5 Rekomendasi Kursi Makan Bayi serta Harganya

Kursi makan bayi merupakan salah satu perlengkapan penting yang mendukung perkembangan bayi saat mulai belajar makan. Selain memberikan kenyamanan, kursi makan bayi membantu bayi duduk dengan aman dan memudahkan orang tua dalam memberikan makanan. Nah, karena model dan mereknya yang beragam, Bunda jangan sampai salah pilih, ya.

Kursi makan bayi punya banyak manfaat, lho. Memberikan kursi makan bayi sejak awal periode MPASI dapat membuat Si Kecil belajar cara makan sendiri. Selain itu, mendudukkan Si Kecil di kursi makan bayi saat sesi makan keluarga juga bisa membuat ia memahami tentang kebiasaan makan yang baik dan meningkatkan kemampuannya berinteraksi dengan orang lain.

Daftar Kursi Makan Bayi Serta Harganya

Nah, saat memilih kursi makan untuk bayi, Bunda perlu mempertimbangkan beberapa hal, seperti fitur keamanan dan kenyamanan, dudukan yang bisa direbahkan, bisa dilipat, mudah dibersihkan, serta kokoh. 

Kursi makan untuk bayi juga harus bebas dari BPA atau bisphenol, yaitu bahan kimia yang biasanya digunakan dalam pembuatan plastik atau kemasan agar lebih kuat dan kokoh.

Karena ada banyak sekali merek kursi makan bayi, Bunda mungkin jadi kebingungan dalam menentukan pilihan. Maka dari itu, cek rekomendasi Diary Bunda berikut ini:

1. IKEA – ANTILOP High Chair

Kursi makan bayi yang pertama bisa Bunda dapatkan di IKEA. Meski desainnya sangat minimalis dan simpel, kursi ini memiliki ukuran 56x62x90 cm yang kokoh, tinggi, dan bisa dilipat. Jadi, kursi makan ini bisa Bunda bawa ke mana saja. 

Tak hanya itu, kursi ANTILOP dari IKEA juga memiliki material tahan air sehingga sangat mudah dibersihkan. Uniknya lagi, ANTILOP sudah dilengkapi dengan seatbelt sehingga Si Kecil bisa makan dengan aman.

Nah, untuk memperoleh kursi makan bayi dari IKEA ini, Bunda hanya perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp249.000 saja, lho.

2. Baby Does – Mezza Chic 3 in 1 High Chair

Berukuran 15x41x44 cm, kursi makan bayi dari Baby Does Mezza Chic 3 in 1 High Chair dapat digunakan pada anak berusia 6–36 bulan, dengan maksimum berat 25 kg.

Disebut 3 in 1 High Chair karena kursi ini dapat dijadikan sebagai kursi makan tinggi, kursi makan mini, dan booster seat. Kursi booster seat sendiri berarti mudah dibawa ke mana pun karena ukurannya kecil dan bisa dilipat.

Untuk fitur lainnya, Baby Does Mezza Chic 3 in 1 High Chair sudah dilengkapi dengan armrest untuk menopang tangan bayi, foodrest untuk tempat injakan kaki bayi, hingga tray yang bisa Bunda atur posisinya.

Baby Does Mezza Chic 3 in 1 High Chair dijual dengan harga Rp320.000–Rp399.000. Gimana, tertarik nggak, Bun?

3. Sugarbaby – My Chair Baby Booster & High Chair

Sugarbaby Booster & High Chair merupakan kursi makan bayi yang sudah bebas BPA dan memiliki 6 fungsi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan Si Kecil. Selain itu, kursi ini juga bisa jadi kursi biasa hingga kursi yang bisa didorong-dorong untuk Si Kecil bermain lho, Bun.

Nah, untuk daya tahannya sendiri kursi ini bisa menopang bobot hingga 30 kg pada posisi high chair. Sementara saat kaki kursi dilepas dan digunakan untuk kursi bermain, Sugarbaby Booster & High Chair bisa menopang bobot hingga 50 kg. Jadi, kursi makan ini bisa digunakan sejak usia 6 bulan sampai 5 tahun.

Bunda juga bisa mengatur posisi meja sesuai kebutuhan, lho. Soalnya, meja dari kursi makan ini bisa diubah hingga 3 macam posisi. Bahkan, meja juga sudah disertai tambahan nampan yang bisa dilepas dan dicuci.

Melihat fungsi dan kualitas yang ditawarkan, tidak heran ya jika Sugarbaby Booster & High Chair dijual seharga Rp350.000–Rp 405.000.

4. BC – Babycare Kursi Makan Bayi Portable

Jika memiliki bujet lebih, Bunda mungkin bisa pertimbangkan BC Babycare Kursi Makan Bayi Portable. Kursi ini terbuat dari plastic food grade dan juga bebas BPA yang bisa menopang Si Kecil dengan kuat dan aman.

Dibandingkan merek lain, BC Babycare memang memiliki ukuran yang lebih besar, yaitu 59x55x98 cm. Meski demikian BC Babycare terbilang unik dan multifungsi karena  bisa diubah menjadi meja belajar dan bermain. Jadi, kursi makan bayi ini bisa dipakai hingga Si Kecil besar nanti, deh. 

Untuk mendapatkannya, Bunda perlu merogoh kocek lebih dalam nih, yakni sekitar Rp2 juta. 

5. Joie – Multiply 6 in 1 High Chair

Kursi makan bayi yang berkualitas dan nyaman berikutnya ialah Joie Multiply 6 in 1 High Chair. Kursi makan ini dapat digunakan pada bayi yang berusia 6 bulan hingga 6 tahun karena ukurannya sebesar 82x64x107cm.

Selain itu, Joie Multiply 6 in 1 High Chair memiliki beberapa fungsi utama yang bisa digunakan sebagai kursi makan tinggi, booster seat, booster portable, kursi balita, hingga meja bermain. Kursi ini juga dilengkapi roda pada kaki depan sehingga mudah untuk dibawa.

Si Kecil juga akan merasa nyaman karena kursi sudah dilengkapi sandaran punggung dan alas duduk yang empuk dan lembut. Sandarannya juga bisa diatur sehingga Si Kecil bisa bersantai di kursi Joie Multiply 6 in 1 High Chair.

Nah, Joie Multiply 6 in 1 High Chair bisa Bunda dapatkan di e-commerce ya, karena produk ini diimpor dari Eropa. Memang, harganya lebih mahal karena dibanderol seharga Rp1–2 juta. Namun, kursi makan bayi ini memang sangat berkualitas dan bisa dipakai dalam jangka waktu yang lama. 

Nah, itulah beberapa rekomendasi kursi makan bayi yang bisa Bunda pilih sesuai dengan kebutuhan. Saat ingin menggunakannya, pastikan Bunda membaca petunjuk pemakaian dulu, ya.

Selain itu, ada beberapa tips menggunakan kursi makan bayi agar Si Kecil merasa nyaman dan aman, yaitu: 

  • Selalu kaitkan dengan sabuk pengaman atau seatbelt ketika Si Kecil duduk dan sedang makan untuk mencegah Si Kecil tergelincir atau jatuh dari kursi.
  • Pastikan mengunci semua fitur atau mekanisme di kursi makan bayi, terutama di bagian tempat duduk dan kaki bangku supaya Si Kecil tidak terjatuh. 
  • Jangan letakkan kursi makan dekat dengan tembok, meja, atau perabotan rumah lain yang memiliki permukaan keras dan tajam.
  • Jangan tinggalkan bayi di kursi makan tanpa pengawasan.
  • Setelah digunakan, selalu bersihkan kursi makan agar tidak berjamur.

Jika Bunda masih memiliki pertanyaan atau keluhan seputar penggunaan kursi makan bayi, jangan ragu untuk berkonsultasi langsung dengan dokter melalui chat. Dokter siap memberikan panduan serta tips untuk membantu Si Kecil belajar makan maupun duduk dengan nyaman dan aman. 

Sumber:

Shoemaker, S. & Petre, A. Healthline (2024). What Is BPA? Should I Be Concerned About It?

Crider, C. Healthline (2022). 14 of the Best High Chairs.

Booth, J. Parents (2024). The Best High Chairs We Tested to Withstand the Messiest Meals.

Parents (2023). When Your Baby Is Ready to Use a High Chair

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *