Nasihat untuk Ayah di Kehamilan Minggu ke-18

Kehamilan sedang berlangsung dan sekarang adalah saat yang tepat untuk berbagi berita indah ini dengan saudara, teman, dan rekan kerja. Banyak pasangan memberi tahu orang-orang terdekat pada pertengahan bulan ke-3 hingga ke-4 kehamilan, karena ini adalah tahap stabil dan kekhawatiran tentang keguguran berkurang.

Sebelum memberitahu orang lain, berdiskusilah dengan pasangan untuk memutuskan tentang “kapan dan bagaimana” dan “kepada siapa.”

Mulai sekarang hingga melahirkan, kadang-kadang Anda akan membutuhkan pemahaman dan kerjasama bos dan rekan kerja. Awalnya mungkin canggung, tetapi saat ini adalah waktu yang tepat untuk memberi tahu mereka secara resmi. Anda pasti tidak ingin bos mendengar gosip-gosip dari orang lain. Jadi, di tempat kerja, laporkan terlebih dahulu ke atasanmu dan HRD, dan kemudian beri tahu rekan kerja di bagian yang sama.

Ketika memberi tahu atasan bahwa bayi akan segera lahir, beri mereka informasi dasar, yakni tentang usia kehamilan saat ini, kondisi saat ini, dan tanggal hari perkiraan lahir. Jika ada hal-hal yang akan memengaruhi pekerjaanmu, jelaskan dan mintalah pengertian mereka.

Ketika ibu dalam situasi yang buruk, Anda mungkin perlu meninggalkan pekerjaan lebih awal atau mengambil cuti, dan pada saat melahirkan pasti akan absen dari pekerjaan. Cara terbaik adalah dengan menjelaskan situasi agar rekan kerja memahami situasimu. Dan akhirnya, tidak ada salahnya untuk mengatakan: “Saya minta maaf telah membuat kalian tidak nyaman, tetapi saya akan berterima kasih jika kalian mengerti.” Temanmu pasti mengerti, Ayah!

Published
Categorized as Minggu 18

By dr. Febriyan Nicolas K., M.Kes., Sp. OG

Dokter Spesialis Kebidanan dan Kandungan

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *