Perubahan Bentuk Payudara Saat Hamil yang Normal Terjadi

Bentuk payudara saat hamil mengalami perubahan karena adanya peningkatan kadar hormon di dalam tubuh. Hal ini sendiri sangat normal terjadi, tetapi beberapa kondisi perubahan payudara saat hamil bisa saja menimbulkan rasa tidak nyaman bagi Bunda.

Selama masa kehamilan, payudara akan berubah seiring dengan perkembangan janin. Hal ini juga terjadi karena beberapa faktor, seperti berat badan ibu hamil yang bertambah, perubahan hormon, hingga persiapan payudara untuk menyusui bayi. Nah, seperti apa ya bentuk payudara saat hamil?

Bentuk Payudara Saat Hamil

Kehamilan dapat menyebabkan berbagai perubahan di tubuh ibu, termasuk payudara. Pasalnya, hal ini terjadi karena kadar progesteron dan estrogen di dalam tubuh meningkat. 

Nah, kedua hormon tersebut berperan penting dalam mempersiapkan payudara untuk menyusui dan memproduksi ASI, sehingga bentuk payudara saat hamil akan cenderung berubah. Beberapa perubahan payudara tersebut meliputi: 

1. Ukuran payudara bertambah besar

Salah satu perubahan bentuk payudara saat hamil yang paling mudah dilihat ialah ukuran payudara jadi membesar dan terasa lebih penuh. Ini terjadi karena peningkatan hormon menyebabkan aliran darah ke payudara meningkat, sehingga membuat ukuran payudara membesar dan pembuluh darah di sekitarnya jadi lebih menonjol.

Nah, payudara yang membesar ini biasanya dimulai sejak awal kehamilan, tepatnya sekitar minggu ke-8. Perubahan ini bisa menetap hingga akhir masa kehamilan. Jadi, jangan bingung ya Bun jika ukuran bra meningkat 1–2 cup.

2. Puting lebih besar dan sensitif

Selain payudara membesar, sebagian ibu hamil juga mengalami pembesaran puting. Bahkan, puting juga jadi lebih sensitif, nyeri, dan mudah geli karena peningkatan kadar hormon progesteron. 

Mungkin, Bunda juga mendapati puting payudara jadi lebih menonjol daripada sebelum kehamilan. Kondisi ini biasanya sudah mulai terjadi sejak minggu ke-4, bahkan sebelum ibu hamil menyadari dirinya tengah mengandung.

3. Warna areola jadi lebih gelap

Seiring dengan berjalannya kehamilan, warna kulit yang mengelilingi puting (areola) akan menggelap. Hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan yang turut memengaruhi pigmentasi kulit.

Jadi, peningkatan hormon tidak hanya menyebabkan perubahan bentuk payudara saat hamil, tapi juga warna areola. Tak hanya itu, Bunda mungkin juga mendapati adanya bintik-bintik kecil di sekitar areola yang dikenal sebagai kelenjar Montgomery.

Munculnya bintik kecil ini berguna untuk menghasilkan minyak alami yang memiliki beberapa manfaat, seperti membantu pelekatan saat Si Kecil menyusui, melembapkan puting dan areola, melindungi puting dari iritasi dan infeksi, hingga mencegah pertumbuhan kuman di puting agar ASI bebas dari kontaminasi. 

4. Payudara terasa gatal dan kering

Bentuk payudara saat hamil akan membesar dan menyebabkan kulit payudara meregang atau mengendur. Hal ini pun bisa saja membuat kulit di sekitar payudara jadi gatal dan kering. 

Tidak jarang, stretch mark juga bisa muncul di payudara karena kulit yang meregang. Nah, untuk mengatasi kondisi ini, Bunda bisa menggunakan pelembap setelah mandi atau sebelum tidur agar kulit yang kering, gatal, dan pecah-pecah dapat terhidrasi.

5. Keluarnya cairan dari puting

Sebagian ibu hamil akan mulai mengeluarkan cairan dari puting atau kolostrum pada trimester 2, meski banyak juga yang baru mengalami hal ini di trimester 3. Nah, kolostrum adalah cairan yang keluar pertama kali dari payudara sebelum ASI, berwarna kuning keemasan dan kental.

Jika merasa tidak nyaman, Bunda dapat mengenakan bantalan payudara (breast pad) untuk menampung kolostrum yang keluar. 

Karena beberapa perubahan bentuk payudara saat hamil bisa menimbulkan rasa tidak nyaman, Bunda perlu memilih bra yang tepat. Agar tidak bingung, Bunda bisa mengikuti panduan memilih bra berikut ini:

  • Pilih bra yang sesuai dengan ukuran payudara.
  • Pastikan ukuran bra tidak terlalu ketat atau longgar.
  • Pilih bra yang tidak berkawat dan memiliki tali bahu yang lebar
  • Utamakan bra yang terbuat dari bahan katun atau serat alami

Demikian beberapa kondisi bentuk payudara saat hamil yang normal dan umum terjadi. Jika Bunda tidak mengalami perubahan payudara, tidak perlu khawatir atau sedih ya karena setiap ibu hamil memiliki bentuk payudara yang berbeda-beda.

Namun, apabila perubahan bentuk payudara saat hamil menimbulkan keluhan yang mengganggu aktivitas, jangan sungkan untuk bertanya langsung kepada dokter melalui chat online.

Sumber:

American Pregnancy Association. Breast Changes During Pregnancy.

Health Service Executive Ireland (2022). Breast Changes During Pregnancy.

Miles, K. Baby Center (2024). Montgomery Glands: What The Bumps Around Your Areolas Are For.

Levine, H. Health (2024). What Changes Can Happen to Your Breasts During Pregnancy?

Whelan, C. Healthline (2024). Breast Changes in Pregnancy: What to Expect.

Dineen, C. W. Parents (2024). 9 Ways Your Breasts Can Change During Pregnancy.

Miller, K. The Bump (2023). 8 Ways Breasts Change During Pregnancy.

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *