5 Susu Almond untuk Ibu Menyusui agar ASI Lebih Lancar

susu almond untuk ibu menyusui, diary bunda

Ada banyak pilihan susu almond untuk ibu menyusui yang bisa Bunda coba. Susu ini merupakan salah satu minuman yang sangat bergizi dan baik untuk mendukung produksi ASI, lho. Ngomong-ngomong, susu almond yang bagus untuk ibu menyusui yang mana, ya? Yuk, kita simak infonya, Bun!

Sebagaimana namanya, susu almond terbuat dari kacang almond. Kacang ini sebenarnya bisa dikonsumsi secara langsung, tetapi bisa juga diolah menjadi makanan dan minuman nikmat. 

Nah, kacang almond yang telah diolah menjadi susu biasanya sudah dilengkapi dengan lebih banyak nutrisi, Bun, seperti karbohidrat, protein, kalsium, zat besi, vitamin B, dan vitamin E. Tak heran jika susu almond bisa bermanfaat untuk siapa saja, termasuk ibu menyusui.

Rekomendasi Susu Almond untuk Ibu Menyusui

Sebenarnya, susu almond aman untuk dikonsumsi oleh ibu menyusui, kecuali bagi yang memiliki alergi terhadap kacang almond. Namun, Bunda tetap perlu memperhatikan kandungan gulanya, karena ada susu almond yang mengandung tambahan gula cukup banyak sehingga menjadi tinggi kalori. 

Susu almond untuk ibu menyusui juga biasanya dikonsumsi sebagai pengganti susu hewan, seperti susu sapi atau susu kambing, terutama bagi ibu yang memiliki alergi susu atau intoleransi laktosa.

Nah, inilah berbagai rekomendasi merek susu almond untuk ibu menyusui yang rasanya enak dan nutrisnya banyak:

1. MamaBear Almon Mix

MamaBear Almon Mix tidak hanya terbuat dari kacang almond, tetapi juga ekstrak daun kelor dan daun katuk yang bisa menambah dan melancarkan produksi ASI. Inilah mengapa MamaBear Almon Mix baik untuk dikonsumsi ibu menyusui.

Selain bisa melancarkan ASI, MamaBear Almon Mix juga mengandung ekstrak ragi yang bisa menjaga daya tahan tubuh agar tidak mudah sakit. Kandungan gula pada susu almond ini juga rendah, lho.

MamaBear Almon Mix tersedia dalam varian rasa, Bun, mulai dari cokelat hingga taro. Jadi, Bunda bisa memilihnya sesuai selera Bunda, ya. Susu almond untuk ibu menyusui ini bisa dikonsumsi sebanyak 3 kali sehari, dengan mencampurkan 1 saset susu dan 200 ml air hangat. Jika ingin lebih segar, Bunda bisa menambahkan es batu.

2. Momsy Almond Mix

Apabila Bunda sedang mencari susu almond untuk ibu menyusui yang rendah gula, Momsy Almond Mix bisa menjadi pilihan, nih. Soalnya, kandungan gulanya hanya 1 gram dalam setiap sasetnya,  Momsy Almond Mix juga dilengkapi ekstrak daun kelor dan daun katuk, yang dikenal bisa meningkatkan produksi ASI.

Soal nutrisi, Momsy Almond Mix mengandung protein, karbohidrat, serta vitamin dan mineral, seperti asam folat, zat besi, kalsium, dan vitamin E. Dengan berbagai kandungannya, susu almond untuk ibu menyusui ini bisa menambah asupan nutrisi harian Bunda dan Si Kecil.

Rasanya pun cukup beragam, yaitu cokelat, stroberi, dan vanila. Bunda bisa minum Momsy Almond Mix 3 kali sehari, dengan melarutkan 1 saset susu dengan 150 ml air hangat.

3. Almoon

Rasa Almoon juga tak kalah lezat lho, Bun. Selain terbuat dari kacang almond, susu almond untuk ibu menyusui ini juga terbuat dari ekstrak daun kelor, daun katuk, kurma, dan madu. Kandungan tersebut bisa membuat ASI Bunda makin deras, lho.

Hal ini karena kurma bisa mendukung produksi hormon oksitosin untuk melancarkan keluarnya ASI. Sementara itu, kandungan madu bisa membuat susu almond manis alami sekaligus memperkuat daya tahan tubuh agar Bunda tidak mudah sakit.

Untuk konsumsinya, Bunda bisa menuangkan susu almond untuk ibu menyusui ini sebanyak 3 sendok makan ke dalam gelas, lalu diseduh dengan 150 ml air hangat. Agar terasa nikmat, Bunda bisa memilih rasa kesukaan Bunda ya, karena Almoon memiliki 3 varian rasa, yaitu cokelat, vanila, dan stroberi.

4. Lafommy

Susu almond Lafommy terbuat dari bahan-bahan yang bisa meningkatkan ASI dan melancarkan keluarnya ASI, seperti almond, fenugreek, isolat protein kedelai, dan moringa. Selain itu, Lafommy juga mengandung jahe yang bisa menjaga daya tahan tubuh sehingga Bunda tidak mudah sakit.

Cara mengonsumsi susu almond untuk ibu menyusui ini sangat mudah, Bun. Bunda bisa menuangkan Lafommy sebanyak 2 sendok makan ke dalam gelas, lalu seduh dengan air hangat 150 ml.

5. Almom

Kaya nutrisi dan rasanya yang lezat menjadikan Almom sebagai pilihan yang nikmat untuk melengkapi kebutuhan nutrisi selama menyusui sekaligus meningkatkan produksi ASI. Soalnya, varian rasanya cukup banyak, Bun, mulai dari cokelat-stroberi, cokelat-hazel, karamel, taro, cookies and cream, sampai teh hijau.

Susu almond untuk menyusui ini juga mengandung ekstrak daun katuk dan daun kelor. Agar ASI lebih deras, minumlah susu untuk ibu menyusui ini sebanyak 2 kali sehari, ya.

Susu almond untuk ibu menyusui di atas memang bisa menambah asupan nutrisi dan melancarkan ASI, Bun. Namun, perlu diingat bahwa Bunda tetap perlu mengonsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, ya. Dengan begitu, kebutuhan nutrisi harian Bunda tetap terpenuhi.

Apabila Bunda merasa ASI Bunda masih seret atau memiliki kendala dalam menyusui, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter melalui chat online, ya.

Sumber

Cleveland Clinic (2021). Diet, Food & Fitness. What You Need to Know When Choosing Milk and Milk Alternatives.

Mayo Clinic (2024). Diseases & Conditions. Peanut Allergy.

Hallal, F. Healthline (2021). 11 Evidence-Based Health Benefits of Almond Milk — and How to Make Your Own.

Leech, J. Healthline (2023). 9 Evidence-Based Health Benefits of Almonds.

Zelman, K. WebMD (2022). Health Benefits of Almond Milk.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *