Masa Kehamilan Minggu ke-6 Hari ke-2

Saat ini ukuran bayi Anda kira-kira sebesar biji delima.

Bayi Hari Ini

Meski sudah ada lengan, tapi jari bayi belum ada, sehingga bentuk lengan bayi persis seperti bentuk dayung perahu. Pada bagian mata, saraf optik yang menyampaikan apa yang dipantulkan oleh lensa mata ke otak telah berkembang, dan selama beberapa hari lagi akan terbentuk bagian untuk bola mata.

Meskipun ukuran bayi masih sangat mungil, sistem limfatik yang mengeluarkan bakteri yang masuk ke dalam tubuh juga sedang berkembang. Meski Bunda tidak bisa melihatnya, tetapi bayi sedang berkembang dengan sangat pesat.

Untuk Bunda Hari Ini

Jika sudah masuk periode ini, kita sudah bisa melihat gerakan jantung bayi melalui layar USG! Dengan metode USG transvaginal, disebutkan bahwa detak jantung bayi bisa dipastikan paling cepat 5 minggu, atau paling lambat 6 minggu.

Bagi Bunda yang belum bisa memastikan detak jantung bayinya, jangan merasa sedih dulu, ya. Karena pada periode ini ukuran bayi masih kecil, sehingga ada banyak bayi yang detak jantungnya masih belum bisa terdeteksi.

Tidak masalah juga jika Anda bisa mengonfirmasi detakan jantung normal dengan memeriksa detakan jantung pada usia kehamilan 8 minggu. Semoga Bunda bisa melihat detak jantung kecil yang ditayangkan di monitor USG!

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *