8 Merek Kopi yang Aman untuk Ibu Hamil

Merek kopi yang aman untuk ibu hamil perlu diketahui nih jika Bunda sangat membutuhkan asupan kafein untuk menghilangkan rasa kantuk dan ingin lebih fokus bekerja.  Nah, biar Bunda nggak salah pilih, simak rekomendasi merek kopi yang aman buat ibu hamil di artikel berikut, ya!

Bunda mungkin pernah dengar ya kalau kopi tidak baik untuk ibu hamil dan janin? Ada yang bilang kalau minum kopi terlalu banyak bisa meningkatkan risiko berbagai gangguan dalam kehamilan, mulai dari berat badan lahir rendah (BBLR) pada bayi, kelahiran prematur, hingga keguguran.

Lantas, bagaimana dong jika Bunda lagi ngantuk dan tidak bisa menahan keinginan minum kopi? Terlebih, kalau kebiasaan ini sudah jadi rutinitas yang Bunda lakukan setiap pagi sebelum beraktivitas. 

Nah, faktanya minum kopi di masa kehamilan itu sebetulnya tidak dilarang, Bun. Hanya saja, tetap ada aturannya, ya. Bunda perlu membatasi asupan kopi maksimal 200 gram atau sekitar 1–2 gelas per hari saja. Selain itu, Bunda juga perlu mempertimbangkan jenis dan merek tertentu ya karena sudah ada merek kopi yang aman untuk ibu hamil.

Merek Kopi yang Aman untuk Ibu Hamil

Pada masa kehamilan, ada beberapa pantangan yang mungkin sulit dipatuhi oleh sebagian ibu hamil, salah satunya adalah minum kopi. Kopi boleh kok dikonsumsi saat hamil, asalkan mengikuti anjuran dan takaran yang disarankan. 

Agar tidak bingung, Bunda bisa lho membuat sendiri di rumah dengan beberapa merek kopi yang aman untuk ibu hamil. Jadi, dibandingkan membeli dari toko-toko yang tidak diketahui berapa banyak kandungan kafein dan gula yang digunakan, Bunda bisa membuat kopi dan menakar sendiri sesuai keinginan.

Nah, berikut ini adalah beberapa merek kopi instan yang aman untuk ibu hamil: 

1. Indocafe Coffeemix

Indocafe Coffemix merupakan kopi instan yang dibuat dari biji kopi mandailing asal Sumatera. Diproses secara kering atau dark roast, mandailing yang menjadi unggulan dari Indocafe Coffemix menghasilkan rasa yang tidak terlalu pahit dan memiliki tingkat keasaman rendah, sehingga aman untuk ibu hamil yang menderita asam lambung

Fakta menarik lainnya, kopi dark roast sendiri mengandung jumlah kafein yang lebih sedikit, lho, Bun. Jadi, merek kopi ini tentu aman dikonsumsi ibu hamil.

2. Luwak White Koffie

Kopi luwak dikenal sebagai kopi termahal di dunia. Ini karena biji kopinya diperoleh dari proses pengolahan ceri kopi yang dimakan dan dicerna oleh luwak, kemudian dikeluarkan dari tubuh hewan tersebut. Biji kopi ini kemudian dikumpulkan dan dibersihkan, lalu dipanggang dan digiling. 

Rasa kopi yang dihasilkan pun cukup unik, Bun, karena memiliki hint karamel atau cokelat. Nah, Bunda bisa mencoba kopi luwak ini dari Luwak White Koffie yang hadir dalam kemasan saset. 

Merek kopi yang aman untuk ibu hamil ini berbentuk bubuk instan dengan campuran gula dan krimer nabati. Karena rasanya creamy dan tidak terlalu asam, Luwak White Koffie pun dikenal sebagai kopi yang aman di lambung. Jadi, nggak ada salahnya Bunda coba nih.

3. Nescafe Gold

Merek kopi yang aman untuk ibu hamil berikutnya adalah Nescafe Gold yang terbuat dari perpaduan biji kopi arabika dan robusta. Maka dari itu, Nescafe Gold menghasilkan aroma kopi yang nikmat dan rendah kafein, yaitu sekitar 40–60 mg, yang masih aman buat ibu hamil. 

Kopi hitam tanpa ampas ini bisa langsung Bunda seduh di dalam gelas. Karena melalui proses mild-medium roasting, rasa kopinya pun sangat ringan dan tidak begitu pahit. 

Akan tetapi, kalau Bunda ingin rasa yang lebih manis dan gurih, Bunda bisa menambahkan krimer, gula, atau susu secukupnya saja, ya.

4. Torabika Cappuccino

Dalam 1 saset Torabika Cappuccino, terkandung 13,04 mg kafein yang aman untuk ibu hamil. Meski hanya kopi bubuk, Bunda bisa memperoleh secangkir kopi creamy yang dilengkapi dengan krimer. Jadi, kopi akan lebih foamy.

Torabika Cappuccino juga menyertakan bubuk cokelat (choco granule) untuk jadi topping di atas kopi lho, sehingga rasanya seperti sedang menikmati kopi di kafe. 

5. Tropicana Slim Cafe Latte

Ingin mencoba kopi rendah kalori dan bebas gula pasir? Nah, Bunda bisa coba merek kopi yang aman untuk ibu hamil dari Tropicana Slim varian cafe latte. Kopi ini cocok untuk Bunda yang sedang ingin mengurangi konsumsi gula pasir atau ibu hamil yang menderita diabetes, lho.

Meski nggak ada pemanis tambahan, kopi Tropicana Slim Cafe Latte tidak pahit lho karena sudah dilengkapi krimer. Jadi, Bunda akan memperoleh kopi dengan tekstur yang kental, creamy, dan gurih. Apalagi, kopi ini juga rendah kafein lho, sehingga aman untuk ibu hamil.

6. Nescafe Green Coffee atau Green Blend

Selain kopi hitam, Bunda juga bisa mengonsumsi jenis kopi hijau atau green coffee, ya. Ini karena kandungan kafein dalam kopi hijau lebih rendah dari kopi hitam. Nah, salah satu merek kopi hijau yang aman untuk ibu hamil adalah Nescafe Green Coffee atau Green Blend nih, Bun. 

Fakta unik lainnya, kopi hijau sendiri tidak melewati proses pemanggangan (roasting), sehingga lebih banyak mengandung senyawa-senyawa antioksidan, seperti polifenol.

Jadi, nggak hanya mengatasi rasa ngantuk, kopi hijau yang juga mengandung antioksidan ini pun dapat membantu menangkal radikal bebas di tubuh ibu hamil, lho, sehingga kesehatan Bunda meningkat. 

7. Tanamera Coffee Capsule Decaf

Mungkin, sedikit sulit buat sebagian ibu hamil membatasi konsumsi kopi harian. Akan tetapi, Bunda bisa coba jenis kopi decaffeinated atau decaf, lho. Decaf coffee adalah jenis kopi tanpa kafein yang bisa jadi alternatif untuk ibu hamil. 

Melalui beberapa proses pengolahan, biji kopi tetap menghasilkan kandungan dan nilai gizi yang sama seperti kopi lainnya, kok. Hanya saja, 97% kandungan kafeinnya sudah dihilangkan. Dampaknya, rasa kopi jadi lebih ringan dan aromaya pun lebih lembut daripada kopi biasa. 

Nah, salah satu merek kopi yang aman untuk ibu hamil tanpa kafein ini bisa didapat dari Tanamera Coffee Capsule Decaf. Jadi, sembari perlahan mengurangi konsumsi kopi, Bunda bisa coba dulu minum kopi yang tidak mengandung kafein ya.

8. Pabriek Kopi Nata

Bunda juga bisa mendapatkan kopi rendah kafein dari Pabriek Kopi Nata, yaitu UKM asal Yogyakarta yang khusus memproduksi kopi-kopi dengan kadar kafein yang rendah.

Kopi-kopi di sini diolah alami tanpa pelarut kimia sama sekali, Bun, sehingga aman banget untuk ibu hamil. Selain itu, Kopi Nata juga percaya bahwa kopi yang mereka hasilkan sangat aman di lambung dan tidak bikin jantung berdebar. 

Nah kalau Bunda ingin coba, Bunda bisa memesannya langsung melalui toko online, ya.

Itulah beberapa merek kopi yang aman untuk ibu hamil. Bagi Bunda yang rutin minum kopi sejak sebelum hamil, mengurangi jumlah konsumsinya mungkin agak sulit, ya? Apalagi, masa kehamilan ini bikin Bunda lebih mudah mengantuk, sehingga butuh minum kopi agar bisa nyaman beraktivitas. 

Semangat ya, Bun. Bunda pasti bisa kok melakukannya. Usahakan untuk mengonsumsi kopi maksimal 2 gelas per hari dan perlahan-lahan coba kurangi hingga 1 gelas per hari saja, ya.

Selain itu, Bunda juga perlu banyak mengonsumsi air putih, memperoleh tidur yang cukup setiap hari, serta rutin berolahraga ringan, ya. Cara ini bisa membantu mengurangi rasa kantuk dan meningkatkan energi selama masa kehamilan. Jadi, Bunda tidak bergantung sepenuhnya pada kopi.

Nah, apabila Bunda masih memiliki pertanyaan seputar merek kopi yang aman untuk ibu hamil atau cara aman minum kopi selama kehamilan, jangan sungkan untuk tanya-tanya ke dokter ya, Bun.

Sumber:

National Institutes of Health (2023). U.S. National Library of Medicine MedlinePlus. Green Coffee.

Lake, K. Baby Center. Caffeine During Pregnancy.

Thomas, C. Baby Centre UK (2023). Is It Safe to Drink Coffee During Pregnancy?

Kids Health, Nemours (2023). Coffee and Caffeine Use During Pregnancy.

Penn Medicine (2021). Moderate Amounts of Caffeine Not Linked to Maternal Health Risks.

Bjarnadottir, A. Healthline (2023). Decaf Coffee: Good or Bad?

Milbrand, L. Parents (2023). Is It Safe to Drink Coffee While Pregnant?

Perry, C. The Bump (2023). Caffeine During Pregnancy: The Real Deal.

WebMD. Green Coffee – Uses, Side Effects, and More.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *