Begini Tanda-Tanda Pembukaan Tanpa Kontraksi

Tanda-tanda pembukaan tanpa kontraksi bisa dilihat dari keluhan yang ibu hamil alami, seperti keluarnya lendir dan darah serta nyeri punggung. Kondisi ini menandakan bahwa sebentar lagi kelahiran Si Kecil akan tiba. Dengan mengetahui tanda pembukaan, Bunda perlu bersiap untuk menyambut persalinan dan kedatangan Si Kecil.

Pembukaan persalinan dapat membantu ibu mengetahui posisi bayi serta sejauh mana bayi turun menuju jalur lahir. Soalnya, ketika bayi sudah masuk ke jalur lahir, Bunda harus segera ke fasilitas kesehatan untuk bersiap melahirkan. 

Nah, salah satu tanda pembukaan yang umum dialami ibu hamil adalah kontraksi. Selain itu, ada lagi lho tanda-tanda pembukaan tanpa kontraksi yang harus Bunda perhatikan. Apa saja ya, Bun?

Tanda-Tanda Pembukaan Tanpa Kontraksi

Yey, kehamilan sudah memasuki penghujung trimester akhir! Ini berarti persalinan makin dekat, Bun. Nah, karena tinggal menghitung hari, Bunda harus mempersiapkan semua hal yang berkaitan dengan kelahiran Si Kecil, salah satunya mengetahui tanda pembukaan.

Umumnya, pembukaan persalinan ditandai dengan munculnya kontraksi yang makin lama makin kencang dan teratur. Kontraksi sendiri merupakan cara alami tubuh untuk membantu mendorong bayi keluar dari jalan lahir.

Bagi sebagian ibu hamil, kontraksi terasa seperti kram haid yang hebat. Namun, sebagian ibu hamil lainnya bisa saja tidak mengalami kontraksi hingga mendekati HPL. Kondisi ini memang normal terjadi ya, Bun, karena kehamilan itu unik sehingga keluhan yang dialami setiap ibu hamil bisa berbeda-beda.

Hanya saja, ibu hamil mungkin jadi bingung bagaimana mengetahui pembukaan apabila tidak kunjung berkontraksi. Nah, untungnya ada tanda-tanda pembukaan tanpa kontraksi yang biasanya terjadi pada ibu hamil menjelang hari kelahiran. Tanda-tanda ini bisa Bunda perhatikan ya, yaitu:

1. Nyeri punggung

Salah satu tanda pembukaan tanpa kontraksi yang dialami sebagian ibu hamil ialah nyeri hebat di punggung bawah. Kemungkinan besar kondisi ini terjadi karena posisi kepala bayi sudah berada di bawah tetapi wajah dan tubuhnya menghadap ke perut Bunda, sehingga memberikan tekanan ke tulang ekor Bunda.

Keluhan ini mungkin bisa terjadi hingga hari kelahiran dan membuat ibu hamil tidak nyaman. Untuk mengurangi sakit di punggung dan merangsang bayi bergerak ke posisi yang benar, Bunda bisa melakukan peregangan atau yoga prenatal, hindari duduk terlalu lama, tidak berbaring telentang, dan perbanyak berjalan kaki.

2. Keluar lendir darah (bloody show)

Bunda tiba-tiba mendapati lendir bercampur darah di celana dalam? Jangan panik dulu ya, Bun. Mungkin, keluarnya lendir darah atau bloody show menjadi tanda kalau rahim Bunda sedang mempersiapkan persalinan.

Bloody show sendiri merupakan kondisi yang umum dialami ibu hamil di akhir kehamilan. Hal ini terjadi karena leher rahim mulai menipis dan melebar guna mempermudah bayi bergerak keluar saat proses melahirkan. Pelebaran leher rahim juga menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya pecah. 

Maka dari itu, lendir darah atau bloody show adalah kondisi yang normal dan termasuk sebagai tanda-tanda pembukaan tanpa kontraksi. Namun, pastikan jumlah lendir darah yang keluar tidak lebih dari 1–2 sendok makan dan Bunda tidak memerlukan panty liner atau pembalut.

3. Tekanan di panggul

Bersamaan dengan keluarnya lendir darah dari vagina, sebagian ibu hamil mungkin juga akan merasakan tekanan yang berat atau nyeri di panggul. Tidak hanya itu, tekanan juga bisa terasa di punggung dan vagina, lho.

Hal ini terjadi karena posisi bayi sudah mulai bergerak ke bawah atau jalur lahir pada minggu ke-36. Terlebih, kepala bayi umumnya berada di bawah mendekati vagina, sehingga hal ini memberi sensasi tekanan yang tajam di sekitar perut bawah, panggul, atau selangkangan Bunda.

4. Makin sering pipis

Jika Bunda sering buang air kecil saat kehamilan trimester 1, kondisi ini juga bisa terjadi lagi lho pada akhir masa kehamilan. Ini karena rahim membesar dan menekan kandung kemih Bunda. Makanya, Bunda jadi sering buang air kecil

Tanda-tanda pembukaan tanpa kontraksi ini juga disebabkan oleh bayi yang mulai bergerak ke panggul dan kepalanya mungkin menekan kandung kemih, sehingga Bunda merasa ingin buang air kecil lebih sering. Bahkan, Bunda bisa saja merasa ingin kencing ketika sedang batuk, bersin, tertawa, dan membungkuk, lho.

5. Pecah ketuban

Selama masa kehamilan, janin akan dilindungi oleh kantung ketuban yang berisi cairan atau air ketuban. Nah, nantinya saat persalinan sudah makin dekat, kantung ketuban akan pecah karena kepala bayi mulai bergerak ke bawah, tepatnya ketika kehamilan sudah berusia 37 minggu ke atas. 

Kondisi tersebut ditandai dengan keluarnya cairan yang berwarna bening, pucat, dan bercampur sedikit darah dari vagina. Selain itu, ibu hamil yang mengalami pecah ketuban umumnya akan merasakan basah di area vagina, keluarnya tetesan cairan, atau semburan air secara tiba-tiba dan tidak bisa dikendalikan.

Jika mengalami berbagai tanda-tanda pembukaan tanpa kontraksi di atas atau sudah mulai kontraksi, cobalah untuk tetap tenang dan jangan panik, Bun. Bunda bisa mencoba beberapa tips berikut ini sembari menanti waktu persalinan tiba:

  • Relaksasi dengan melakukan hal-hal yang Bunda suka, seperti menonton film atau mendengar musik.
  • Coba olahraga ringan, misalnya jalan kaki sejenak di sekitar rumah atau stretching.
  • Istirahat cukup untuk menyimpan energi selama persalinan.
  • Berikan kompres hangat pada punggung bawah yang terasa nyeri.
  • Minta tolong pada Ayah untuk memijat punggung atau kaki Bunda.
  • Pertimbangkan untuk menggunakan home diffuser atau minyak aromaterapi guna membantu Bunda lebih relaks.

Kini, Bunda sudah tahu kan apa saja tanda-tanda pembukaan tanpa kontraksi? Oleh karena itu, apabila Bunda mengalami kondisi-kondisi yang sudah disebutkan, sebaiknya konsultasikan ke dokter melalui chat atau langsung kunjungi fasilitas kesehatan, ya. Terlebih, jika Bunda mengalami pecah ketuban atau adanya tanda persalinan sebelum usia kehamilan mencapai 37 minggu.

Sumber:

National Health Service UK (2023). Signs That Labour Has Begun.

Cleveland Clinic (2024). 10 Signs Labor May Be Beginning.

Cleveland Clinic (2021). Bloody Show.

Mayo Clinic (2022). 3rd Trimester Pregnancy: What to Expect.

Mount Sinai. Your Baby in The Birth Canal.

Marsh, L. Baby Centre UK. Signs of Labour: Photos.

Smith-Garcia, D. Healthline (2021). My Water Broke, but I’m Not Having Contractions — What Now?

Mayer, B. A. Parents (2024). How to Deal with Frequent Urination in Pregnancy.

Berkley, C. Verywell Health (2024). Lightening During Pregnancy.

Cameron, K. WebMD (2023). Signs of Labor.

Hamilton, V. WebMD (2022). What Is Back Labor?

Tan, S. WebMD (2022). What is Bloody Show?

By dr. Kevin Adrian Djantin

Project and Collaboration Medical Editor Alodokter

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *