Pembukaan 4 ke 10 Berapa Lama, Ya?

Pertanyaan tentang pembukaan 4 ke 10 berapa lama kerap ditanyakan oleh ibu hamil. Pasalnya, pembukaan 4 dianggap sebagai awal persalinan, sedangkan pembukaan 10 menandakan bahwa bahwa bayi sudah siap untuk dilahirkan. Lantas, berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk melahirkan? Cari tahu di sini yuk, Bun! 

Saat mau melahirkan, ibu hamil akan mengalami kontraksi yang diikuti dengan melebarnya serviks untuk membuka jalan lahir. Nah, hal ini umumnya dikenal dengan istilah pembukaan lahiran, Bun.

Biasanya, Bunda disarankan untuk ke rumah sakit ketika pembukaan sudah memasuki bukaan 4 cm. Hal ini karena serviks sudah mulai melebar dan kontraksi yang dialami ibu hamil juga makin teratur, kuat, serta sering. 

Seiring berjalannya waktu, ibu hamil akan mencapai pembukaan 10 cm sehingga bayi siap untuk keluar melalui jalan lahir. Nah, sekarang yang menjadi pertanyaan, kira-kira berapa lama waktu dari pembukaan 4 ke 10, ya? 

Fase Pembukaan Lahiran

Sebelum diminta mengejan pada proses melahirkan normal atau pervaginam, ibu hamil akan melalui pembukaan lahiran lebih dulu. Pembukaan jalan lahir bayi dihitung dengan angka 1 sampai 10, Bun. Nah, pembukaan ini terbagi menjadi 3 fase, yaitu fase laten atau fase awal, fase aktif, dan fase transisi.

Berikut adalah 3 fase pembukaan lahiran yang akan dilalui oleh ibu hamil: 

Fase awal atau fase laten 

Fase awal atau fase laten akan dimulai dari pembukaan 1–4, Bun. Pada fase ini, leher rahim atau serviks akan mulai melebar dan menipis hingga sekitar 4–6 cm, lho. Selain itu, ibu hamil juga akan merasakan kontraksi yang makin teratur dan kuat, serta tanda-tanda mau melahirkan lainnya, seperti keluarnya lendir dari vagina atau air ketuban merembes

Nah, pada ibu yang baru pertama kali melahirkan, fase ini bisa berlangsung selama 8–12 jam, bahkan lebih. Sementara pada ibu hamil yang sudah pernah melahirkan, fase laten akan berlangsung lebih cepat, yaitu sekitar 2–5 jam. 

Fase aktif

Setelah fase awal atau laten berakhir, ibu hamil akan berada di fase aktif. Nah, fase ini ditandai dengan kontraksi yang makin sering dengan intensitas yang lebih kuat, Bun. Leher rahim atau serviks juga makin melebar dari ukuran 4–6 cm hingga menjadi sekitar 8 cm. 

Jika ini adalah kehamilan pertama, fase aktif akan berlangsung sekitar 5–7 jam. Untuk ibu hamil yang sudah melahirkan anak ke-2 atau lebih, fase aktif terjadi makin cepat, yaitu sekitar 2–4 jam. 

Fase transisi 

Bunda, sampailah kita di fase terakhir, yaitu fase transisi. Umumnya, fase transisi ini akan berlangsung secara singkat, yaitu selama 15 menit hingga 2 jam, Bun. 

Pada fase ini, serviks sudah terbuka hingga 8–10cm atau terbuka sepenuhnya dan jalan lahir bayi sudah siap. Selain itu, Ibu hamil juga akan mengalami kontraksi yang makin kuat dan lama, yang terjadi setiap 2–3 menit, lho. Keinginan untuk mengejan juga sudah mulai terasa, Bun. 

Setelah pembukaan 4, leher rahim atau serviks biasanya akan melebar dengan cepat, yaitu sekitar 1 cm setiap 1 jam. Makanya, Bunda disarankan untuk sudah berada di rumah sakit. 

Jadi, Proses Pembukaan 4 ke 10 Berapa Lama?

Bunda, sebenarnya tidak ada patokan berapa lama waktu yang dibutuhkan dari pembukaan 4 ke 10, karena proses dan lama persalinan bisa berbeda-beda pada setiap ibu hamil. 

Umumnya, pada ibu yang baru pertama melahirkan, pembukaan 4 ke 10 akan memakan waktu sekitar 6–18 jam. Namun, jika ibu sudah pernah melahirkan sebelumnya, pembukaan 4 ke 10 akan berlangsung cepat sekitar 5–12 jam. 

Nah, dapat disimpulkan bahwa fase pembukaan lahiran yang harus dilalui ibu hamil yang baru pertama kali melahirkan akan lebih lama, bahkan bisa sampai berhari-hari, lho. Sementara untuk ibu yang sudah pernah melahirkan, waktu pembukaan lahiran cenderung lebih cepat dan singkat. 

Nah, sudah tahu kan pembukaan 4 ke 10 berapa lama? Jadi, sekarang Bunda sudah tidak perlu khawatir dan bertanya-tanya lagi ya tentang proses pembukaan lahiran. Untuk memastikan waktu kelahiran dan kesehatan Si Kecil, Bunda bisa bertanya ke dokter melalui chat online

Sumber: 

National Health Service UK (2023). Pregnancy. The Stages of Labour and Birth. 

Victoria State Government Australia (2024). Better Health Channel Australia. Pregnancy. Pregnancy – Labour. 

Pregnancy Birth & Baby Australia (2024). Giving Birth – First Stage of Labour. 

Mayo Clinic (2024). Healthy Lifestyle. Labor and Delivery, Postpartum Care. 

American Pregnancy Association (2024). First Stage of Labor.

Baby Center (2024). Cervical Dilation and Effacement. 

Healthline (2023). 3 Stages of Parturition (Childbirth). 

Healthline (2023). Cervix Dilation Chart: The Stages of Labor. 

The BUMP (2024). What Is Cervical Effacement?

WebMD (2022). Stages of Labor.

What to Expect (2022). Cervical Dilation and Effacement. 

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *