Masa Kehamilan Minggu ke-23 Hari ke-6

Saat ini, ukuran bayimu sebesar mangga besar

Bayi Hari Ini

Pertambahan berat bayi terjadi secara konstan. Sebagian besar pertambahan berat badan di fase ini merupakan hasil pertumbuhan tulang, otot, dan organ dalam, sedangkan lemak tubuh masih sedikit. Si Kecil masih kurus.

Sebaliknya, fase ini juga merupakan masa di mana berat ibu bertambah dengan cepat. Biasanya, berat badan Bunda akan bertambah rata-rata 400g-500g per minggu.

Bertambahnya berat badan itu sehat, pertambahan berat yang mendadak adalah suatu masalah. Hati-hati agar tidak makan terlalu banyak ya, Bunda!

Untuk Bunda Hari Ini

Kali ini mari membicarakan tentang kelahiran prematur. Umumnya, bila telah melewati masa kehamilan awal, keguguran sudah hampir tidak akan terjadi.

Walau begitu, kelahiran bayi di minggu ke-22 sampai dengan minggu ke-36 disebut kelahiran prematur.

Penyebab keguguran kebanyakan karena faktor bayi, sedangkan kelahiran prematur terkadang berasal dari tubuh ibu hamil, seperti misalnya terkena penyakit menular.

Dengan memperhatikan gejala seperti rasa sakit di perut bagian bawah dan pendarahan, banyak kasus prematur yang dapat dicegah. Maka bila menemukan hal yang ganjil, segera konsultasikan ke dokter ya, Bunda.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *