6 Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil

manfaat strawberry untuk ibu hamil, diary bunda

Manfaat strawberry untuk ibu hamil sudah tidak perlu diragukan lagi, Bun. Soalnya, buah ini mengandung berbagai nutrisi yang dibutuhkan selama masa kehamilan, seperti vitamin C dan folat. Tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil, strawberry juga bisa berguna bagi perkembangan janin, lho. Jadi, yuk ketahui apa saja manfaat yang bisa didapatkan dengan mengonsumsi buah ini!

Di samping warna dan rasanya yang menarik, strawberry (Fragaria ananassa) mengandung berbagai nutrisi yang sangat penting untuk tubuh, terutama pada ibu hamil. Beberapa nutrisi yang terkandung dalam strawberry adalah karbohidrat, serat, vitamin C, kalsium, dan asam folat. Jadi, tak heran kalau manfaat strawberry untuk ibu hamil sangat menyehatkan.

Berbagai Manfaat Strawberry untuk Ibu Hamil

Dengan berbagai kandungan nutrisinya, strawberry atau stroberi memiliki berbagai manfaat untuk ibu hamil. Ini manfaatnya, Bun:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Selama masa kehamilan, daya tahan tubuh ibu hamil mudah melemah. Akibatnya, ibu hamil lebih rentan sakit atau terinfeksi. Nah, untuk memperkuat daya tahan tubuh, Bunda bisa mengonsumsi buah strawberry. Alasannya, buah ini mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu memperkuat daya tahan tubuh. 

Tak hanya bisa membuat daya tahan tubuh Bunda lebih kuat, asupan vitamin C dan antioksidan juga bisa mendukung pembentukan daya tahan tubuh janin, lho.

2. Menambah energi

Salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil adalah mudah lelah. Keluhan ini biasanya muncul karena perubahan hormon atau berkurangnya nafsu makan akibat morning sickness, yang membuat ibu hamil jadi kurang makan dan minum.

Nah, agar tidak terlalu merasa lelah, Bunda bisa makan strawberry untuk menambah energi, lho. Soalnya, buah ini mengandung karbohidrat dan gula. Agar nutrisi yang didapat lebih banyak, Bunda juga bisa mencampur stroberi dengan sumber energi lainnya, seperti gandum utuh atau kacang-kacangan.

3. Mengoptimalkan perkembangan otak dan saraf janin

Selain bermanfaat untuk ibu hamil, strawberry juga bermanfaat untuk membuat perkembangan otak dan saraf janin lebih optimal, lho. Ini karena strawberry mengandung asam folat (vitamin B9) yang berperan penting dalam proses pertumbuhan dan perkembangan janin.

Terpenuhinya kebutuhan asam folat pada ibu hamil juga bisa mencegah kelainan pada otak dan saraf janin, seperti anensefali dan spina bifida.

4. Menjaga kadar gula darah

Manfaat strawberry untuk ibu hamil lainnya adalah menjaga kadar gula darah, terutama pada ibu hamil yang menderita diabetes gestasional. Ini karena strawberry kaya akan antioksidan serta karbohidrat kompleks, yakni jenis karbohidrat yang lebih lama dicerna oleh tubuh.

Dengan demikian, konsumsi buah manis ini tidak akan membuat kadar gula darah cepat meningkat. Antioksidan sendiri juga berperan penting dalam meningkatkan efektivitas hormon insulin, yakni hormon yang berperan penting dalam mengontrol kadar gula darah.

5. Mencegah anemia

Anemia atau kurang darah merupakan salah satu kondisi yang cukup sering terjadi pada ibu hamil. Ada beberapa faktor yang bisa membuat ibu hamil rentan mengalami anemia, salah satunya adalah kekurangan asupan gizi karena nafsu makan yang berkurang atau morning sickness yang parah. 

Nah, untuk mencegah anemia, Bunda perlu mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dan asam folat, termasuk strawberry. Apabila kebutuhan zat besi dan asam folat terpenuhi, Bunda akan terhindar dari kekurangan zat besi yang bisa menyebabkan anemia. Selain itu, strawberry juga kaya akan vitamin C yang bisa mengoptimalkan penyerapan zat besi di dalam tubuh, Bun.

6. Mengatasi sembelit

Sembelit adalah salah satu keluhan yang sering terjadi pada ibu hamil. Nah, untuk mengatasinya, Bunda bisa mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi serat, seperti strawberry, agar saluran cerna bisa bekerja dengan lebih lancar.

Nah, itulah berbagai manfaat strawberry untuk ibu hamil yang patut diketahui, Bun. Seperti yang telah disebutkan, Bunda bisa mengonsumsi buah ini secara langsung atau dikreasikan menjadi jus, smoothies, puding, salad buah, atau selai. Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan strawberry sudah dicuci bersih, ya.

Selain itu, sebaiknya buah ini dikonsumsi setelah makan. Soalnya, karena rasanya yang asam, buah ini terkadang bisa membuat gejala maag atau GERD kambuh, terutama jika dikonsumsi saat perut kosong. 

Pengen makan strawberry, tapi susah menemukannya? Tenang, Bun. Sebagai alternatif, Bunda bisa memilih buah yang kandungan nutrisinya tidak kalah dengan strawberry, seperti jambu, mangga, apel, kiwi, pepaya, dan tomat. 

Itulah berbagai informasi seputar manfaat strawberry untuk ibu hamil. Jika Bunda masih memiliki pertanyaan seputar jenis buah lain yang bagus untuk dikonsumsi saat hamil atau ragu mengenai keamanan konsumsi buah tertentu, terutama bila memiliki kondisi medis, lakukan konsultasi dengan dokter, ya. 

Sumber:

Pregnancy Birth & Baby Australia (2022). Fatigue and Tiredness During Pregnancy.

Cleveland Clinic (2023). Nutrition. All the Reasons You Should Eat Strawberries.

Cleveland Clinic (2022). Disease & Conditions. Anemia During Pregnancy.

Johns Hopkins Medicine. 5 Snack Foods to Eat While Pregnant.

Koch, K. The Bump (2023). 10 Superfoods to Eat During Pregnancy.

Cunha, J. EmedicineHealth (2022). Which Fruit Is High in Iron?

Health (2023). Foods To Eat—And Avoid—If You Have GERD.

McDermott, A. Healthline (2023). 7 Nutritious Fruits You’ll Want to Eat During Pregnancy.

Bjarnadottir, A. Healthline (2019). Strawberries 101: Nutrition Facts and Health Benefits.

Mutchler, C. Verywell Health (2023). Strawberries Are Incredibly Good for You: Here’s Why.

Wiginton, K. WebMD (2023). Health Benefits of Strawberries.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *