Hamil 33 Minggu Berapa Minggu Lagi Melahirkan? Ini Jawabannya

hamil 33 minggu berapa minggu lagi melahirkan, diary bunda

Hamil 33 minggu berapa minggu lagi melahirkan? Pertanyaan ini mungkin terlintas di benak ibu yang sedang harap-harap cemas menantikan persalinan. Soalnya, pada minggu tersebut, kehamilan sudah mencapai 8 bulan, yang berarti hari persalinan sudah makin dekat. Jadi, berapa minggu lagi persalinan tiba? Yuk, ketahui jawabannya di artikel ini.

Jawaban Hamil 33 Minggu Berapa Minggu Lagi Melahirkan

Proses persalinan normalnya terjadi ketika kehamilan sudah cukup bulan, Bun, yaitu di antara minggu ke 37–42 kehamilan. Namun, kebanyakan ibu hamil mengalami proses persalinan pada minggu ke-40 kehamilan.

Jadi, hamil 33 minggu berapa minggu lagi melahirkan? Jawabannya adalah sekitar 4–9 minggu lagi, Bun. Tak terasa, sebentar lagi ya Si Kecil lahir? Meski demikian, perhitungan tersebut bisa saja sedikit meleset dari hari perkiraan lahir atau justru lebih cepat.

Selisih hari perkiraan lahir (HPL) ini bisa terjadi karena salah penghitungan hari pertama haid terakhir (HPHT), Bun. Misalnya, Bunda bisa saja belum hamil saat HPHT, tetapi tetap dihitung sudah hamil karena perhitungannya memang dimulai dari HPHT. 

Lagi pula, untuk menentukan usia kandungan, biasanya juga diperlukan pemeriksaan lain dari dokter, termasuk USG kehamilan untuk memantau ukuran dan berat badan janin.

Oleh karena itu, HPL sebenarnya hanya bisa dijadikan sebagai estimasi waktu, Bun, bukan patokan yang mutlak. Namun, dengan memperhatikan estimasi waktu tersebut, Bunda jadi lebih bisa mempersiapkan diri untuk kelahiran Si Kecil. 

Selain dengan menghitung usia kandungan, Bunda juga bisa lebih memperhatikan tanda-tanda mau melahirkan, nih. Umumnya, tanda-tanda ini akan muncul menjelang persalinan, Bun. Adapun berbagai tanda-tanda melahirkannya adalah sebagai berikut:

  • Kontraksi yang makin kuat dan teratur
  • Keluar lendir atau darah dari vagina
  • Air ketuban pecah
  • Pembukaan leher rahim (serviks)

Apabila tanda-tanda melahirkan di atas muncul, Bunda harus segera ke dokter, ya, terlebih jika munculnya saat usia kehamilan belum cukup bulan. Dengan pemeriksaan ke dokter, penanganan untuk kondisi tersebut pun bisa segera dilakukan.

Hal yang Perlu Dipersiapkan Saat Hamil 33 Minggu

Selagi menunggu sisa waktu sampai persalinan, Bunda bisa mulai mempersiapkan hal-hal yang akan dibutuhkan untuk persalinan, lho. Nah, inilah beberapa hal yang perlu dipersiapkan saat hamil 33 minggu:

1. Pilihlah rumah sakit atau dokter yang tepat

Setiap ibu pasti menginginkan persalinan yang lancar dan nyaman tanpa hambatan. Nah, agar persalinan bisa berjalan lancar, memilih rumah sakit dan dokter adalah satu hal yang perlu dipersiapkan, Bun. Pilihlah dokter yang diyakini mampu dalam mencegah adanya hambatan saat persalinan, ya.

Selain itu, Bunda juga juga perlu memilih rumah sakit yang memiliki peralatan lengkap untuk persalinan, terutama jika persalinan dilakukan secara caesar. Bunda juga disarankan untuk memilih rumah sakit yang lokasinya tidak terlalu jauh dan memungkinkan Bunda untuk inisiasi menyusui dini (IMD). 

Kalau perlu, lakukanlah survei dengan mengunjungi rumah sakit untuk memastikan semuanya.

2. Siapkan tas yang berisi kebutuhan persalinan

Ketika usia kehamilan sudah memasuki 8 bulan atau 33 minggu, Bunda disarankan untuk mulai menyiapkan tas yang akan dibawa ketika hari persalinan nanti. Hal ini dilakukan agar Bunda tidak perlu lagi memikirkan harus bawa apa saja nantinya.

Nah, di dalam tas tersebut, Bunda perlu memasukkan beberapa barang berikut ini:

  • Pakaian yang nyaman untuk Bunda dan Si Kecil
  • Breast pads untuk menyerap ASI yang sudah mulai menetes
  • Keperluan mandi, seperti handuk, sabun, sampo, dan sikat gigi, serta pembalut pascamelahirkan
  • Perlengkapan menyusui, seperti pompa ASI
  • Keperluan bayi, seperti baju, popok, kain bedong, dan tisu basah
  • Barang-barang kesukaan bunda, misalnya buku, headset, atau alat merajut, agar tidak bosan
  • Kartu asuransi bila punya

3. Ikuti pelatihan seputar menyusui

Apabila Bunda baru pertama kali hamil dan melahirkan, pelatihan menyusui dan ilmu laktasi sangat berguna untuk ke depannya, lho. Dengan mengikuti pelatihan menyusui, Bunda akan dijelaskan mengenai metode menyusui, mulai dari manfaat sampai caranya.

Umumnya, pelatihan ini bisa Bunda ikuti di rumah sakit ibu dan anak, klinik laktasi, atau yayasan yang menangani kegiatan tersebut, seperti Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI).

4. Minta saran dari orang yang berpengalaman

Agar tidak bingung, Bunda bisa lho bertanya seputar persalinan kepada orang tua atau Bunda lain yang sudah pernah melahirkan sebelumnya. Ini bisa sangat membantu Bunda dalam menghadapi persalinan. Bunda juga bisa meminta dukungan dari mereka sehingga Bunda tidak akan merasa berjuang sendiri.

Saat ini, sudah banyak komunitas atau forum yang disediakan khusus untuk ibu hamil bertanya, lho. Jadi, Bunda juga bisa menggunakannya dengan sebaik mungkin untuk mendapatkan beragam informasi. 

Meski begitu, Bunda juga perlu berhati-hati dan memilih informasi yang banyak beredar ketika hamil, ya. Soalnya, ada kemungkinan informasi tersebut hanyalah sebuah mitos. Apabila ragu, Bunda bisa berkonsultasi dengan dokter melalui chat online untuk memastikan kebenaran dari informasi tersebut.

Sumber:

National Institutes of Health (2023). Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development. What Are the Symptoms of Preterm Labor?

Pregnancy Birth & Baby Australia (2020). Common Myths About Pregnancy.

American College of Obstetricians and Gynecologists (2023). FAQs. How to Tell When Labor Begins.

Cleveland Clinic (2024). Diagnostics & Testing. Due Date Calculator.

Cleveland Clinic (2022). Articles. Labor & Delivery.

Bradford, E. Baby Center (2021). How to Prepare for a Baby: Things to do Before Giving Birth.

Crider, C. Healthline (2021). What to Expect at 8 Months Pregnant.

Appea, P. Parents (2023). Week 33 of Your Pregnancy.

Johnson, T. WebMD (2023). How to Prepare for Labor.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *