Tes Kehamilan dengan Jari, Apakah Bisa?

Tes kehamilan dengan jari dianggap dapat membantu ibu hamil mengetahui kehadiran calon buah hati karena bentuk leher rahim (serviks) akan berubah jika kehamilan terjadi. Nah, ibu hamil mungkin bisa mengeceknya dengan memasukkan jari ke vagina. Akan tetapi, apa cara ini benar efektif dan aman untuk mendeteksi kehamilan? 

Pasangan yang sedang menantikan momongan pasti sudah tidak sabar kan mendengar kabar kehamilan? Nah, kehamilan sendiri umumnya ditandai dengan beberapa gejala, seperti telat haid, mual dan muntah (morning sickness), payudara jadi lebih sensitif, mudah lelah, hingga sering buang air kecil.

Kalau Bunda mengalami beberapa tanda tersebut, tes kehamilan pun bisa dilakukan. Cara yang paling umum dan praktis untuk mendeteksi kehamilan adalah menggunakan test pack yang membutuhkan sampel urine.

Namun, sebagian wanita juga mungkin ada yang penasaran dengan metode tes kehamilan lain, seperti tes kehamilan dengan jari. Jika Bunda juga terpikir untuk melakukannya, alangkah baiknya disimak dulu yuk informasi berikut ini!

Fakta Tes Kehamilan dengan Jari

Apakah efektif melakukan tes kehamilan dengan jari? Sebelumnya, Bunda perlu ketahui dulu ya bahwa kehamilan bisa menyebabkan beberapa perubahan di tubuh, salah satunya serviks atau leher rahim.

Serviks adalah jalur yang menghubungkan antara vagina dan rahim. Ketika hamil, posisi serviks menjadi lebih tinggi. Selain itu, serviks yang biasanya terasa kencang juga akan menjadi lebih lunak pada saat hamil karena adanya perubahan hormon.

Nah, mungkin tes kehamilan dengan jari bisa saja dilakukan dengan memasukkan jari ke vagina dan mencoba untuk meraba serviks. Namun, setiap perempuan memiliki posisi serviks yang berbeda-beda, sehingga cara ini belum tentu efektif dan akurat untuk mendeteksi kehamilan. 

Tes kehamilan dengan jari juga sulit dilakukan karena perubahan serviks memang tidak mudah dideteksi. Belum lagi, adanya kesulitan untuk mengenali anatomi tubuh dan bingung dengan bentuk atau letak serviks.

Maka dari itu, bisa dibilang kalau tes kehamilan dengan jari tidak begitu efektif dan disarankan ya, Bun. Lantas, bagaimana cara mengetahui adanya kehamilan? Selain itu, cara pemeriksaan yang kurang tepat, misalnya yang dilakukan dengan jari yang kotor, juga bisa berisiko menimbulkan infeksi pada vagina dan serviks.

Cara Tepat Mendeteksi Kehamilan

Salah satu cara yang paling umum dilakukan untuk mengetahui kehamilan adalah menggunakan test pack. Ini karena metode ini dapat mendeteksi hormon kehamilan, yaitu hCG, yang terkandung di urine Bunda. Terlebih, test pack juga lebih mudah digunakan, aman, dan hasilnya 99% akurat.

Jadi, daripada melakukan tes kehamilan dengan jari, Bunda bisa menggunakan test pack seminggu setelah terlambat haid. Pastikan mengikuti beberapa langkah berikut ini, ya:

  • Begitu bangun tidur di pagi hari, segera buang air kecil pada wadah bersih yang sudah tidak lagi dipakai.
  • Buka kemasan test pack, ambil alat tes yang berbentuk setrip, kemudian celupkan ke dalam wadah yang berisi urine.
  • Tunggu sekitar 5–10 menit hingga hasil tes keluar pada strip.
  • Hasil tes yang menunjukkan dua garis berarti positif hamil (+).
  • Jika hasil test pack sudah keluar tapi Bunda masih ragu, Bunda bisa mencoba melakukan tes kehamilan ulang ya pada 1 minggu berikutnya.

Perlu diingat, test pack sendiri ada beberapa jenisnya dan masing-masing produk bisa digunakan dengan cara yang berbeda. Oleh karena itu, selalu baca petunjuk penggunaannya dulu ya Bun, sebelum menggunakan test pack

Nah, apabila hasil tes kehamilan positif, Bunda bisa hubungi dokter ya untuk memastikan kehamilan. Biasanya, dokter akan melakukan pemeriksaan darah dan juga menjadwalkan USG untuk melihat kondisi serta perkembangan janin.

Sumber: 

Victoria State Government Australia (2022). Better Health Channel Australia. Pregnancy Testing.

Cleveland Clinic. Am I Pregnant?

Mayo Clinic (2024). Symptoms of Pregnancy: What Happens First.

Becky, Y. Healthline (2023). How Does the Cervix Change in Early Pregnancy?

Gurevich, R. Parents (2024). How to Check Your Cervix.

Mutchler, C. Verywell Health (2023). Hidden Pregnancy: Signs You’re Pregnant But Don’t Know It.

Stuart, A. WebMD (2023). Pregnancy Tests.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *