anggapan bahwa kaki kedinginan saat hamil menandakan sedang mengandung janin laki-laki.

Kaki kedinginan disebabkan oleh berbagai faktor, di mana salah satunya adalah anemia. Anemia disebabkan oleh kurangnya jumlah sel darah merah di dalam tubuh.  

Agar dapat memproduksi sel darah merah yang dibutuhkan saat hamil, tubuh membutuhkan zat besi. Zat besi berfungsi untuk memproduksi hemoglobin, yaitu protein di dalam sel darah merah yang berperan penting dalam membawa oksigen dari paru-paru ke jaringan tubuh.

Umumnya, ibu hamil rentan mengalami anemia saat trimester kedua atau trimester ketiga. Saat itu, janin sedang mengalami perkembangan organ yang cepat, sehingga membutuhkan banyak sel darah merah. Kebutuhan sel darah merah yang tinggi memengaruhi peningkatan kebutuhan kadar zat besi dan hemoglobin.

Kurangnya jumlah zat besi dan hemoglobin membuat sumsum tulang tidak dapat memproduksi sel darah merah berkualitas baik. Akibatnya, jumlah oksigen dan nutrisi yang diantarkan ke jaringan tubuh menjadi berkurang. Hal ini yang membuat Bumil lebih rentan mengalami anemia saat hamil yang ditandai oleh kaki yang kedinginan.

Ternyata, ada bawaan hamil bayi laki-laki yang penting Bumil ketahui sebelum menebak jenis kelamin bayi lho. Agar dapat menjawab rasa penasaran tentang jenis kelamin Si Kecil, sebaiknya Bumil berkonsultasi ke dokter kandungan. Nantinya, dokter akan melakukan pemeriksaan ultrasonografi (USG) untuk menentukan jenis kelamin Si Kecil yang akurat.

Sumber:

Mayo Clinic (2022). Iron deficiency anemia.

Baby Center (2021). Pregnancy glow.

Healthline (2019). Can You Tell You’re Having a Baby Boy by the Shape or Size of Your Belly?

Healthline (2019). Why Do I Feel So Cold During Pregnancy?

Parents (2023). Pregnancy Symptoms. What Science Says About ‘Signs’ You’re Pregnant With a Boy?

The Bump (2023). What’s the Deal With So-Called ‘Pregnancy Glow?

Verywell Health (2023). What Is the Function of Hemoglobin?

WebMD (2023). Are You Getting Enough Iron?

WebMD (2023). Pregnancy: What to Know About How You’re Carrying.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *