Bentuk Pusar Saat Hamil 1 Minggu, Apakah Sudah Menonjol?

Katanya, kehamilan ditandai dengan bentuk pusar yang berubah. Namun, apakah bentuk pusar saat hamil 1 minggu sudah mulai terlihat? Yuk, simak jawaban lengkapnya, Bun!

Kehamilan membuat ibu mengalami beberapa perubahan pada tubuhnya. Salah satu perubahan yang paling jelas terlihat ialah dari bentuk perut dan juga pusar. Terkadang, pusar bisa jadi menonjol keluar, lho! Unik sekali, bukan? Nah, perubahan bentuk pusar saat hamil 1 minggu dan seterusnya bisa Bunda simak di artikel ini.  

Bentuk Pusar Saat Hamil 1 Minggu

Kehamilan yang baru berusia 1 minggu umumnya belum menunjukkan perubahan pada tubuh wanita. Namun, sebagian wanita mungkin akan merasakan beberapa gejala ketika hamil muda, seperti kembung, nyeri pada payudara, mual, kelelahan, keluar flek dari vagina (perdarahan implantasi), atau sering buang air kecil.

Selain itu, janin juga belum terbentuk pada usia kehamilan 1 minggu, sehingga ukuran perut ibu hamil belum membesar dan masih rata. Begitu juga dengan bentuk pusar saat hamil 1 minggu yang belum ada perubahan apa pun. Terkadang, ibu bahkan tidak sadar dirinya sedang mengandung.

Nah, pada usia kehamilan 1 minggu, sel telur baru saja dilepaskan dari ovarium ke tuba falopi. Proses pembuahan pun biasanya membutuhkan waktu beberapa hari sehingga mungkin saja sperma baru membuahi sel telur pada minggu ke-2. 

Makanya, minggu ke-1 dan ke-2 belum bisa disebut hamil karena janin masih dalam proses pembentukan. Nah, ketika Bunda mengetahui adanya kehamilan melalui test pack, biasanya kandungan sudah berusia 4 atau 5 minggu. 

Hal ini pun menjawab pertanyaan Bunda mengenai bentuk pusar saat hamil 1 minggu, yaitu masih belum ada perubahan. 

Kapan Bentuk Pusar Ibu Hamil Berubah?

Bentuk pusar sendiri umumnya akan berubah ketika kehamilan memasuki trimester 2. Soalnya, pada trimester tersebut, janin dan rahim makin besar hingga menekan dinding perut. Inilah yang bisa membuat bentuk pusar ibu hamil pun jadi menonjol keluar. 

Namun, bentuk pusar tiap ibu hamil bisa saja berbeda-beda dan nggak selalu menonjol keluar, lho. Ini karena bentuk perut setiap wanita tidak sama. Hal ini memang normal terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan, ya.

Bentuk pusar yang berubah saat hamil juga tidak akan menimbulkan rasa sakit kok. Meski demikian, terkadang pusar yang menonjol bisa terasa lebih sensitif sehingga membuat ibu hamil mudah geli, apalagi jika bergesekan dengan pakaian.

Untuk mengatasi rasa tidak nyaman tersebut, Bunda bisa memakai baju hamil yang lebih longgar, ya. Bentuk pusar yang berubah selama kehamilan juga bisa kembali ke semula kok setelah Si Kecil lahir.

Nah, kini Bunda sudah tahu kan bentuk pusar saat hamil 1 minggu seperti apa? Oleh karena itu, Bunda tidak perlu bingung ya apabila bentuk perut atau pusar belum terlihat seperti orang hamil pada umumnya.

Meski biasanya perubahan bentuk pusar tidak menimbulkan rasa sakit, Bunda tetap perlu memperhatikan setiap perkembangan yang terjadi pada tubuh, ya. Apabila Bunda khawatir atau merasa mengalami perubahan yang terasa tidak normal, sebaiknya langsung chat dokter untuk memastikan kondisi. 

Sumber:

Victoria State Government Australia. Better Health Channel Australia. Pregnancy – Week by Week.

National Health Service UK (2021). You and Your Pregnancy at 1 to 3 Weeks.

Cleveland Clinic (2024). Why Your Belly Button Changes When You’re Pregnant.

Watson, S. Baby Center (2024). How Your Belly Button Changes During Pregnancy.

The Bump (2024). Baby and You at 1 Week Pregnant.

Bradley, S. The Bump (2023). How Your Belly Button Changes During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *