Paracetamol untuk Ibu Hamil Trimester 1, Amankah?

paracetamol untuk ibu hamil trimester 1

Paracetamol untuk ibu hamil trimester 1 sering menjadi pilihan awal dalam meredakan keluhan nyeri dan demam. Soalnya, paracetamol dianggap ampuh untuk mengatasi keluhan tersebut dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil, termasuk saat trimester 1. Namun, apakah paracetamol benar-benar aman untuk ibu hamil?

Saat trimester 1, ibu hamil umumnya mudah mengalami berbagai keluhan, misalnya mual muntah, kembung, sakit pinggang, hingga sakit kepala. Meski bisa hilang dengan sendirinya, berbagai keluhan tersebut sering kali membuat ibu hamil merasa tidak nyaman, bahkan sampai sulit tidur.

Nah, untuk meredakan nyeri, kebanyakan ibu hamil memilih untuk mengonsumsi paracetamol. Obat ini umumnya memang aman dan ampuh untuk mengatasi nyeri dan demam pada ibu hamil. Meski demikian, sebagian ibu hamil mungkin masih meragukan keamanan paracetamol untuk ibu hamil trimester 1, Bun.

Keraguan tersebut muncul karena konsumsi obat-obatan, termasuk paracetamol, dikhawatirkan bisa menimbulkan efek samping bagi kandungan dan janin. Hal ini menjadi perhatian lebih karena sebagian besar pembentukan organ tubuh janin dimulai saat trimester 1. 

Ketahui Keamanan Paracetamol untuk Ibu Hamil Trimester 1

Keamanan paracetamol untuk ibu hamil trimester 1 memang sering kali dipertanyakan, sebab ada beberapa obat-obatan yang tidak aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama saat kehamilan masih berusia trimester 1. 

Namun, beberapa penelitian menunjukkan bahwa paracetamol relatif aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil selama masa kehamilan, termasuk di trimester 1. Selama digunakan sesuai dosis yang dianjurkan dan hanya untuk jangka pendek, paracetamol terbukti tidak mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin, serta kesehatan ibu hamil.

Bila masih kurang yakin untuk menggunakan paracetamol, Bunda bisa berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter untuk memastikan keamanannya, ya.

Umumnya paracetamol aman dikonsumsi dan cocok untuk kebanyakan ibu hamil. Meski begitu, Bunda sebaiknya jangan mengonsumsi paracetamol dalam dosis yang berlebih atau dalam jangka panjang, ya. 

Soalnya, penggunaan paracetamol yang melebihi dosis dan dalam waktu yang lama bisa menyebabkan kerusakan hati dan ginjal, serta berisiko mengganggu kesehatan janin.  

Tips Mengonsumsi Paracetamol untuk Ibu Hamil agar Aman

Nah, sebelum mengonsumsi paracetamol, Bunda bisa melakukan beberapa hal berikut ini agar aman:

  • Gunakan paracetamol sesuai dengan dosis yang dianjurkan. Umumnya, ibu hamil bisa mengonsumsi paracetamol 500 mg setiap 4–6 jam sekali, dengan dosis maksimal 3.000 mg (6 tablet) per hari.
  • Jangan mengonsumsi paracetamol dalam jangka panjang atau melebihi dosis yang dianjurkan.
  • Pastikan paracetamol tidak mengandung kafein sebab konsumsi kafein selama hamil perlu dibatasi.
  • Hindari konsumsi paracetamol yang juga mengandung campuran bahan lain, seperti obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) atau obat flu.

Apabila keluhan nyeri atau demam yang muncul masih tergolong ringan, Bunda dianjurkan untuk melakukan beberapa cara sederhana terlebih dahulu sebelum mengonsumsi paracetamol. Contohnya adalah beristirahat yang cukup, mandi air hangat, dan melakukan kompres hangat.

Nah, jika keluhan nyeri atau demam belum juga membaik dengan melakukan cara-cara tersebut, Bunda boleh mengonsumsi paracetamol. Namun, agar lebih aman, konsultasikan terlebih dahulu kepada dokter melalui chat online sebelum mengonsumsinya, ya.

Sumber:

Barbanti, P., et al. (2024). The Role of the Combination Paracetamol/Caffeine in Treatment of Acute Migraine Pain: A Narrative Review. Pain and Therapy, 13(3), pp. 319–346.

National Health Services U.K. (2022). Medicines A to Z. Pregnancy, Breastfeeding and Fertility while Taking Paracetamol for Adults.

Health Harvard Publishing (2021). Women’s Health. Is a Common Pain Reliever Safe During Pregnancy?

Miles, K. Baby Center (2023). Can You Take Tylenol while Pregnant?

Madormo, C. Verywell Health (2023). List of Medications You Can and Can’t Take While Pregnant.

Saling, J. WebMD (2023). Early Pregnancy Symptoms.

Johnsdon, T. WebMD (2022). Taking Medicine During Pregnancy.

Todd, N. WebMD (2022). What Pain Relievers Are Safe During Pregnancy?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *