Nasihat untuk Ayah di Kehamilan Minggu ke-16

Banyak pemerintah kota dan institusi medis dengan departemen kebidanan dan kandungan menyediakan kelas prenatal atau kelas parenting untuk calon orang tua, anggota keluarga, dan teman-teman. Seringkali, buku pedoman Kesehatan Ibu dan Anak (KIA), atau yang sejenisnya yang diberikan pada pemeriksaan kehamilan pertama akan memberikan pejelasan. Setiap pemerintah kota dan lembaga medis memiliki pedoman yang berbeda untuk kelas prenatal dan parenting tetapi umumnya dijadwalkan dari trimester kedua hingga paruh pertama trimester ketiga.

Tahap stabil kehamilan akan datang, dan dengan ibu lebih siap secara emosi dan fisik untuk melahirkan dan dalam keadaan pikiran yang santai, ibu dapat belajar tentang tubuhnya, bayinya dan mempersiapkan dirinya secara psikologis untuk persalinan.

Kelas-kelas itu tidak hanya penting bagi ayah dan ibu untuk memperoleh pengetahuan dan memahami perubahan dari minggu ke minggu yang terjadi pada ibu dan bayinya, tetapi juga memberikan kesempatan besar untuk bertemu pasangan lain dan menciptakan jaringan ayah dan ibu, dan anggota keluarga di komunitas lokal.

Ketika ibu menghadiri kelas prenatal, ibu akan bertemu dan mengenal ibu lain yang akan melahirkan bayi mereka pada waktu yang bersamaan. Jika mereka melahirkan di rumah sakit yang sama, mereka bahkan bisa berada di ruang bersalin yang sama. Mengikuti kelas parenting untuk ayah dan ibu semakin umum. Setelah kondisi fisik ibu stabil, lihat di internet kelas prenatal apa yang tersedia yang dekat rumah.

Published
Categorized as Minggu 16

By dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *